Water filter tidak perlu diganti jika baru beberapa bulan; namun media filtrasinya yang perlu menjadi perhatian. Jika media filtrsinya menggunakan membrane (apakah itu UF ataukan RO), maka bisa dilakukan pembersihan saja dengan menggunakan membrane cleaner. hal inidimungkinkan jika kualitas air baku cukup baik, kecuali kualitas air bakunya sanagt buruk sehingga umur pakai medianya menjadi lebih pendek. Biasanya, media filtrasi kurang efektif jika dibersihkan dengan menggunakan ‘air gun’; yang lebih baik adalah menggunaan air dan atau bahan kimia tertentu yang memang berfunsgi sebagai cleaning agent (tentu yang memenuhi standar food-grade).

Tanya – tasroni asroni

Bapak dan Ibu sekalian,

Mau tanya?

1. Apakah benar water filter harus diganti dengan yang baru setelah di pakai beberapa bulan dan tidak boleh di pakai lagi?

2. Adakah aturan yang menyatakan bahwa Water filter untuk di distribusikan untuk minum dan mandi tidak boleh dibersihkan dengan air gun (angin) atau di cuci dengan air dari kran?

Tanggapan 1 – And Riawan

1. sebaiknya begitu, karna pori2 filternya mungkin sudah rusak dan terisi mikroba/ bakteri . . . dalam hal ini si pemilik filter lebih tahu mengenai keadaan filternya . . . .; lihat juga masa garansi, jika masih dalam masa garansi sudah harus diganti maka perlu di cari penyebab masalahnya . . .

2. Lihat spesifikasi filternya, apakah boleh di bersihkan pakai air gun? jika boleh, silahkan saja, tetapi sebaiknya tidak dilakukan karena akan semalkin memperbesar pori2 filter. pori2 filter membesar, maka kemungkina bakteri lolos semakin besar. cukup dibilas menggunakan air kran yang sudah melewati filter sejenis . …

Demikian, semoga membantu

Tanggapan 2 – imamlumas

mas roni, salam kenal

saya selain bergerak di bidang pelumas; juga bergerak dibidang kimia dan water treatment.

sepengetahuan saya, water filter tidak perlu diganti jika baru beberapa bulan; namun media filtrasinya yang perlu menjadi perhatian. jika media filtrsinya menggunakan membrane (apakah itu UF ataukan RO), maka bisa dilakukan pembersihan saja dengan menggunakan membrane cleaner. hal inidimungkinkan jika kualitas air baku cukup baik, kecuali kualitas air bakunya sanagt buruk sehingga umur pakai medianya menjadi lebih pendek.

biasanya, media filtrasi kurang efektif jika dibersihkan dengan menggunakan ‘air gun’; yang lebih baik adalah menggunaan air dan atau bahan kimia tertentu yang memang berfunsgi sebagai cleaning agent (tentu yang memenuhi standar food-grade).

demikian, semoga maklum adanya.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: