Perbedaan antara hp modem dengan modem ialah perbedaan peruntukan device dan ic (prosesor) saja. Hp diperuntukan untuk komunikasi voice data di featuri dengan kemampuan data. Sedangkan modem memang diperuntukan untuk data dengan extension voice dan message (ini pun dilakukan oleh komputer kita bukan oleh modem tersebut). Jadi secara porsi modem lebih baik untuk digunakan dalam komunikasi data. Untuk frekunsi hanyalah sebagai jalan saja, tidak begitu signifikan perbedaannya.

Tanya – Zulhelmi U. Iska

Bapak/Ibu milist Migas yth,

Mohon sharing informasinya, apakah kekuatan sinyal pada hp selular dan USB modem adalah sama untuk provider yang sama. Saya berniat mengganti modem permanen saya dengan USB modem karena lelet dan sulit akses.

Terima kasih atas sharingnya.

Tanggapan 1 – Bambang Cahyono

Jgn2 setting koneksi di kompi Bpk masih problem krn setiap provider beda, salah sehuruf saja mau koneksi tapi nggak jalan. Atau bisa juga modem rusak dipakai.

Tanggapan 2 – Abdullah Eli

Pak Zulhelmi,

Sama pak seharusnya, asalkan dua2nya sama idle atau sama2 melakukan koneksi data. Tapi jenis hape/modem dan firmware mempengaruhi juga daya terima signal. Modem mungkin komponen transistornya lebih bagus drpd hape biasa. Tanda bar/batang sebenarnya hanya indikator, ada hape yg skala barnya 5, 6 sampe 7. 5 skala 6 beda dgn 5 skala 7. Satuan bakunya ada untuk mengukur angka kekuatan signal, tapi pake alat khusus atau hape/modem tertentu.

Tanggapan 3 – Bambang Cahyono

Pak Zulhelmi,

Maksudnya kekuatan sinyal itu frekwensi ya Pak, kalau frekwensi beda Pak, kalau HP kan tujuannya sms dan voice shg lebar band cukup kecil saja frekwensi 800MHz ada juga 1800MHz, tapi kalau modem biasanya kan HSDPA atau koneksi 3G 1900MHz, kalau salah tolong dikoreksi…. agak samar nih.

Tanggapan 4 – Zulhelmi U. Iska

Terima kasih Pak Bambang atas sharingnya.

Maksud saya, jika saya menggunakan hp dengan operator A, posisi di rumah, maka sinyal yang saya lihat dilayar hp saya penuh sehingga tidak ada resiko terputus saat berkomunikasi. Apakah hal yang sama juga berlaku untuk USB modem dengan operator A, sehingga saat saya memakai modem tsb di rumah akan terhindar dari disconnect saat download data, dsb.

Tanggapan 5 – Rosmana Eko Saputra

Kl seperti ini jelas beda pak, tapi bukan terletak pake modem atau hape…. kl sinyal penuh di HP berarti penerimaan di lokasi tersebut memang kuat, mungkin dekat dengan BTS-nya. kl untuk menelepon tentu tidak masalah, tidak akan menemukan jaringan sibuk… sangat jarang sekali. namun berbeda dengan komunikasi data untuk internet, sinyal penuh namun cuma GPRS, ya tentu akan susah konek dibandingkan EDGE, UMTS atau HSDPA….. tapi walaupun dapat HSDPA belum tentu komunikasi data tidak akan terputus karena tergantung dari user yang konek saat itu, sehingga sering juga ditemukan walaupun sudah dapat sinyal HSDPA tapi kecepatannya nol terus….. mau gak mau, anda harus tutup koneksi dan reconnect lagi………..

Tanggapan 6 – andry.n.utama@power.alstom

Pak Helmi,

AFAIK jumlah Bar diHp menandakan kekuatan sinyal diposisi Anda saat itu dan tidak ada hubungan secara langsung saat anda melakukan transfer data baik berupa voice maupun file.
Transfer data tergantung dari kapasitas bandwith yg tersedia diarea yg tercover oleh BTS yg ada. Jadi tidak ada jaminan jika bar kuat sinyal penuh, maka proses transfer data terhindar dari disconnect. Demikian pula sebaiknya. CMIIW

Tanggapan 7 – Bambang Cahyono

Pak, kalau kekuatan sinyal yg Bpk maksudkan adalah daya pancar dari suatu BTS maka untuk lebar band yg besar efeknya adalah pancaran tidak sejauh lebar band yg sempit. Misalkan lebar band yg dipancarkan 5MHz untuk data maka frekwensi yg dipancarkan 1900MHz ± 5MHz untuk data, sedang untuk suara lebar band cuma 5KHz frek carriernya 1800MHz ± 0,005MHz, bandingkan bisa jadi untuk data kekuatan pancaran cuma seper sepuluh pancaran suara. makanya dipenerimanya atau modem sering hilang timbul tapi coba ubah mode GPRS kan lebih banyak dan stabil sinyalnyatapi lambat krn lebar band tadi. Solusinya usahakan saja antena luar untuk modem Bpk.

Tanggapan 8 – Chiquetetha

mencoba ikut menjawab.

Perbedaan antara hp modem dengan modem ialah perbedaan pruntukan devive dan ic (prosesor) saja.
hp diperuntukan untuk komunikasi voice data di featuri dengan kemampuan data.
sedangkan modem memang diperuntukan untuk data dengan exktension voice dan message (ini pun dilakukan oleh komputer kita bukan oleh modem tersebut).

jadi secara porsi modem lebih baik untuk digunakan dalam komunikasi data.

untuk frekunsi hanyalah sebagai jalan saja, tidak begitu signifikan perbedaannya.

Tanggapan 9 – Novri

Saya setuju. Saya juga suka menggunakan hp sebagai modem via bluetooth. Walaupun kalau saya browsing dari hape cukup mudah, belum tentu bila hape itu saya jadikan modem via bluetooth, koneksinya cukup baik.
Ketika sim card nya saya ambil, dan dipasang di usb modem, koneksinya bagus lagi.

Tanggapan 10 – Hendri D

Dear pak Helmi,

Frequency yg kita lht di Indikasi HP adalah frequency pembawa, nah…pertanyaan nya apa yg di bawa nya??? Yg di bawa adalah signal voice (GSM), signal GPRS, signal 3G dan HSDPA. Ke empat signal ini dipancarkan secara bersamaan (di mixing melalui encoder) melalui BTS-BTS ke semua yg punya Handphone. Sesampai di handphone ke empat signal tsb di separate oleh Filter (decoder) yg ada di modul hanphone sehingga kita bs memakai secara bersamaan ke empat signal data tsb di handphone.
Kalau Frequency pembawa (900, 1800 & 1900 MHz) kuat, GPRS blm tentu mulus pak signal nya, signal GPRS tergantung dari kemampuan server pak, krn tugas server melayani banyak client. Kalau clientnya over, pst signal data GPRS/3G/HSDPA jd lemot…

Mungkin ini bs membantu.

Tanggapan 11 – Bambang Cahyono

ada dua point penyebab putus koneksi disini:

1. pemancar tidak stabil (indikator naik turun)

2. indikator full tapi koneksi putus penyebabnya adalah server sibuk ataupun ngadat.

Tanggapan 12 – Syahrizal Mustafa

Hasilnya sama saja Pak selama memakai operator yang sama…