Di tempat saya bekerja menggunakan engine Waukesha type L5774LT akhir akhir ini sering shutdown dengan indikasi Waukesha ESD 222 (Waukesha customer ESD). Yang ingin saya tanyakan apakah penyebab shutdown tersebut ? karena parameter sebelum shutdown ttersebut semua dalam kondisi OK.

Tanya – ‘Ahmad Imron’

Dear rekan,

Saya mau Tanya, di tempat saya memakai engine Waukesha type L5774LT akhir akhir ini sering shutdown dengan indikasi Waukesha ESD 222 (Waukesha customer ESD). Yang ingin saya tanyakan apakah penyebab shutdown tersebut ? karena parameter sebelum shutdown ttersebut semua dalam kondisi OK.

Tanggapan 1 – migas.denny

Waukeshanya untuk genset atau comp. ESD222 penyebabnya adalah triger dari luar ESM. Saya pernah mengalami ternyata pentrigernya adalah GCM (generator control module) dimana di GCM mendeteksi masalah di system proteksi genset. Coba cek system control dari waukesha genset tersebut cari pentrigger dari ESD222.

Tanggapan 2 – Ahmad Imron

Dear Pak Denny,

Waukesha kami adalah engine driver untuk compressor. Apakah trigger nya dari RC 2000 ?

Tanggapan 3 – migas.denny

Kalau untuk compressor saya belum pernah sentuh. Tapi intinya bisa dicari koneksi input pin 15 dari customer interface harness di ESM dapat inputan dari mana. Atau konektornya yang jelek. Mungkin bisa dicek dari wiring diagram waukesha & file ESM ESP E-Help di ESP.

Tanggapan 4 – Siswoyo Warta

Coba check ‘first alarm’ di Altronicnya.

Engine shutdown karena altronic kirim ESD signal.

Cust ESD ada di pin 15 module ESM (tapi sulit cari lokasinya).

Ikuti langkah sbb:

1. Jika masih terima signal ESD222, jangan ‘RESET’ panel altronic.

2. Cari kabel bertuliskan ‘ESD’ dari harness ESM ke panel altronic (kabel warna kuning atau hijau).

3. Periksa di terminal dikabel ‘ESD’ tsb, signal 24 VDC dari altronic (biasanya via Relay), Jika 0 volt artinya ALtronic kirim ESD.

4. Lepas kabel ‘ESD’ tersebut, kemudian inject +24 volt dari battery.

5. Kalau ESD222 hilang, ya runut ke arah Panel, cari root causenya refer ke First out shutdown. (Jangan lihat alarm-alarm selanjutnya ea. low oil press atau gas press). Check relay ESD dan Fuse-nya.

6. Tekan ‘RESET’ dipanel, periksa lagi terminal ESD, jika ada signal 24vdc, artinya relay dan fuse OK.

Tanggapan 5 – Agung Widyantoro

Pak Ahmad,

Engine Waukesha kami tipe L7042GSI.
Pernah mengalami ESD 222, dan memang benar sesuai petunjuk dari ESM adalah terjadi karena faktor eksternal.

Setelah di runut ternyata problem ada di panel control (dalam hal ini Enercon panel), dimana terjadi loose contact antara kabel dengan battery sehingga voltase nya kadang ada kadang tidak.

Tanggapan 6 – Novriandy Darmawan

Pak Imron,

Kalau begitu pak imron bisa cek secara keseluruhan dengan semua wiring di engine dan kompressor bapak. Kemungkinan bisa juga dari kompressor bapak, karena kalau dari engine biasanya ESM yang memberi signal (bukan external). Biasalah pak kalau engine running normal tanpa shutdown kadang ada saja gangguan kecil yang bisa membuat shutdown. Koneksi wiring battery juga perlu di cek,siapa tau ada yang loose contact alias putus nyambung putus nyambung kayak lagu BBB hehehe..

Susahnya begitulah pak, kalau engine habis shutdown tetapi di start kembali seperti tidak ada masalah kita susah untuk menganalisa darimana signal yang men-trigger utk shutdown tsb.

Tanggapan 7 – Agung Widyantoro

Pak Ahmad,

Engine Waukesha kami tipe L7042GSI.

Pernah mengalami ESD 222, dan memang benar sesuai petunjuk dari ESM adalah terjadi karena faktor eksternal.
Setelah di runut ternyata problem ada di panel control (dalam hal ini Enercon panel), dimana terjadi loose contact antara kabel dengan battery sehingga voltase nya kadang ada kadang tidak.