Perihal job descr faseng bisa merefer ke rigzone.com atau oilcareers.com, pada prinsip nya kamu tinggal lihat ada domain employer tersebut, apakah dalam konteks KPS, EPC Contractor, Supplier, etc. Tentu nya posisi seorang pekerja akan selalu align dengan core business employer. Pada prinsip nya semua ilmu dapat dipelajari, asalkan ada kemauan dan punya goal secara pribadi. Walau ada tips – trik dari masing-masing pribadi sebagai nilai tambah. Pada umum nya sepengetahuan saya latar belakang faseng adalah teknik kimia / teknik mesin, walau latarbelakang teknik lain nya akan menjadi pertimbangan yang mana disesuaikan dengan core business employer. Tambahan nya, tentu akan ada training dari employer, jika memang tidak di provide, ada baik nya berinisiatif untuk mengambil short course / training dari AKA Migas Cepu (Misal nya), dll.

Tanya – iwan effendy

Dear Rekans Milis,

Ada yg Tahu Jobdesc Facilities Engineer sampai sejauh mana ?

Tanggapan 1 – bramantidwiprasetyo

Pak Iwan,

Utk facility engineer (KPS) memang beda2 tergantung KPSnya, ada yg specialized ke bidangnya masing2 mis proses, instrumen, mechanicaln etc. ada jga yg general (campuran proses mechanical sedikit instrumen electrical) yg general ini biasanya yg ada di site (lapangan).

Sampai sejauh mana job desnya?

Klo yg sya kerjakan selama ini di lapangan titik beratnya di optimasi surface facilities untuk menunjang produksi, debottlenecking, sizing design equipment, membantu pihak operation/memberi rekomendasi utk trouble shooting yg berkaitan dgb surface production facilities.
Semoga sedikit penjelasan ini bsa memberikan sedikit gambaran tentang apa yg anda tanyakan.

Tanggapan 2 – barkah ramadhani

Pak Iwan, maaf sebelumnya, facilities engineer itu sebaiknya background apa ya pak?
sebab dari penjelasan anda sebelumnya, ada facilities yg dibagi berdasarkan disiplinnya (misal: process, mechanical, instrument, dll) yang berarti berbeda2 background, dan facility engineer yg general. Ada bbrp perusahan oil company yg membuka lowongan dg hanya menulis facilities engineer, klo menurut pak Iwan, itu utk yg general atau nanti dibagi per background?

demikian dari saya, terima kasih atas penjelasannya.

Tanggapan 3 – bramantidwiprasetyo

Ralat pak sya bkn pak iwan tpi pak bram he3x…
Background apa ya cocok? Menurut sya yg cocok electrical engineering, mechanical, chemical, physical eng. Walaupun tdk menutup kemungkinan dri background engineering yg lain jga bisa. Khususnya utk KPS yg mencari facility eng dri fresh graduate karena biasanya sblm kerja ada training terlebih dahulu sehingga dri background manapun (eng) mungkin bisa asal lulus test masuknya.
Klo yg dicantumkan facility eng saja, tebakan saya penempatannya nanti di field utk men support operation masih general. Menurut sya jika anda berminat apply saja, penempatan job des nya spt apa akan keliatan lebih detail pada saat interview dgn user.

Tanggapan 4 – Sketska Naratama

Dear pak Iwan

Perihal job descr faseng bisa merefer ke rigzone.com atau oilcareers.com, pada prinsip nya kamu tinggal lihat ada domain employer tersebut, apakah dalam konteks KPS, EPC Contractor, Supplier, etc. Tentu nya posisi seorang pekerja akan selalu align dengan core business employer.

Pada prinsip nya semua ilmu dapat dipelajari, asalkan ada kemauan dan punya goal secara pribadi. Walau ada tips – trik dari masing-masing pribadi sebagai nilai tambah. Pada umum nya sepengetahuan saya latar belakang faseng adalah teknik kimia / teknik mesin, walau latarbelakang teknik lain nya akan menjadi pertimbangan yang mana disesuaikan dengan core business employer. Tambahan nya, tentu akan ada training dari employer, jika memang tidak di provide, ada baik nya berinisiatif untuk mengambil short course / training dari AKA Migas Cepu (Misal nya), dll.

Jika sudah bekerja, tidaklah lupa untuk mensertifikasi keahlian nya dalam scope international. Sehingga suatu saat orang2 Ind akan banyak menjadi decision maker untuk project Migas di seluruh dunia.

Tanggapan 5 – hotma parasian

Kalau menurut pribadi saya, sebaiknya mereka dari background mechanical dan electrical, karena secara phylosophy sudah memahami tentang lika-likunya job of facilities engineer yg bersifat general dimana akan banyak ketemu dengan mecahnical/electrical secara berbarengan dalam satu process system yg biasa dihadapi oleh orang2 facility dan lebih bagus lagi mereka yg pernah pindah kerja yg berbeda-beda job sebelumnya tapi masih dalam ranah engineering (saya kira ini pernah dibahas sebelumnya tentang bolehkah seseorang pindah kerja yg tidak bersesuaian).

Tanggapan 6 – Iqbal M

Mohon pencerahan terkait dg JobDes rinci seorang Facilities Engineer bagi seorang Civil/Structural Engineer.

Tanggapan 7 – Henry

Ingin mencoba menjawab, jika salah mohon dikoreksi. Dari pengalaman saya diskusi dgn seorang superintendent facilities engineer di salah satu perusahaan fabricator, jobdesc dr FE adalah bertanggung jawab atas segala fasilitas yg ada di lapangan fabrikasi, termasuk merencanakan sekaligus menyediakan sarana dan prasarana yg dibutuhkan untuk lancarnya kegiatan fabrikasi. Adapun fasilitas yg dimaksud berupa : shop, gedung kantor, gudang, heavy lift equipment, alat2 berat dll.