Harus dibedakan antara fungsi ejector pada system gland steam condensor dan system evacuation utk uncondensible steam and gas. Gland steam condenser , berfungsi untuk mencegah udara masuk ke condensor dan mencegah steam keluar dari condenser. Sedangkan Gland Steam condensor disupply dan dimaintain pressure nya pada tekanan tertentu dengan cara ditarik dengan menggnakan ejector atau dengan Fan tapi sebelum Fan ini steam dilewatkan Heat Exchager untuk mencondensing steam dari Gland steam ini dengan menggunakan media pendingin condensate dari condensernya sendiri.

Tanya – Hermawan

Para sesepuh Migas dan rekan-rekan milis,

Saya mohon sharing tentang gland seal condenser/gland steam condenser. bagaimana menilai performa gland seal condenser dalam gland vacuum system? salah satu gland seal condenser (shell and tube) di plant saya diplug hingga 16% dari keseluruhan tubenya.

Saya pernah membaca bahwa ada suatu plant yang hanya menggunakan ejector di gland vacuum systemnya. secara logika apabila cukup dengan ejector, 100% plugged tube pun tidak ada masalah bukan? lalu dimana peranan kondensor tsb? kriteria apa yang menunjukkan kondensor tsb dalam good/bad performance.

atas pencerahannya, saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – achmad junaedi

Pak Her,

Seinget saya … ejector itu untuk memvacum kondenser, berbeda dengan system gland seal condenser /gland steam condenser. Gland seal condenser untuk menampung buangan steam yang digunakan untuk men-sealing steam turbin dan dimanfaatkan untuk manasin feed water jadi effisiensi plant nya tinggi.

Demikain mohon dikoreksi.

Tanggapan 2 – Hermawan Malik

selamat pagi Pak Junaedi,

terima kasih atas responnya, maaf saya baru buka emailnya.

betul sekali ejectornya digunakan untuk memberikan kondisi vacuum, namun bukan untuk kondensor bukan?melainkan vacuum pada gland di shaft turbin sehingga udara yang akan masuk maupun steam yang keluar dapat terhisap ke ejector. fungsi kondensornya untuk mengkondensasi steam, sedang steam yang tidak terkondensasi maupun udara yang ikut terhisap dibuang ke ejector vent. yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana menilai performa kondensor dalam sistem ini, apakah ada limit minimum steam yang terkondensasi?boleh tidak semua steam tidak terkondensasi tetapi langsung dialirkan ke ejector vent.mohon bantuannya=).

Tanggapan 3 – Teguh.Waskito@ytljt

P Hermawan

Ikutan nimbrung nich.

Rupanya harus dibedakan antara fungsi ejector pada system gland steam condensor dan system evacuation utk uncondensible steam and gas.

Sependek yg saya tahu Gland steam condenser , persis yg disampaikan P Hermawan berfungsi untuk mencegah udara masuk ke condensor dan mencegah steam keluar dari condenser. Sedangkan Gland Steam condensor disupply dan dimaintain pressure nya pada tekanan tertentu dengan cara ditarik dengan menggnakan ejector atau dengan Fan tapi sbelum Fan ini steam dilewatkan Heat Exchager utk mencondensing steam dari Gland steam ini dgn menggunakan media pendingin condensate dari condensernya sendiri.

Sedangkan untuk memaintain vacuum di dalam condenser digunakan system evacuation system dapat berupa ejector kalau kapasitasnya kecil atau dengan menggunakan Evacuation pump jika kapasitas nya besar.
Memang seharusnya steam atau gas yang tidak tercondensasi harus mampu dialirkan ke ejector atau evacuation pump, ditempat kami dalam kondisi normal cukup di evacuat dgn 1 vacuum pump, namun dalam kondisi ekstrim ditopang dengan 3 vacuum pump, Jika dgn 3 vacuum pump ini masih juga tidak mampu, maka disini jelas gland steam berarti tidak bekerja sama sekali dan condenser vacuum menjadi turun atau tekanan kondenser naik.

Untuk memonitor flow rate uncondensible steam or gas di dalam condenser, bisa dilakukan Vacuum Decay Test atau mengukur laju/rate penurunan vacuum atau kenaikan tekanan dalam kondenser secara periodik, satuannya adalah mbar per menit. (pressure/second) .

Pengujian ini dilakukan pada beban turbine tertentu dan menutup semua aliran yang menuju ke ajector atau evacuation pump selama rentang waktu tertentu.

Semoga bisa membantu

Tanggapan 4 – Mahadi Capah

Saya coba menambahkan sedikit,

Di project yang kami tangani sekarang yaitu Combine Cycle Power Plant, juga menggunakan GS Condenser, tepatnya ada tiga bagian yaitu

1. Steam Jet Air Ejector, yang akan masuk kedalam beberapa process yaitu

pada process hogging dan holding

2. Gland steam condenser

3. Packing steam reservoir.

Ketiga alat diatas adalah satu kesatuan yang dipakai untuk mengontrol presure di dalam vacuum condenser kurang dari tekanan atmosphere, kalau di turbine kami specnya harus dibawah 0.1 BarA.