Jika ada Load yang berfluktuasi (bertambah atau berkurang), PC Boiler akan cepat menyesuaikan…misalkan jika terjadi load bertambah, maka dengan mudah kita mengatur masuknya fuel ke boiler dengan coal atau solar. begitu sebaliknya. Tapi kalau CFB boiler, kita sulit mengatur masuknya fuel ke boiler. misalkan load bertambah lalu kita masukan fuel…namun tiba-tiba load berkurang…maka kita sulit mengontrol kondisi chamber karena didalam chamber sudah terdapat fuel yang sudah kita tambahkan sebelumnya. Kelebihan CFB boiler yaitu distribusi temperature didalam chamber yang lebih baik dari PC boiler karena ‘Circulating-nya’…

Tanya – Putra_mu

Dear All,

Apakah teman-teman di migas punya pengalaman tentang CFPP type CFB boiler yang digunakan untuk menangani demand load yang berfluktuasi? dan apakah mungkin availability factor dapat mencapai 93%?

Tanggapan 1 – hery pusporogo

Tambahan untuk Capacity factor persepsinya apakah ave load Boiler/Design Capcity?Jika ia, untuk Capacity Factor diPlant Kami belum pernah sampai segitu pak.

Tanggapan 2 – Putra_mu

ave factor adalah kemampuaan operasi dari power plant selama setahun pak.

Tanggapan 3 – eko.hidayanto2008

Boiler CFB merupakan type yg ramah lingkungan krn menurunkan kadar NOx menurunkan kadar SOx dg injeksi kalsium. Kelemahan dari CFB: 1. biasanya tjdnya kebocoran di bag. tube2x dr furnace water wall (pd waktu firing). Hal ini disebabkan welding result yg tdk sempurna. Stlh welding antar samb. tube hrs dibikin smooth (halus), terutama corner2x-nya. Harus memakai welder yg berpengalaman. 2. Maintenance periodik misalnya dibag. refractory, furnace, cyclone, dll. 3. Size coal yg masuk ke furnace boiler dr coal crusher (equip. berjalan baik) hrs sesuai spek. Size coal yg terlalu besar bisa mengakibatkan kebocoran tube2x (terutama dibag. sambungan krn benturan2x pd wkt firing). 4. Hsl Radiography test jgn disamakan. Spt dari ECO-S/D-DC-S/D — 25 %. S/H- Turbine– 100 %. Krn dipengaruhi Temperatur , Flow, Pressure, dll.
Demikian sedikit pengetahuan yg saya ketahui, mudah2x bisa membantu.

Tanggapan 4 – achmad junaedi

Yang saya bisa share … kalau memang akan terjadi load yang berfluktuasi … hemat saya pakai Pulvurize Coal (PC) Boiler, karena kelemahan CFB Boiler kurang optimum terhadap load yang berfluktuasi dibandingkan dengan PC Boiler.

Tanggapan 5 – Teguh.Waskito@ytljt

Dear P Putra

Sebelum diskusi lebih banyak, agar persepsinya sama tolong di perjelas dulu terms CFPP type CFB:

apakah yg dimaksud CFPP adalah Coal Fires Power Plant ? dan CFB Boiler : Coal Fluidazied Bed combustion Boiler?
Kalau itu dimaksud saya ada sedikit pengalaman bisa dishare.

Tanggapan 6 – Putra_mu

iya pak teguh, silahkan dishare pak pengalamannya.

Tanggapan 7 – achmad junaedi

Yang saya bisa share … kalau memang akan terjadi load yang berfluktuasi … hemat saya pakai Pulvurize Coal (PC) Boiler, karena kelemahan CFB Boiler kurang optimum terhadap load yang berfluktuasi dibandingkan dengan PC Boiler.

Tanggapan 8 – Putra_mu

kurang optimumnya dimana pak?

Tanggapan 9 – achmad junaedi

Jika ada Load yang berfluktuasi (bertambah atau berkurang), PC Boiler akan cepat menyesuaikan…misalkan jika terjadi load bertambah, maka dengan mudah kita mengatur masuknya fuel ke boiler dengan coal atau solar. begitu sebaliknya.

Tapi kalau CFB boiler, kita sulit mengatur masuknya fuel ke boiler. misalkan load bertambah lalu kita masukan fuel…namun tiba-tiba load berkurang…maka kita sulit mengontrol kondisi chamber karena didalam chamber sudah terdapat fuel yang sudah kita tambahkan sebelumnya.

Kelebihan CFB boiler yaitu distribusi temperature didalam chamber yang lebih baik dari PC boiler karena ‘Circulating-nya’…

Mudah2an membantu…mohon advise nya jika keliru.

Tanggapan 10 – Putra_mu

berarti harus dibuat bypass ya pak untuk mengurangi steam yang berlebihan?apakah ada kerugian dengan keluarnya steam yg seharusnya digunakan tapi hanya dibuang percuma??

Tanggapan 11 – achmad junaedi

Salah satu nya bisa seperti itu design nya…namun bisa dikonsultasikan dengan manufacture boiler untuk jenis boiler yang tepat digunakan.

Mungkin bapak bisa mengundang beberapa manufacture boiler untuk presentasi di tempat bapak, dengan terlebih dahulu menyampaikan kondisi dan requirement yang diinginkan. Dengan dilakukan presentasi tersebut…pasti didapat rekomendasi dan system boiler yang tepat digunakan untuk kondisi yang diinginkan.

Dengan catatan … bandingkan minimal 2-3 manufacturer boiler. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan bapak dengan tepat.