Kalau sebagai owner, biasanya untuk lebih gampangnya memakai jasa Subcont yang berpengalaman, atau untuk mesin2 tertentu yang mungkin biaya maintenancenya mahal, di PO pembelian mesin biasanya dicantumkan agreement training personel, garansi, dsb.
Kalau anda sebagai subcont, mungkin bisa diawali dengan training dan sertifikasi mengenai hal-hal yang ingin dikuasai, jadi customer kita pun lebih yakin dengan pengalaman dan pengetahuan kita.

Tanya – Mahadi Capah

Perkenalkan , nama saya Mahadi Capah, pekerjaan sekarang di Combine Cycle Power Plant Batam (Medco Energi Power). Project kami baru commissioning bulan 3 yang lalu dan sekarang sedang dalam process operation. Masalahnya belum ada yang pengalaman di operation ini sebelumnya terutama di Maintenance & Operation yang meliputi hal2 sbb:

1. Routine maintenance of HRSG’s( boiler, pressure vessel, fin tube maintenance), steam turbine Generator dan instrument gage spt Pressure indicator dan transmitter, level indicator, FCV,

2. Water treatment efficiency

Bilamana dari rekan2 sekalian ada yang punya pengalaman, jika mungkin boleh berbagi ke saya melalui JAPRI, saya sangat membutuhkan hal tersebut sebelum launcing project kedua dengan kapasitas yang sama.

Tanggapan 1 – Teguh Santoso

mungkin operation dan maintenancenya bisa disubkon-kan pak… saya rasa banyak perusahaan yang berpengalaman dan O&M combine cycle.

Tanggapan 2 – Sarullah, Salman: Mr. salman.sarullah

P’ Mahadi,

Gimana kalo’ perusahaan Bapak buka aja lowongan sesuai yg di cari, pasti ada yg punya pengalaman as per requirement.

Masalah selesai, dikerjakan oleh professional dan experienced, serta memperluas kesempatan kerja untuk anak bangsa.

Gimana pak …!?!? JJ

Tanggapan 3 – hotma parasian

Lae Mahadi, kalau menurut hemat saya, sebaiknya minta aja petunjuk kepada vendor/supplier yg meng-install equipmentnya utk mengadakan training mengenai Maintenance & Operation tsb, saya dulu juga seperti itu waktu kerja dipabrik otomotip, ketika itu beli mesin baru dari korea,inggris & jerman dimana kami ditraining sampai bisa, malah terjadi transfer ilmu, kami datang ke pabrik pembuatnya, trus mereka juga menerjunkan engineernya utk mentraining kembali ditempat kami..oh ya tidak lupa, kalau ada info tentang new job jangan ragu2 utk di publish,hehehe.

Tanggapan 4 – rio.hendiga@akersolutions

Sebelumnya minta maaf nih, kalau membaca dari tulisan anda pak Mahadi, saya agak kurang mengerti posisi Pak Mahadi ini sebagai Owner project atau sebagai subcont project tsb ?

Kalau sebagai owner, memang benar biasanya untuk lebih gampangnya pakai jasa Subcont yang berpengalaman, atau untuk mesin2 tertentu yang mungkin biaya maintenancenya mahal, di PO pembelian mesin biasanya dicantumkan agreement training personel, garansi, dsb.

Kalau anda sebagai subcont, mungkin bisa diawali dengan training dan sertifikasi mengenai hal-hal yang ingin dikuasai, jadi customer kita pun lebih yakin dengan pengalaman dan pengetahuan kita.

Tanggapan 5 – Mahadi Capah

Kebetulan kita di operasional Owner nya pak, dan kita ditugasi untuk mengoperasikan sendiri karena di sini sendiri belum ada yang ahli. kita sedang mencari beberapa solusi dan sedang dalam penggodokan termasuk untuk hire tenaga ahli, dan itu adlaah keputusan management. kita hanya coba menjemput bola sementara owner kita sedang memutuskan.

Tanggapan 6 – affandy hermawan

Biasanya brand yg memberikan training awal untuk operasi dan maintenance. Kalo boleh tahu dari brand mana dan tipe enginenya. Kebetulan saya juga O&M CCPP untuk dua blok pembangkit dari ALSTOM dan SIEMENS.