Saya punya studi kasus ttg replace tube di ache.
Kira-kira faktor apa yg dapat menyebabkan target temperature tidak tercapai?
Jika tube dan fin nya material dan ukurannya sudah sama dgn existing, hanya jumlahnya saja yg ditambah untuk menambah luas permukaan untuk mencapai target temperatur.
mohon pencerahannya.

Tanya – Juniatia Widiasari

Dear milister,

Saya punya studi kasus ttg replace tube di ache.
kira2 faktor apa yg dapat menyebabkan target temperature tidak tercapai?
jika tube dan fin nya material dan ukurannya sudah sama dgn existing, hanya jumlahnya saja yg ditambah untuk menambah luas permukaan untuk mencapai target temperatur.
mohon pencerahannya.

Tanya – ahmadrs@technip

Mbak Tia,

Untuk cooling di air cooled (maupun di exchanger lainnya) ada dua hal yang perlu dicek

– UAdT di tube dan finned

– mCpdT di air side.

apakah sudah dihitung ulang massa udara yang dibutuhkan untuk kondisi baru?

Tanggapan 1 – bayu kusuma

Bu Juniatia,

ACHE-nya barang baru atau sudah bertahun-tahun terpakai? Kalau masih baru, menurut saya, temperature tidak tercapai kemungkinan ada beberapa faktor:

1) faktor design apakah sudah sesuai perhitungan HTRI? ini faktor paling utama.

2) Apakah air volume yang dihasilkan fan sudah tercapai sesuai yang dibutuhkan? jika tidak tercapai tentu ada kesalahan pemilihan dari drive system (motor, transmission system atau fan).

3) Jika faktor diatas tidak ada masalah, kemungkinan karena partition plate di dalam Header Box ada yang bocor sehingga aliran fluida sudah tidak sesuai. Biasanya terjadi karena terdapat clearance yang cukup besar antara partition plate dan end plate (kurang rapat).

Mengganti fin tube tentu sama juga dengan mengganti tube bundle bukan? karena fin tube sudah joint ke header box. Saran saya, cek terlebih dahulu benar-benar faktor penyebabnya. Jika faktor penyebabnya adalah no.3, maka solusinya adalah mengganti tube bundle atau repair jika mungkin untuk dilakukan.

Demikian sekedar analisa saya, maaf jika ada yang kurang jelas silahkan japri.

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Ibu Juanita,

menarik persoalan yang ibu posting, tetapi saya kira informasinya kurang sekali untuk melihat persoalan secara lebih akurat,

saya setuju denga apa yag di posting pak Bayu. tapi masih banyak lagi kemungkinan lain , yang dipostng hanya menyebutkan tambah area untuk mencapai target.

tapi ibu tidak memberikan apakah target temp[eratur masih lebih tinggi dari coolant atau lebih rendah, apakah penambahan itu diberikan dengan menambahkan row diatas row yang ada atau memperpanyang row yang ada akan memberikan target temp yang berbeda dst.

Tanggapan 3 – j_tia_19

Dear milister,

terima kasih atas tanggapannya.

utk ache ini yg diganti hanya tube bundle saja, sedangkan fan nya tetap menggunakan yg lama. sedangkan penambahan berupa penambahan row didepannya.
setelah saya perhatikan hal2/kemungkinan2 dari milister sekalian, saya menemukan kemungkinan masalah nya seperti yg disebutkan oleh pak bayu di poin 3 : ‘Biasanya terjadi karena terdapat clearance yang cukup besar antara partition plate dan end plate (kurang rapat).’ memang ada clearance yg lmyn renggang.
tp saya belum mengerti jelas ttg clearance ini. dimana pengaruh nya terhadap perpindahan panas?
kemudian di ache yg baru terdapat jarak antara tube dengan pass partition dalam header box. sedangkan di ache yg lama, jarak pass partition dan tube tidak begitu besar. apakah hal ini mempengaruhi?

terima kasih atas perhatian milister sekalian dalam membantu saya yang awam ini. ^_^

Tanggapan 4 – ahmadrs@technip

Kalau jawabannya begini, diagnosis saya adalah penambahan tube row dilakukan tapi tube pitchnya sendiri longgar. ditambah lagi walaupun sudah diperhitungkan bahwa fan yang dipakai adalah sama, tapi tidak diperhitungkan peningkatan dari kebutuhan mass flow udara akibat heat duty DAN pitch yang longgar. ini mungkin disebabkan saat merating exchanger ini, air flowrate dan temperatur change tidak dirubah. juga saat mereview hasil, tidak diperhatikan berapa perbandingan heat transfer rate @ dirty condition dan heat transfer rate @ service.

Tanggapan 5 – Martin Rifki

Mba Tia,

Mungkin dapat lebih dijelaskan apakah ini case nya hanya replace tube saja ataukah ada penambahan?

Yang saya tangkap dari kalimat mba tika “ jumlahnya saja yg ditambah untuk menambah luas permukaan” berarti hanya menambah tubenya saja dan tanpa penyesuain dari fan, maka tentu saja temperature yang diinginkan tidak akan tercapai, karena fluida proses bertambah sedangkan massflow dari udara tetap.

Ada baiknya juga melihat data sheet existing dari ache tersebut, dari situ mba tika bisa memulai step selanjutnya untuk meng-analisis total heat exchange yang baru.

Semoga sedikit membantu.