Ada beberapa penyebab kapasitor bank cepat rusak: 1. Voltage kapasitor, karena kapasitor sangat sensitif dengan voltage; 2. Temperatur ruangan; 3. Frequency kerja kapasitor, apakah kapasitor yg mas pasang comply dengan frequency kita 50Hz atau bisa untuk 50/60Hz(kalau belum yakin mintakan staement letter dr vendor kapasitornya).

Tanya – Nuklindana Darma

Dear milist-ers,

Dari pengamatan saya (cmiiw), banyak kasus kebakaran di pabrik terjadi akibat meledak/terbakarnya capacitor bank.

– Kira-kira faktor apa saja yg mentrigger terjadinya ledakan/terbakarnya capacitor bank?

– Apa saja yg harus diperhatikan pada desain,instalasi dan maintenance capacitor bank?

– Dari keseluruhan maintenance elektrikal adakah standard tertentu utk maintenance?

Mungkin ada di antara rekan2 milis ini yang ingin berkomentar ttg hal tsb di atas. Kebetulan background saya bukan electrical. Jadi saya kurang begitu paham cara kerja dan hazard yg terdapat pada operasional capacitor bank.

Tanggapan 1 – kuwat riyanto

Mas Darma,

Sependek pengetahuan saya ada beberapa penyebab kapasitor bank cepat rusak:

1. Voltage kapasitor, karena kapasitor sangat sensitif dengan voltage.

2. Temperatur ruangan.

3. Frequency kerja kapasitor, apakah kapasitor yg mas pasang comply dengan frequency kita 50Hz atau bisa untuk 50/60Hz(kalau belum yakin mintakan staement letter dr vendor kapasitornya).

4. Quality power dari system yang ada ditempat mas darma, kasus yang sering saya temui adalah kapasitor sering rusak karena system mengandung harmonisa yang tinggi, sehingga apabila kapasitor mengalami resonansi dengan system akan terjadi lonjakan arus yg akan merusak kapasitor tersebut. Begitu juga kasus yang pernah saya temui, system sebelum dipasang kapasitor bank tidak ada harmonisa yang significant, namun setelah dipasang kapasitor bank justru harmonisa yang muncul di system significant. Harmonisa ini muncul karena adanya load2 non linier seperti rectifier, ups, battery charge dll.

saran saya untuk design kapasitor bank yang bagus adalah difungsikan sekaligus sebagai filter harmonisa, untuk mengetahui harmonisa awal di system diukur dulu dengan alat2 ukur yg sudah banyak dipasaran.Untuk maintenance kapasitor bank cukup dijaga temperatur ruangan sudah cukup.

Tolong dikoreksi apabila saya salah.

Tanggapan 2 – Triez trisworo99

Pak Darma,

Menambahkan sedikit,

Yang bapak garis bawahi adalah kasus kebakaran karena capacitor bank. Menurut saya casenya yg paling penting disini ‘keep safety’, seperti lakukan perawatan dan pemeriksaan secara teratur, bisa saja karena kurangnya maintenance terjadi short circuit pada rangkain delta kapasitor bank, sehingga efeknya bisa berakibat ledakan atau kebakaran pada pabrik atau tempat kita bekerja.
Ketika saat purchasing kita sudah melakukan prosedur dengan benar, seperti FAT, function test sudah seperti yg kita inginkan, tentunya minimal kita sudah pernah menikmati fungsi kapasitor bank kita donk setelah pembelian dengan lama waktu tertentu.
Bisa juga ledakan timbul dari luar internal sistem seperti ketidaksetabilan frekuensi dan tegangan. Ini justru yg sering saya temui kasusnya.

semoga membantu,