Dalam peraturan perundang-undangan yang mengurusi tenaga kerja (UU13/2003) tidak dicantumkan adanya batasan usia untuk pengangkatan menjadi pekerja permanen. Yang ada hanya mengatur usia pensiun saja. Jadi sebenarnya bisa saja dengan umur berapa saja seseorang dapat diangkat menjadi pekerja permanen atau tetap (PKWTT). Namun kenyataan di lapangan, dengan pertimbangan usia pensiun yang rata-rata 55 dan 56, maka banyak pekerja dengan usia 50 keatas tidak ditawarkan sebagai PKWTT akan tetapi sebagai tenaga kerja waktu tertentu (PKWT) atau kontrak.

Tanya – Budhi Swastioko Suryanto

Rekan, nanya dong….

Berapakah batas usia maksimum seseorang masih dapat diangkat sebagai pegawai tetap ?.

Apakah ada PP atau UU yang mengatur mengenai hal ini ?

Tanggapan 1 – pungki purnadi

Pak Budhi,

Memang benar bahwa dalam peraturan perundang-undangan yang mengurusi tenaga kerja (UU13/2003) tidak dicantumkan adanya batasan usia untuk pengangkatan menjadi pekerja permanen. Yang ada hanya mengatur usia pensiun saja.

Jadi sebenarnya bisa saja dengan umur berapa saja seseorang dapat diangkat menjadi pekerja permanen atau tetap (PKWTT). Namun kenyataan di lapangan, dengan pertimbangan usia pensiun yang rata-rata 55 dan 56, maka banyak pekerja dengan usia 50 keatas tidak ditawarkan sebagai PKWTT akan tetapi sebagai tenaga kerja waktu tertentu (PKWT) atau kontrak.

Demikian sekilas tambahan informasi nya.

Tanggapan 2 – hasyim kurniawan

Pak Budhi,

Saya belum menemukan adanya pengaturan batasan usia maksimum di PP/UU termasuk UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.
Tetapi di PTK-018 (Pengelolaan SDM KKKS) perihal Rekrutmen TKI disebutkan sebagai berikut :

4.2.2. Rekrutmen diatas usia purnakarya (56 tahun) untuk jabatan tertinggi dapat dilakukan dengan ketentuan dipekerjakan sampai dengan batas usia maksimal 60 tahun, sedangkan untuk jabatan Senior Manager, General Manager, Vice President, Senior Vice President atau setingkat dengan jabatan-jabatan tersebut termasuk jabatan satu level dibawah pimpinan tertinggi dapat dilakukan sampai dengan batas usia maksimal 58 tahun.

4.2.3. Rekrutmen di atas usia purnakarya (56 tahun) untuk pekerjaan yang dapat dilakukan melalui Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dilakukan sesuai dengan Peraturan Perundangan ketenagakerjaan yang berlaku dan peraturan perusahaan/Perjanjian Kerja Bersama.