Select Page

Bicara mengenai vibration analysis, maka pasti akan merujuk ke ASNT karena bidang ini masuk kategori non-destructive testing. Sertifikasi yang dilakukan oleh ASNT pastimengcover juga basic theory yang ini tidak didapat di practice lapangan. Sering ditemukan orang2 yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang NDT termasuk vibration analysis tapi tidak memiliki dasar teori yang kuat lewat training masih kesulitan untuk menganalisis sinyal karena tidak punya dasar di FFT analysis, kenapa harus menggunakan FFT dan jenis sinyal seperti apa yang bisa dianalisa lewat FFT. Seringkali mereka gambling dalam mendiagnosis data.

Tanya – Shidqi Farros

Dear Milisters,

Saya mau tanya tentang International Certification training for Vibration Analysis, apakah ada dari milisters yang tahu lembaga untuk training ini di Indonesia dan berapa biayanya serta berapa lama trainingnya. Dan apa perbedaan training ini dengan yang non-certification secara materi training dan technical lainnya. Apakah certificate ini merupakan persyaratan untuk melamar menjadi seorang vibration analysis.
Terimakasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – yoki vriandana

Dear pak shidqi,

Mengenai lembaga cerificaton vibration analysis mungkin bapak bisa menghubungi PT Tiara vibrasindo Pratama, untuk contact person bisa menghubungi bu Novie ( novie@tiaravib.com) office phone : 021-6455586. sebagai sedikit informasi, lembaga tersebut bekerja sama dengan Mobius Institute international vibration certification. mungkin ini dari saya semoga bisa membantu. dan terima kasih.

Tanggapan 2 – JONO

Dear pak Shidqi,

Bapak silakan menghubungi PT Tiara Vibrasindo (Ms. Novie) untuk ISO Vibration Certification Cat.1 dan Cat.2 dengan alamat Jalan Gunung Sahari Komplek Marinatama Blok H-16, telp 021-6455586 dan Fax 021-6454967. Menurut saya perbedaannya hampir tidak ada secara materi maupun technical. Sekedar sharing saja pak, pengalaman lapangan adalah guru yang paling baik. (saya kutip dari Arne Lindholm-Vibration Analyst dari Swedia).

Tanggapan 3 – Andriansyah Andriansyah

Apakah Vibration International Cert keharusan agar kompetensi seseorang baru bisa diakui atau cukup dengan pengalaman praktis di lapangan tanpa harus memiliki Vibration International Cert?

Tanggapan 4 – farabirazy albiruni

Dear Pak Ardiyansah,

Memang betul practice makes perfect. Tapi tetap harus diingat bahwa kompetensi membutuhkan adanya recognition. Bicara mengenai vibration analysis, maka pasti akan merujuk ke ASNT karena bidang ini masuk kategori non-destructive testing. Sertifikasi yang dilakukan oleh ASNT pastimengcover juga basic theory yang ini gak didapet di practice lapangan. Saya sering menemukan orang2 yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang NDT termasuk vibration analysis tapi tidak memiliki dasar teori yang kuat lewat training masih kesulitan untuk menganalisis sinyal karena tidak punya dasar di FFT analysis, kenapa harus menggunakan FFT dan jenis sinyal seperti apa yang bisa dianalisa lewat FFT. Seringkali mereka gambling dalam mendiagnosis data.

Tanggapan 5 – JONO

*Dear Pak Andriansyah,

Itu tergantung di mana pak Andriansyah ‘bekerja’ pak, Kalau Bapak bekerja di suatu perusahaan jasa /service pengambilan data, pemantauan data kondisi serta untuk menganalisa data yang bapak selesai ukur, maka Bapak minimal punya sertifikasi ISO Cat 1 ataupun ASNT Level 1. Kenapa?

Agar mereka/customer bapak ‘puas/satisfy’ dengan hasil kerja dari bapak yang tentunya mewakili perusahaan di mana bapak bekerja. Biasanya perusahaan ‘yang baik’ akan mengirim bapak untuk mengikuti ujian sertifikasi tersebut. Sehingga kontrak kerja antara perusahaan di mana bapak bekerja dengan pelanggan perusahaan bapak akan terus berlanjut secara berkesinambungan.

Kalau Bapak tidak bekerja di perusahaan seperti yang saya contohkan di atas, itu tergantung dari manajemen perusahaan bapak, kalau manajemen sudah cukup senang dengan hasil kerja bapak dalam melakukan pemantauan kondisi sistem rotari mesin dalam hal ini bapak dan team sudah melakukan katakan PdM yang benar, untuk apa suatu sertifikasi,?

Pengalaman lapangan adalah guru yang paling baik.

Untuk masalah teori, bapak bisa memperoleh banyak dari sumber/reference buku-buku ataupun CD yang berhubungan dengan vibrasi. Ada buku-buku yang bagus untuk bapak bisa baca misal Vibration Spectrum Analysis (Steve Goldman, PE), The Bearing Analysis and The Gear Analysis Handbook (James I. Taylor), Predictive Maintenance and Vibration Anlaysis Vol I and II ( James E. Berry, PE, Interractive Vibration Training CD (vibrationschool), IlearnInterractive (Jason Tranter/Mobius).

Buku-buku dan CD tersebut sangat bagus pak untuk di miliki dan tentunya di baca.

Itu saja pak pendapat dari saya.

Tanggapan 6 – Anas Rosyadi

Pak Adriansyah,

Untuk pengakuan, sebagai buktinya tentunya adalah sertifikat dan akan lebih baik lagi kalau sertifikat tsb dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi (international) yang independent. Meskipun org yg certified pun, maaf, tidak menjamin mampu menyelesaikan segala persoalan di lapangan. ISO dan ASNT tidak mengeluarkan serifikat vibrasi, yang diatur adalah mengenai materi dan ujiannya yg comply thd institusi tsb.

Sesuai ISO 10836.2, Cat II ujiannya ada 100 soal, waktu 3 jam, Cat. III soal 100, waktu 4 jam, Cat. IV ada 60 soal waktu 5 jam. Semua passing grade 75%. Personally, saat mengajar sertfikasi menggunakan IlearnInstructur dari Mobius Institute sangat menarik dan mudah dipahami, banyak animasi. Salah satu provider sertifikasi di Indonesia adalah PT Tiara Vibrasindo Pratama, www.tiaravib.com, spt yg disebutkan Mas Jono.

Tanggapan 7 – Sketska Naratama

Pak Shidqi,

Sebagai alternatif utk International Cert, silahkan klik disini:

http://www.vibration.com.sg/home.php

*Vibration & Sound Services & Sales Pte Ltd*, a pioneer in vibration in Southeast Asia, has been established since 1979 and provides comprehensive vibration consultancy services, vibration certification training and vibration products sales to all industries in Asia for rotating and reciprocating machineries.

Our strengths :-

– *Certified Experts* – We have a pool of vibration analysts who have years of field experience and are qualified and certified by the Vibration Institute, USA under their prestigious Vibration Specialist Certification Program which is ISO certified for stringent standards.

Beberapa kawan yg mempunyai kompetensi di Vibrasi, mengambil cert dari VSSS

– Singapore diatas, yg bekerjasama dgn Vib Institute – USA. Btw, saya dengar SKF atau FlowServe juga punya training sesuai dengan standart mereka. Tetapi saran saya, utk ambil cert dari Vib Institute – USA shg juga bisa service / kerja sambilan sbg international competence, krn keahlian bapak diakui.

Tanggapan 8 – agust setyatmoko

bisa juga training disini

www.technicalassociates.net

Bapak bisa ambil certification ISO dari cat I hingga IV, atau ASNT I hingga III, biasanya skf suka mengadakan training ini, tapi venuenya di KL atau Philipine.

Share This