Mohon masukannya, jika ada motor 3 kW dengan rated Ampere = 10 A, penggunaan amperemeter dengan scale range berapa yang sebaiknya di pakai ?

Tanya – dwijo murtopo

Dear Rekan2 Migas,

Mohon masukannya, jika ada motor 3 kW dengan rated Ampere = 10 A, penggunaan amperemeter dengan scale range berapa yang sebaiknya di pakai ?

Tanggapan 1 – berlian syako

Pak Dwijo,

Kalau arus rating motornya cuma sampai 10A ya tentulah scale range ammeternya jangan besar2, cukup 10A atau lebih sedikit, karena operating current motornya nya tentu dibawah 10A. Kalau ammeter scale range nya sampai 100A tentu susah membaca jarum penunjuknya.

Supaya pembacaannya akurat, pemilihan CT (Current Transformer) untuk ammeternya juga perlu diperhatikan. Rating CT sebaiknya disesuaikan dengan rating arus yg mau diukur, dalam hal ini pakai rating CT: 10A/5A. Accuracy class untuk metering CT ukuran kecil seperti ini biasanya Class 0.5 atau Class.1.

Umumnya untuk motor2 kecil seperti ini jarang diminta oleh client harus pakai ammeter.
Kalau susah mendapatkan ammeter dengan scale range yg kecil lebih baik pakai digital ammeter untuk memudahkan orang membacanya, ketimbang menggunakan analog ammeter yg scale range nya terlalu besar dibanding arus yg akan diukur.

Tanggapan 2 – dwijo murtopo

Pak Berlian,

Terimakasih atas masukannya, bagaimana dengan overload currentnya pak,setahu saya overload currentnya bisa 6 x arus rating motornya, kalau kita pakai ammeter dengan scale rangenya 10 A , apakah ammeternya bisa meng akomodir overload tsb pak ?

Tanggapan 3 – Ahfas, Amir

Pak Dwijo,

Di pasaran ada meter2 dengan rated value 100%, 120%, bahkan 2-fold overload.
Kalau untuk starting current, kan cuman sebentar aja Pak, kalo design CT/meter kita di titik starting, tentunya pada saat arus nominal atau di bawah nominal, jadi susah bacanya dong (kecuali Bapak menggunakan digital meter)…

Tanggapan 4 – Abhie Nadhira

Pak Dwijo,

Setting over load relay adalah 125 % FLA.
Jadi klau mau ambil ampere meter bisa di atas itu sedikit..
karena, nilai over load relay nya akan di beri tanda di apere meter..
seperti maksud pak berlian, ga akan keliatan ( kurang akusai pembacaan nya ) kalau kita beri ampere meter range terlalu besar.

Semoga membantu..

Tanggapan 5 – cahyo

Ikut nimbrung pak, Ammeter memiliki overload current juga.
jadi walaupun scalenya 10A, ammeter tersebut masih dalam kondisi ‘aman’, hal ini karena ammeter memiliki overload current protection, 2in / 5in / 6 in tinggal pilih yg sesuai kebutuhan.