WNRF : Welding Neck Raise Face, merupakan satu type flange baik itu sesuai dengan ASME B16.5 atau di desain dengan Appendix 2 dari ASME sec. VIII Div.1 yg di joint dengan Nozzle Neck (pipe, ataupun Integral reinforcement) dengan buttweld. Sedangkan SRRF : Self Reinforced Raise Face Nozzle, yang dimaksud SRRF mengacu ke ‘boss’ nya, jadi flange + Self reinforcing nozzle. Atau bisa juga mengacu ke bentuk Integral dari flange + nozzlenya.Para 2-4 dari Appendix 2 Sec. VIII Div.1 Dari segi ekonomisnya, Integral Self reinforcing nozzle akan lebih mahal.

Tanya – eko susilo

Dear milister,

Saya ada project Pressure vessel yang menggunakan nozzle SRRF (Self Reinforce Raise Face Nozzle) dan juga WNRF (Welding Neck Raise Face Nozzle). Saya sudah googling dan nanya beberapa teman yang sering mendesain PV, tapi ada 2 versi dalam masalah ini. Jikalau ada rekan yang ngerti atau punya foto/gambar referensi untuk SRRF dan WNRF ini, mohon sekiranya untuk di share di forum ini.

Tanggapan 1 – muhammad rifai

mungkin bisa dishare dulu kedua versi yang mas eko punya, biar bisa ikut ngomen..

Tanggapan 2 – eko susilo

Pak Muhammad,

2 pendapat tersebut adalah;

Nozzle memiliki 2 diameter, diameter bawah yang di connect ke PV lebih besar, hal ini sebagai ganti pad untuk mengkompensasi openingnya. Dan flangenya seperti biasa SORF or WNRF.

Sementara pendapat yang kedua adalah Flangenya yang langsung di connect ke PVnya, Class flangenya harus bisa mengcover pad sebagai kompensasi dari opening. Sementara pada flangenya terdapat ulir dalam untuk mengonnect ke pipanya.

Tanggapan selengkapnya :