Lembaran metal sheet hot deep galvanized yang digunakan untuk concrete deck/floor menderita korosi karena penyimpanan selama 1.5 tahun yang salah dalam cuaca gurun-pinggir laut yg tak bersahabat.
Ada yg mau share kira-kira bagaimana penanganannya.
Bisakah di repair ?

Tanya – Dirman Artib

Rekan milister,

Lembaran metal sheet hot deep galvanized yang digunakan untuk concrete deck/floor menderita korosi karena penyimpanan selama 1.5 tahun yang salah dalam cuaca gurun-pinggir laut yg tak bersahabat.

Ada yg mau share kira-kira bagaimana penanganannya.

Bisakah di repair ?

Bagaimana metodenya ?

Terimakasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Frank

Bawa ke pencelupan hot galvanize coating dan bayar selesai….

Tanggapan 2 – Rosmana Eko Saputra

trus nyimpennya yang baik, ya pak frank? kl metal sheet gini, sebelum terpakai bukannya masih terbungkus dengan plastik? Saya belum tahu kalau yang steel, kalau aluminium yang saya biasa berurusan sih harus masih tertutup plastik. bahkan untuk memotong pun masih harus tertutup plastik, baru nanti bagian yang dipotong boleh dibuka, bagian yang masih utuh harus tertutup dan disimpan dalam ruangan terkontrol.

Tanggapan 3 – Frank

Wah! kalau sudah di coating hotdeep galvanize,… nyimpan yang baik?… memangnya hanya disimpan saja atau langsung dipakai?… kalau sudah di hotdeep galvanize, saya kira nda perlu dibungkus2 lagi….perlu diketahui, coating hordeep galvanize dengan sinc coating agak berbeda. Kalau sinc coating processnya seperti anodizing (pake arus elektro),… kalau hotdeep galvanize hanya dicelup di timah panas yang sudah ada kimianya. Menurut saya untuk Hotdeep Galvanize nga perlu dibungkus ya, karena biasanya permukaan coating hotdeep galvanize agak kasar. Tapi coba rekan2 milis lain mungkin boleh kasih informasi?…salam.

Tanggapan 4 – ma2ithink

Pak Art,

Yg dibutuhkan kan platenya so, setelah dibersihkan / blasting bisa cek ticknessnya. Kalau masih masuk standart tentu boleh dipakai? Kalau mau aman lagi bisa lakukan coating.

Tanggapan 5 – Dirman Artib

Pak Frank, ini metal memang hotdip galvanize, rekomendasi dari pabrik harus disimpan ‘full covered’, nah karena kawan saya si Manager Warehouse ini teledor maka terjadi korosi. Pertama kali saya juga mikir, kok hotdip galv harus disimpan dgn manja gitu, padahal dulu support piping di area H2S digeletakin saja di sembarang tempat, aman aja tuh. Btw. apa emang bisa dicelup sekali lagi ? Kalau nanya ke supplier sih bisa-bisa aja, mereka kan yg penting orderan nya.

Pak Antoni, hotdip galvanise bisa/boleh di sand blasting gitu ? Sori saya kurang tahu.

Tanggapan 6 – gunawans

Just Spot blast area corrotion, apply with galvabright seperti pilok khusus untuk repair galvanise, biasanya manufacture punya untuk repair.

atau put poliamide+high build epoxy untuk spot touch up atau minta advise from paint manufacture untuk repair system for galvanise.

Tanggapan 7 – Richard Bonardo

Pak Dirman :

Agak mengherankan jika lapisan Hot Dip Galvanize terkorosi dalam 1,5 tahun – grating-grating yang di hot dip biasanya umurnya jauh sekali diatas itu pun logikanya material HDG akan digunakan di outdoor jadi agak questionable kalau storagenya harus full covered.

Mungkin bisa di cek ulang berapa ketebalan lapisannya, umumnya HDG memiliki ketebalan sekitar 100 micron, jika dibawah itu kemungkinan bukan melalui HDG.

Atau kemungkinan lain, proses HDG tidak dilakukan dengan baik, proses pickling (pencelupan dalam lapisan H2SO4) tidak dilakukan dengan sempurna sehingga karat atau kotoran masih menempel saat material di celup ke lapisan Zn.

Anyway dipasaran banyak product touch-up untuk HDG , istilahnya cold galvanising, mungkin bisa diapplikasikan juga jika permukaan yang terkorosi tidak terlalu luas.

Tanggapan 8 – Endri Prasetyo

Pak Dirman,

Nambahin dikit. Umur lapisan HDG pada lingkungan yang ‘normal’ berkisar lebih kurang 20 tahun, silahkan dicek.
Mengenai ketebalan lapisan akan bergantung dari kekasaran permukaan material dan ketebalannya. Untuk permukaan yang halus, lapisannya akan lebih tipis dibanding permukaan kasar.

Tanggapan 9 – Dirman Artib

Pak Darwis,

Terima kasih infonya, terutama tentang adanya potensi reaksi kimia Zinc dgn kandungan kimia di atmosphere yg beriklim gurun tepi laut, tepatnya Doha-Qatar, dan saya akan minta Engineer baca standard A-780.

Pak Richard, awalnya memang saya juga punya questionable di kepala, bagaimana bisa HDG plate yg cuma digunakan untuk deck of concreting harus disimpan full covered, tetapi karena supplier HDG di Dubai bersama berafiliasi dg supplier plate dari Canada menginstruksikan begitu, ya saya ikuti dulu, karena secara teori mereka lebih punya pengetahuan. Tetapi pertanyaan keheranan tetap ada di kepala saya, makanya saya buka di milis, mana tahu para pakar perkaratan bisa memberi ilmu dan pengalamannya.

Pak Gunawan, ini quantity nya massive pak, jadi pekerjaan me ‘milok’ atau spot touch up kayaknya nggak praktis, bisa-bisa waktu untuk repair habis 2 tahun 🙂 Bayangkan ini project sekarang sudah menyerap 35.000 hanya di lapangan (nggak termasuk yg sedang fabrikasi, manufacture atau detail design di luar area dan luar Qatar spt. Itali, Espane, Canada, US, Sweden, German, Belanda, Emirate, KSA, China, Korea dll). Tercatat 50 nationalities sudah berada di area project/lapangan.

Pak Endri, terima kasih, memang umur yang dikehendaki sekitar itu, bahkan lebih.

Tanggapan 10 – ma2ithink

Pak Art,

Bukankah semua base metal bisa di blasting?

Sekarang tinggal platenya mau difungsikan utk apa? Kalau hanya sebagai concrete floor, kan tidak ada masalah? Blasting dan painting bisa gunakan lagi.

Tanggapan 11 – Dirman Artib

Thank’s Pak Ginting. Maklum sudah terkontaminasi Bahasa Jiran, antara ‘bisa’ (can) dan ‘boleh’ (allow). Di KL tak digunakan kata ‘bisa’ (can) untuk mewakili keefektifan fungsi, tetapi boleh (allow).

Btw.

Apakah blasting, dan kemudian dicelup galv lagi adalah best practice untuk solusi kasus ini ?

Apakah anda pernah punya pengalaman yang sama? Atau hanya sebatas pengetahuan ? Apakah ada pengaruhnya pada hasil produk, karena galvanisasi pertama masih ada di plate tersebut. Mohon pencerahan lanjut.

Oh ya, spesifikasi memandatkan adalah Hot Deep Galvanized, bukan painting.

Tanggapan 12 – Dani Darwis

Pak Dirman,

Memang metal yang sudah digalvanize kalau tidak di tutup sesuai dgn rekomendasi pabrik, maka Zinc dari metal tsb akan ber reaksi dengan atmosphere disekitarnya dan lama kelamaan bisa menghasilkan “produk” korosi seperti yang anda alami sekarang , coba aja lihat dalam ASTM A-780 tentang Standard Practice for Repair of Damaged Hot Dip Galvanized Coatings mungkin ada panduan untuk kasus yang anda tanyakan.