Hydraulic Jet Pump untuk Artificial Lift Crude Oil biasanya terdiri dari Subsurface (BHA,Nozzle,Throat,Standing Valve,etc) dan surface equipment (Triplex Pump(National) atau Surface Pumping System (woodgroupesp punya nih), dan Vessel Separator package).

Tanya – Ical. Murtalak

Dear millis,

Mohon informasi kalau ada yg tahu supplier hydraulic jet pump di indonesia….

Tanggapan 1 – fuad mubaraq

Pak Ical

Sepertinya PT. Kawan lama ada deh, management kami sudah order dan akhir bulan ini baranang datang. spesifikasi detilnya dan aplikasinya, saya kurang tahu detil, jika ditempat saya alat itu untuk cleaning.

Tanggapan 2 – Deny Breigg

Pak Fuad,

Mungkin yang dimaksud Pak Ical ini adalah Hydraulic Jet Pump utk Artificial Lift Crude Oil pak…(semoga saya benar,mohon konfirmasi pak ical).

Kl iya,Biasanya consist of Subsurface (BHA,Nozzle,Throat,Standing Valve,etc) dan surface equipment (Triplex Pump(National) or Surface Pumping System (woodgroupesp punya nih), dan Vessel Separator package).

Skrg Schlumberger dan Weatherford sudah ‘main’ HJP tsb pak. Kalau dulu sih yang saya tau Cuma National Oilwell (skrg jd NATOIL VARCO, msh ya? ga update).

Mungkin bisa contact Lerindro pak…saya dulu pernah bareng mrk support HJP unit utk Lap sembakung.(Medco) wkt itu saya dr perushaa yg berbeda dgn lerindro (competitornya lah).

Untuk HJP unit butuh brand new unit atau utk test unit aja pak?

Yg available di market kayaknhya utk triplex pumpnya: 130HP,165 HP,200HP,250HP.

Skrg saya tdk di bidang itu lagi pak,tp dgn senang hati membantu share info yg bapak perlukan. Via Japri tentunya…

Semoga membantu,

Tanggapan 3 – Ical. Murtalak

Betul sekali pak….

Hydraulic Jet Pump utk Artificial Lift sumur minyak…

Kami akan menggunakan HJP untuk 3 sumur di Sumsel.

Ada yg berani no cure no pay gak ya ?

Tanggapan 4 – Deny Breigg

Saya rasa utk Trial dgn Sistem No Cure No Pay ga masalah pak.

Cuma mesti Jelas utk Scope Of Work nya. Dan in case of failure,mesti ada investigasi yg bisa diterima kedua belah pihak.

Karena Sistem HJP ini termasuk baru (di Sumsel) dan unik, Banyak yg mesti dipersiapkan baik dr sisi Surface maupun Sub Surfacenya. Dan juga jgn lupa Kesiapan Sumur itu sendiri utk di lifting pakai HJP ini.

Kalo boleh saran, Silahkan hubungi ahli2nya di Lapangan Medco Sembakung Pak. mereka sudah ber puluh2 tahun menggunakan system ini. Tapi dgn Metode Running Dual String (rata-rata Tubing 2 7/8′ dan 2 3/8′) Casing 7′.

Utk Unit sendiri,ada yg stanby di Daerah Bunyu-Kaltim. Pompa Kapasitas 165HP.
Kalo berminat utk coba di Sumsel,monggo pak saya infokan saja lewat Japri.

Tanggapan 5 – Sulistiyono

Untuk artificial lift sumur kami , kami kenggunakan Hydraulic Pumping Unit (HPU) karena productive layer kami hanya pada kedalaman antara 1100 – 1300 meter. Sebenarnya mengenai artificial lift ini , penggunaan HJU atau HPU sangat tergantung dari sumur itu sendiri, antara lain kedalamannya .

HPU yang kami gunakan dilapangan sebanyak 6 buah (disewa) dan karena kinerjanya baik kami membeli 6 HPU lagi.HPU tersebut adalah adalah produk nasional, sangat kompak,prkatis , tidak memerlukan fondasi seperti pompa angguk (beam pump) dan dapat diinstall dalam waktu singkat dan dalam waktu paling lambat 6 jam produksi langsung jalan.

Harga sangat tergantung kedalaman sumur karena mesin penggerak pompa dapat disesuaikan dengan keperluannya.

Perusahaan tersebut adalah PT Expertest Kaliper Nusantara berkantor di

Jl. Boulevard Gading Barat LC-6 No 53 Kelapa Gading 14240, telp.

021-4529002 – Factory dan Workshopnya ada di Jl. Raya Cikunir No.8 –

Bekasi (masuk dari Jl. Tol Simatupang km 30 -exit Jati Asih.

Mengenai no cure no pay sepertinya terdapat persoalan penentuan curenya. Sebaiknya anda coba sewa dulu bbrp buah short term , sesudah terlihat cure teruskan saja.

Kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai kinerja HPU dan lain2nya anda bisa japri.Ayo bantu produk nasional ini.

Tanggapan 6 – Admin Migas

Pak Sulis,

Saya jadi tergerak hatinya untuk membantu produk nasional menjadi tuan rumah dinegerinya sendiri.

Apalagi local content untuk beberapa produk tertentu sekarang telah diwajibkan oleh pemerintah. Untuk itu, mohon segala macam informasi mengenai produk tersebut dikirimkan ke saya. Juga kebaikan dan kekurangannya bila dibandingkan produk impor (bila ada).
Kalau memang produk lokal mempunyai kualitas baik dan harga bersaing, akan saya bantu mensosialisasikannya.

Tidak hanya untuk warga Milis Migas Indonesia, tetapi publik umum dan instansi terkait.

Tanggapan 7 – Didik Pramono

Pak Budhi,

Ditjen Migas telah menerbitkan katalog/list Appreciation of Domestic Product (Appresiasi Penggunaan Hasil Produksi Dalam Negeri), dimana ada klasifikasi peringkat perusahaan menurut bidang keahlian masing2, seperti ‘apresiasi’, ‘direkomendasikan’ dan ‘diwajibkan’. Perusahaan yang masuk dalam list ini bisa dijadikan referensi untuk pemenuhan local content atau TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), dimana pemenuhan TKDN juga telah diamanatkan dalam PTK No.007/PTK/VI/2004 dan Kepmen Perindustrian No.11 tahun 2006.

Tanggapan 8 – Sulistiyono

Thank Pak Budhi dan Pak Didiek.

Atas komitmen membantu produk nasional agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kami akan mengirimkan informasi lebih rinci tentang produk local yang berkualitas dan dapat diadu dengan produk asing, khususnya HPU atau HJU.

Tanggapan 9 – Deny Breigg

Pak Sulis,

Saya juga boleh di infokan pak tentang Product Lokal HPU atau HJU (?) ini pak.

Kalau tidak salah HPU ini pernah di trial di daerah operasi PTM EP Prabumulih. Saya tidak tau apa berkelanjutan sampai skrg atau tidak.
Dulu memang masih pake brand luar (kalo ga salah Envicon..atau mirip2 itu lah).
Masih ingat sistem kerjanya mirip Pompa angguk,tp memanfaatkan hydraulic stroke.

Saya br dengar kl ada produk lokalnya,jd tertarik juga nih pak.