Tidak ada istilah Cathodic Prevention, yang adalah corrosion prevention. Mengapa disebut prevention karena corrosion adalah gejala alam yang tidak dapat kita hindari. Suatu benda ingin ke posisi stabil. Begitu pula dengan baja dan logam lain karena awalnya dari oksida maka dia akan kembali ke oksida lagi. Untuk itu kita harus mengendalikan korosi agar logam tersebut tidak cepat kembali ke alam(terkorosi dan menjadi oksida tadi).

Tanya – nico roberto

Dear all..

Kepada bapak, ibu, dan rekan2 milis tercinta, mohon pencerahannya adakah perbedaan dari cathodic prevention dengan cathodic protection??? kalo ada, letak perbedaannya seperti apa?? Terimakasih.

Tanggapan 1 – Ari Kurniawan

Pak Nico,

Sebenarnya tidak ada istilah Cathodic Prevention. yang adalah corrosion prevention. mengapa disebut prevention karena corrosion adalah gejala alam yang tidak dapat kita hindari. suatu benda ingin ke posisi stabil. begitu pula dengan baja dan logam lain karena awalnya dari oksida maka dia akan kembali ke oksida lagi. Untuk itu kita harus mengendalikan korosi agar logam tersebut tidak cepat kembali ke alam(terkorosi dan menjadi oksida tadi).

Teknik tersebut yang kita biasa dikenal ‘Corrosion Prevention’ dan menurut diagram Pourbaix (Diagram pH vs Potensial) bisa disimpulkan ada 2 teknik pengendalian korosi (korosi tidak bisa dihentikan, cuma bisa dikendalikan dan diperlambat prosesnya) yaitu :

1. Coating (dipisahkan dari lingkungan)

2. Cathodic Protection (dibuat menjadi Imun)

Kalau kita lihat jadi sperti KB pada manusia. untuk mencegah kehamilan bisa digunakan coating (menggunakan kondom) atau dibuat menjadi fertil seperti vasektomi (dikutip dari becandaan training Cathodic Protection Level I)