Total SA melaporkan perusahaan akan mengembangkan lahan Cravo, Lirio, Orquidea, and Violeta (CLOV) di Blok 17 di offshore Angola.

Total SA melaporkan perusahaan akan mengembangkan lahan Cravo, Lirio, Orquidea, and Violeta (CLOV) di Blok 17 di offshore Angola.

Lahan terletak di 1,100-1,400 m dari perairan dan Total berharap pengeboran akan dimulai pada tahun 2012 dengan minyak pertama pada tahun 2014.

Project CLOV berada kira-kira 140 km dari Luanda dan 40 km barat laut dari lahan produksi Dalia.

Rencana pengembangan membutuhkan 34 sumur subsea yang dihubungkan kembali ke kapal floating production, storage, dan offloading. FPSO CLOV akan memiliki 160,000 b/d kapasitas processing minyak dan sanggup menyimpan 1.78 juta bbl.

Lahan akan memproduksi dua type minyak : a light 32-35° gravity oil dari Oligocene reservoirs di Cravo dan Lirio serta 20-30° gravity, viscous oil dari Miocene reservoirs di Orquidea dan Violeta. Total berencana akan mencampur kedua aliran minyak dan memproses aliran di single train sebelum penyimpanan. Total memperkirakan bahwa lahan memuat kira-kira 500 juta bbl

CLOV adalah project deepwater keempat di Blok 17 dan akan menggunakan tekhnologi yang terjamin dalam project sebelumnya pada blok. Dua project sebelumnya yang sedang memproduksi adalah Girassol, yang juga meliputi lahan Jasmin dan Rosa serta Dalia. Project Pazflor berdasarkan kontrak dan Total berharap produksi minyak dari project akan dimulai pada pertengahan kedua tahun 2011. Pazflor akan memproduksi penemuan Perpetua, Acacia, Zinia, dan Hortensia.

Total E&P Angola mengoperasikan Blok 17 dan memiliki 40% saham. Partner termasuk Statoil 23.33%, Esso Exploration Angola (Block 17) Ltd. 20%, dan BP Exploration (Angola) Ltd. 16.67%.

Sumber: www.ogj.com