Apa sih ruang lingkup kerjaan yang akan dihadapi oleh seorang instrument engineer dilapangan nanti ?? Kriteria2 seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi instrument engineer ??

Tanya – deanazein

Dear all, perkenalkan nama saya dean dan saya baru saja lulus dari jurusan teknik fisika.

Maaf jika pertanyaan saya terlalu sederhana, saya ingin bertanya tentang instument engineer karena saya merasa tidak tahu medan yang akan saya hadapi dilapangan kerja nanti.

pertanyaannya:

1. apa sih ruang lingkup kerjaan yang akan dihadapi oleh seorang instrument engineer dilapangan nanti ??

2. kriteria2 seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi instrument engineer ??

Untuk sementara sekian dulu pertanyaan dari saya, sebenarnya banyak yang ingin saya tanyakan untuk sekarang yang terpikir hanya itu saja.

Mohon pencerahannya dari anggota milis yang sudah berpengalaman.
terima kasih atas responnya.

Tanggapan – Edi Saputra

Saya urun jawaban ya, kebetulan dulu pernah jadi instrument engineer di Duri, Riau:

1. Ruang lingkup

– design/perancangan proses pengukuran, seperti berapa banyak minyak & gas yang mengalir dari sumur, berapa level fluida di tangki pengumpul, berapa % basic sediment & water content dsb.

– design/perancangan pengendalian proses, terutama pressure, temperatur & volume/debit. Bagaimana mengontrol tekanan/suhu/debit dari fluida dengan menggunakan alat ukur / instrumentasi dan alat kontrol yang ada seperti sensor, transmitter, control valve yang biasanya dikendalikan oleh pengendali elektronik (PLC, RTU, DCS dsb.).

– design/perancangan SCADA, kadang melakukan pemrograman screen interface di komputer pengendali juga.

– installasi, commissioning serta start up dari sistem tersebut di lapangan sampai sistem tersebut siap untuk dioperasikan

– modifikasi dari sistem yang sudah berjalan

– biasanya job desc instrumentation engineer tidak termasuk pengoperasian dan pemeliharaan, karena ini ditangani oleh bagian operasi & maintenance.

Biasanya kalau kerja di oil company lebih banyak ke arah desain & supervisinya karena proses EPCnya dioutsource. Kalau kerja sebagai kontraktor, selain desain, banyak terlibat ke proses pemasangan & instalasinya langsung.

2. Kriteria:

– menguasai rumus2 & perhitungan hubungan antara tekanan, suhu, laju, dsb

– menguasai cara kerja alat2 instrumentasi

– PLC programming

– harus sering ke lapangan terutama saat proses commissioning & start up.