Rope Access adalah metode pekerjaan dengan menggunakan tali (rope) tanpa harus memakai alat bantu staging atau manlift. biasanya digunakan untuk pekerjaan maintenanance untuk gedung bertingkat dan patung-patung yang tinggi. sedangkan untuk pekerjaan marine dan offshore, biasanya metode ini dipakai untuk menghemat biaya staging atau heli untuk installasi, maintenance repair, inspection/NDT, welding, water blasting, painting dll. IRATA adalah Industrial Rope Access Trade Association yang berpusat di UK, memberikan training and certification untuk member yang mempunyai manpower untuk rope access.

Tanya – haditomo_irawan

Rekan2 KMI dan IPCI,

Saya mohon pencerahan sehubungan dengan istilah Rope Access dan Certified IRATA. Mungkin ada rekan2 milis yang mnegetahui kedua istilah tersebut.

Tanggapan 1 – saoloan sihite

Dear Pak Hadi,

Rope Access adalah metode pekerjaan dengan menggunakan tali (rope) tanpa harus memakai alat bantu staging atau manlift. biasanya digunakan untuk pekerjaan maintenanance untuk gedung bertingkat dan patung-patung yang tinggi. sedangkan untuk pekerjaan marine dan offshore, biasanya metode ini dipakai untuk menghemat biaya staging atau heli untuk installasi, maintenance repair, inspection/NDT, welding, water blasting, painting dll.

IRATA adalah Industrial Rope Access Trade Association yang berpusat di UK, memberikan training and certification untuk member yang mempunyai manpower untuk rope access.

untuk lebih jelas Bapak bisa ke www.irata.org seandainya Bapak membutuhkan service ini, kita bisa membantu Bapak.

thank you and have a nice day.

Tanggapan 2 – Sabandi Ismadi

Yth pak Hadi

Rope access adalah metoda pekerjaan diketinggian yang aman, cepat dan effisien dibandingkan pekerjaan dengan Gondola dan Scaffolding

Pekerjaan-pekerjaan diketinggian yang bisa menggunakan rope access adalah

1.Painting dan Blasting

2.Inspection dan NDT contohnya Jacket Platform , pipline unacceable

3.Welding dan Brazing

5.Derig Building

6.Window cleaning (untuk membersihkan gedung-gedung bertingkat)

7.dll

Rope access yang certified by IRATA recognize di 40 Negara yang mengaplikasikan rope access IRATA adalah = Industrial Rope Access Trade Association. Disamping teknisinya harus certified IRATA perusahaan yang mengapplikasikan harus menjadi Member company IRATA ada 2 type member yaitu Operator member dan Training Member, yang akan selalu di audit oleh IRATA melalaui accessor nya setiap 1 tahun sekali (surveilence audit)

Operator member = adalah perusahaan yang di approved oleh IRATA sebagai operator pelaksana pekerjaan Rope Access

Training Member= adalah perusahaan yang specialize di pelaksanaa training dan mensertifikasi teknisi Irata

Satu perusahaan bisa sekaligus menjadi Operator dan trainer, saat ini perusahaan kami baru Operator company saja dengan No member IRATA : 3032/O

Tanggapan 3 – Admin Migas

Pertanyaan anda sudah dijawab secara jelas oleh beberapa rekan milis.

Kebetulan KMI pernah mengadakan beberapa kali seminar Rope Access dengan instruktur yang certified IRATA.

Silahkan mengunduh presentasinya di URL :

http://www.migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=330&Itemid=42