Saya sedang bingung mau S2 atau langsung kerja. Terus terang, saya sudah dapat (insya allah) tinggal teken kontrak beasiswa dengan pihak universitas untuk bisa melanjutkan S2 yang waktunya dipercepat, seperti program akselerasi menjadi hanya 1,5 tahun. Dan juga pada saat yang bersamaan, saya sedang mengikuti rangkaian kegiatan penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan minyak yang berasal dari Perancis. Saat ini, saya sudah melewati 4 tahap dari 9 tahap yang dijadwalkan. Sebetulnya tidak hanya perusahaan itu, sebelumnya saya sudah menjalani interview 3 perusahaan lain, namun yang ini yang paling memiliki progress.

Tanya – Gunawan Muhamad Alif

Assalamualaikum,

Dear rekan-rekan senior di milist Migas Indonesia..

Perkenalkan, saya adalah Gunawan M Alif, mahasiswa semester 8 jurusan teknik mesin universitas indonesia. Saat ini saya sedang menyusun skripsi yang insya allah bulan agustus nanti saya bisa wisuda (amiin..). Saya sudah mengikuti milist ini kira-kira sudah dua bulan yang lalu..

Ada beberapa kondisi dan pertanyaan yang benar-benar membuat saya bingung saat ini. Seperti yang tertulis pada subject email ini, saya sedang bingung mau S2 atau langsung kerja. Terus terang, saya sudah dapat (insya allah) tinggal teken kontrak beasiswa dengan pihak universitas untuk bisa melanjutkan S2 yang waktunya dipercepat, seperti program akselerasi menjadi hanya 1,5 tahun. Dan juga pada saat yang bersamaan, saya sedang mengikuti rangkaian kegiatan penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan minyak yang berasal dari Perancis. Saat ini, saya sudah melewati 4 tahap dari 9 tahap yang dijadwalkan. Sebetulnya tidak hanya perusahaan itu, sebelumnya saya sudah menjalani interview 3 perusahaan lain, namun yang ini yang paling memiliki progress.

Pertanyaan-pertanyaan saya adalah:

1. Bagaimana menurut rekan-rekan senior, apakah saya harus meneruskan kuliah atau langsung kerja? melihat kondisi keluarga saya yang memang dari awal sudah pas-pasan. Saya sedih kalau melihat bapak saya masih banting tulang buka warung sembako yang kondisinya kalah jauh dan kalah ramai dengan Alfamart yang dekat rumah dan juga adik saya yang masih kecil (1 sma dan 1 smp, dua-duanya laki-laki). Mereka butuh bantuan saya. Bagaimana menurut rekan-rekan senior?

2. Apakah mungkin sebuah perusahaan menerima calon karyawannya lulusan S2 yang minim pengalaman (karena masih S2 yang freshgraduate), khususnya perusahaan-perusahaan minyak? karena saya benar-benar tertarik untuk bisa kerja di sana, supaya bisa berangkatin haji orang tua saya.

3. Pada saat tahap seleksi kelima saya nanti di perusahaan tersebut, saya akan menjalani technical test, f.y.i yang saya apply adalah posisi untuk Drilling Engineer. Bagaimana kira-kira bayangan testnya? apakah hitung-hitungan seperti kinematika dan dinamika? ataukah pengetahuan mengenai Drilling Processes? ataukah mengenai gambar teknik?

Sebelumnya saya ingin menucapkan terimakasih setulus-tulusnya atas perhatian dan waktu rekan-rekan senior untuk membaca email saya ini. Apa yang saya tulis bukanlah suatu rekayasa untuk meminta belas kasihan melainkan sebuah fakta. Mungkin lebih banyak lagi teman-teman saya yang mengalami hal ini atau bahkan bernasib lebih buruk lagi dari saya, namun cuma sedikit untuk mereka yang berani berkata jujur.

Saran dan jawaban dari rekan-rekan senior sangat saya harapkan. Terima kasih.

Tanggapan 1 – And Riawan

Waalaikumissalaam . . .

1. semoga sesuai rencana agar di wisuda agustus besuk, ya Mas . . . .

2. rejeki tidak akan pergi mas, selama kita mau usaha terus . . .

3. seperti nya bea siswa sudah di depan mata dan 95% gol, kalo saya sih pilih bea siswa, he3 . . .

4. jika diterima duluan beasiswa nya, mas kan bisa nego lagi sama perusahaan tersebut . cerita saja kl dapat bea siswa, mgkn perusahaan msh akan mempertimbangkan mas setelah lulus . . .

5. masalah adik2 mas kan merupakan tanggungjawab kedua orang tua. jadi jangan terlalu dipikirkan. apalagi cuma 2 tahun lagi mas sudah lulus S2 dan sudah punya penghasilan untuk membantu adik2 mas . . .

6. banyak juga , teman2 saya yg fresh graduate S2, bisa masuk ke Oil company/ Services . . . mgkn teman2 milist juga ada yang pny pengalaman serupa . . .

7. haji sendiri dulu baru berangkatin ortu, kecuali jika uangnya cukup buat berangkat bareng . . .

mohon maaf jika tidak berkenan.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: