Pada umumnya LOT bertujuan untuk mengetahui tensile strengthnya formasi yang ada. Aplikasi lainya adalah seperti yang anda sampaikan dibawah ini yaitu menge-test integrasi antara shoe dan cementingnya. Biasanya dilakukan setelah mengebor seidkit formasi baru setelah casing shoe. Nah hasilnya, biasanya digunakan untuk mengeset besarnya ECD at shoe untuk mengoptimasi hole cleaning tanpa merusak integrasi shoenya sendiri.

Tanya – Dimas Arif Wibowo

Dear rekan-rekan migas

Ingin tau pada saat melakukan leak of test apakah bertujuan me test shoe setelah melakukan cementing selain berguna untuk mentest leak dari formasi…??dan setelah mendapatkan hasil presure dari LOT bisa di set berat lumpur baru nya?

Tanggapan 1 – Marganda H. Sihite

Pak Dimas,

Pada umumnya LOT itu bertujuan untuk mengetahui tensile strengthnya formasi yang ada. Aplikasi lainya adalah seperti yang anda sampaikan dibawah ini yaitu menge-test integrasi antara shoe dan cementingnya. Biasanya dilakukan setelah mengebor seidkit formasi baru setelah casing shoe. Nah hasilnya, biasanya digunakan untuk mengeset besarnya ECD at shoe untuk mengoptimasi hole cleaning tanpa merusak integrasi shoenya sendiri.

Kalau untuk mengeset beratnya lumpur yang digunakan untuk drilling saya kira itu berkaitan jenis drilling yang dilakukan dulu apakah overbalance atau underbalance. Nah, kalau dia overbalance, yes, LOT merupakan salah satu penentu mud weight yang akan digunakan.

Kalau ada kesalahan, mohon para expert yang lain mengoreksi.