Holding time untuk pipa penyalur mengacu ke surat keputusan Migas No. 84.K th 1998, dimana 8 jam utk offshore dan 24 jam utk onshore (mohon koreksinya). Tetapi hal ini dikurangi jika end-user mengajukan prosedur hyrotest utk disetujui Migas lwt PJIT.

Tanya – iwan roesdianto

Rekan2 yang baik hati mhn pencerahannya. Sebetulnya berapa jam sih waktu holding time hydotest utk Flowline ataupun pipeline. Kami sdh mengikuti code ANSI B31.8 dimana disebutkan minimal 2jam waktu holding time tp PJIT tdk menyetujui, jadinya mengulang lagi.
Tks atas pencerahan yang diberikan.

Tanggapan 1 – iwan saputra

Pak Iwan, coba lihat di client spec dan biasanya ada di buku panduannya dari client. Kalau kami lakukan di project kami di Duri , biasanya hydrotest itu 4 jam karena acuan client kami 4 jam walau international standard nyatain 2 jam.
Khan lebih tinggi client spec dibanding standard atau code.

Tanggapan 2 – jagoanneon11

Pak Iwan,

Holding time utk pipa penyalur mengacu ke surat keputusan Migas No. 84.K th 1998, dimana 8 jam utk offshore dan 24 jam utk onshore (mohon koreksinya). Tetapi hal ini dikurangi jika end-user mengajukan prosedur hyrotest utk disetujui Migas lwt PJIT. Yang saya heran, sehrsnya PJIT sdh melakukan review prosedur hydrotest sblm pelaksanaan dan memberi masukan ke end-user ato kontraktor.

Tanggapan 3 – And Riawan

ini bukan koreksi:

Pak Jagoanneon – – kemarin kami & teman2 kontraktor melakukan hidrotes untuk
pipa di jawatimur selama 24 jam . . . (sesuai prosedur yg sudah di sepakati) .

Tanggapan 4 – hari Prastyo

Dear all,

Saya sedikit share saja selama saya belajar di perusahaan saya sekarang.

Sebelum kami melakukan fabrikasi atau installasi, kami mengajukan procedure2, termasuk salah satunya procedure hydrotest ke QC Engineer client/company. Pastinya procedure yg kami buat harus merefer dr standard, code & spec company yg dipersyaratkan oleh client/company. Jika kami tdk mengikuti pembuatan procedure2 itu dr awal, dg mudah saja kita ikuti procedure yg sudah diajukan perusahaan kami tsb dan tentunya sudah di approve oleh company. Andai dalam aplikasi nya kita kerja sudah sesuai procedure tsb kita masih disalahkan kita bisa complaint balik, kan sudah di approve sama client.
Smoga sedikit share dr saya ada manfaatnya, dan mohon di koreksi bila ada kesalahan dr bapak2 yg lebih senior dr saya…..