Pada prinsipnya perhitungan untuk natural bend dari bending stressnya (D*E/(2*R), kalau masih dibawah allowable stress nya berarti pipa bisa mengalami natural bend dengan radius R. Namun permasalahanya tidak sesederhana itu, ketika pipanya di-concrete, maka nilai modulus young (E) nya harus menggunakan E gabungan antara Steel dan Concrete. Belum lagi penentuan allowable stress nya. Disamping itu perlu diperhatikan juga daya dukung tanah untuk pipa yang un-restrained, walau material pipa dapat di bend dengan radius yang kecil, tapi gaya gesek tanah tidak dapat menahan Tension dari pipa.. ya radius nya berubah.. jadi membesar, bisa2 nanti keluar dari ROW-nya, kecuali pipanya di-restrain.

Tanya – Nur Kumeidi

Dear milister,

Adakah yang tau tentang batasan natural bending pada pipa? dimanakah saya bisa melihat rumus atau tabel natural bend (ANSI/ASME/API)?

Terimakasih

Tanggapan 1 – Henry Margatama

API RP1111 Section 4.3.2.2. ; DNV OS F101 Equation 5.25.

Rumus sederhana :

Plastic yield occurs when:

r/R > Y/E

where r = outside pipe radius

R = natural bend radius (more exact, from center of first layer to the pipe axis)

Y = yield stress of the steel

E = modulus of elasticity or Young’s Modulus

Mudah2an engak nyasar =)

Tanggapan 2 – Don Chicio

Bapak Nur yang budiman,

Bapak bisa me-refer ke ASME B31.4 2006 di sec.419.6.4. Pipa dapat mencapai batas elastisitasnya maksimal pada 0.75x allowable stress-nya.

Untuk rumus dan tabel, salah satunya, Bapak Nur dapat lihat di Pipeline Rules of Thumb Handbook oleh E.W. McAllister (Gulf Professional Publishing). Rumus di hal. 56 dan Tabel hal.47

Semoga bermanfaat Pak.

Tanggapan 3 – yusuf sopyan

Pada prinsipnya perhitungan untuk natural bend ya dari bending stressnya (D*E/(2*R), kalau masih dibawah allowable stress nya berarti pipa bisa mengalami natural bend dengan radius R.

Namun permasalahanya tidak sesederhana itu, ketika pipanya di-concrete, maka nilai modulus young (E) nya harus menggunakan E gabungan antara Steel dan Concrete. Belum lagi penentuan allowable stress nya.

Disamping itu perlu diperhatikan juga daya dukung tanah untuk pipa yang un-restrained, walau material pipa dapat di bend dengan radius yang kecil, tapi gaya gesek tanah tidak dapat menahan Tension dari pipa.. ya radius nya berubah.. jadi membesar, bisa2 nanti keluar dari ROW-nya.. heheh… kecuali pipanya di-restrain.