JOB = Joint operation Body antara Pertamina dan KKKS lain. Wilayah/ blok-nya milik Pertamina (CMIIW). Operatorshipnya bisa oleh PERTAMINA atau KKKS, namun dalam manajemen diisi oleh perwakilan PERTAMINA dan KKKS. Investasi dilakukan bersama (sesuai porsi kepemilikan). Perhitungan bagi hasilnya (setelah pajak, dll) juga sesuai porsi kepemilikan. KSO = Kerjasama Operasi.
Ini istilah baru oleh PERTAMINA untuk mengganti term lama TAC (Technical Assistance Contract) yang sudah tidak relevan dengan UU MIGAS No. 22/ 2001. Dalam KSO, wilayah/ bloknya milik PERTAMINA (biasanya lapangan2 yang sudah tua).

Tanya – Jimmy Octavianus

Dear Rekans,

Saya agak awam mengenai beberapa term kontrak kerja sama antara Pertamina dan Oil company swasta, salah satunya adalah perbedaan antara KSO (kerja sama operasi) dengan JOB (Joint operating body). Mohon pencerahan dari rekans, apakah ini hanya perbedaan bahasa atau memang berbeda Term kontraknya?
Thanks before.

Tanggapan 1 – Johanes Anton Witono

Saya coba bantu dari pemahaman saya. Mohon maaf kalau keliru, soalnya pengetahuan umumnya sudah kurang update nih… 🙂

JOB = Joint operation Body antara Pertamina dan KKKS lain.

Wilayah/ blok-nya milik Pertamina (CMIIW). Operatorshipnya bisa oleh PERTAMINA atau KKKS, namun dalam manajemen diisi oleh perwakilan PERTAMINA dan KKKS. Investasi dilakukan bersama (sesuai porsi kepemilikan). Perhitungan bagi hasilnya (setelah pajak, dll) juga sesuai porsi kepemilikan.

KSO = Kerjasama Operasi.

Setahu saya ini istilah baru oleh PERTAMINA untuk mengganti term lama
TAC (Technical Assistance Contract) yang sudah tidak relevan dengan UU MIGAS No. 22/ 2001. Dalam KSO, wilayah/ bloknya milik PERTAMINA (biasanya lapangan2 yang sudah tua). Penawaran lapangannya dilakukan oleh PERTAMINA melalui proses tender. Seluruh investasi dan operatorshipnya akan dilakukan oleh Pihak Ketiga. Nett profitnya dibagi sesuai dengan porsi yang telah disepakati bersama.

Kesimpulannya: kedua istilah tersebut memang berbeda term kontraknya (termasuk cara perhitungan bagi hasil untuk pihak-pihak yang terlibat).

Tanggapan 2 – Sulistiyono

Menambahkan sedikit keterangan Sdr Anton supaya lebih difahami soal JOB. Kontrak JOB terjadi pada masa Pertamina (BPPKA) bertugas mengkoordinir seluruh KPS seperti BP MIGAS sekarang. Karena kontrak PSC pada dasarnya adalah kontrak Eksplorasi dan Produksi maka Pertamina BPPKA adalah under Pertamina Direktorat Eksplorasi dan Produksi. Kontrak JOB ada untuk WKP yang diserahkan oleh KPS yang masa kontraknya sudah habis namun masih cukup prospektif.Contoh Bluk Tuban yang diserahkan oleh Santa Fe sekarang menjadi JOB Pertamina – PetroChina, Blok Salawati dll. Sharenya biasanya 50% – 50%.Mengenai TAC kedepan tidak akan ada TAC baru. Kontrak baru yang dulu namanya TAS menjadi KSO Substansinya sih hamper sama saja.