Internal Coating lebih cederung digunakan untuk pipa CS yang dilalui oleh liquid yang korosif. Kemungkinan apabila owner meminta internal coating agar lebih save dan umur pipa juga lebih panjang. Pengalaman pernah mengerjakan internal coating terutama pipa, butuh kesabaran baik saat blasting, coating dan repair maupun inspeksi . Hal yang perlu diperhatikan adalah internal dapat dilakukan dengan sambungan pipa Flange to Flange (umumnya bagian flange yg diwelding dengan pipa bagian dalamnya di grinding dulu dan bibir flange diusahan untuk di tapper, sehingga tidak tajam).sehingga nantinya material coating tidak rusak.

Tanya – Nur Kumeidi

Dear milister,

Ada yang saya ingin tanyakan ke pada rekan2 migas tentang internal coating :

1. Fluida yang mengalir / jenis material pipa seperti apakah yang mengharuskan pipa untuk dilakukan internal coating?Apakah LPG termasuk fluida yang menyebabkan korosif pada pipa?

2. Setelah dilakukan pengelasan pada pipa/fitting bagaimana cara melakukan internal coating yang rusak akibat panas dari proses pengelasan?Terutama pada spool2 pendek dan banyak fitting2 (berbelok-belok).

Terimakasih.

Tanggapan 1 – M. Teguh

Pak Kumeidi,

Sependek pengetahuan saya LPG tidak korosif.

Perlu tidaknya internal coating ditentukan berdasarkan fluidanya. Misalnya pipa CS untuk dialiri steam tidak perlu dilining, tapi kalau dialiri air laut harus dilining.
Pipa yang dilining/internal coating biasanya yang ukuran besar (orang bisa masuk). Untuk ukuran kecil, sambungannya pipa ke fitting menggunakan flange to flange semua, dan bukan di las.

Tanggapan 2 – Nur Kumeidi

Dead pak teguh,

Diproject saya sekarang untuk fluida LPG menggunakan internal coating atas permintaan owner, setelah saya tanya mereka bilang mengacu pada project2 yang lain. Tapi saya belum mendapatkan jawaban yang sreg dihati (sesuai dengan regulasi). Pipa yang digunakan adalah 2′-12′. Internal coating menggunakan alat semacak spray package yang bisa masuk ke dalam pipa. Tapi untuk pipa dibawah 3′ alat tersebut tdak dapat masuk. Mungkin temen2 yang sudah punya banyak pengalaman dibidang per-coating-an bisa menjelaskan.

Tanggapan 3 – hasanuddin_inspector

Mgkn krn jenis materialnya non low temp steels, jadi perlu di coating. Fungsi coating lebih ke arah faktor insulasi, menjaga temperatur cryo-nya LPG.

Klo udah pake low temp steel yg sesuai rasanya tidak diperlukan coating.

Rasanya, faktor ekonomis lebih dominan dalam case ini, jadi seleksi materialnya tidak menggunakan low temp steels dengan mengaplikasi coating/insulasi.

Just opinion aja.

Tanggapan 4 – Norman Mokoginta

Halo Pak Nur,

1.Korosi terjadi apabila ada unsur penyebabnya tercukupi

ada Steel/Besi, Udara dalam hal ini O2 dan Air/H20
salah satu dari 3 ini tidak ada tidak ada korosi. Umumya LPG tidak korosif tehadap Copper dan besi, tapi tdak pada alloys aluminium atau aluminium, normallnya ada testing untuk ini sesuai NPGA LPG testing korosi (ASTM Method D-130-56 Tabel I), pada beberapa kasus ada coating pada internal pipe untuk lebih pada flow efficiency saja, krn permukaan coating relatoif lebih halus sehingga friksinya kecil, biasanya single coat.

2. pada welding seams dan fitting salah satu applikasi yang memungkinkan adalah paint/cat, kontraktor applikasi painting memiliki peralatan untuk pekerjaan ini sedangkan specifikasi dan prosedur dan support pengawasan teknis dapat dimintakan ke coating material manufactur.Bahasa di dunia coating applikator nya adalah Hollo paint equipment.

Tanggapan 5 – herlan syah

Dear Pak Kumeidi,

internal coating memang lebih cederung untuk pipa CS yang dilalui oleh liquid yang korosif.mungkin owner bpk meminta internal coating agar lebih save dan umur pipa jg lebih panjang.pengalaman pernah negerjain internal coating terutama pipa ya butuh kesabaran baik saat blasting, coating dan repair maupun inspeksi . hal yang perlu diperhatikan adalah sbb:

1. internal dapat dilakukan dengan sambungan pipa Flange to Flange (umumnya bagian flange yg diwelding dengan pipa bagian dalamnya di grinding dulu dan bibir flange diusahan untuk di tapper, sehingga tidak tajam).sehingga nantinya material coating tidak rusak.

2. untuk pekerjaan blasting usahakan menggunakan cyrcle blast or blasting dengan nozzle siku.

3. Coating bisa menggunakan pipe coater atau spinning untuk pipa small dia (> 4′)

4. Inspeksi HDT untuk deteksi pinholl mesti teliti dan cermat dengan brush HDT. repair pinholl kadang kala sulit dilakukan apalagi dengan panjang pipa 12 m.

Semoga membantu,