Untuk mencari supplier Cable tidak susah dan banyak. Tapi sebelum itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan: 1. Voltage : LV, MV ? V; 2. Refer ke standard apa? IEC, NEC, JIS etc; 3. Lokasi pemasangan, Under ground/above ground/Cable tray/ladder; 4. Dll. Semua itu biasanya dirangkum dalam form data sheet cable. Supplier/manufacturer akan refer data sheet ini dengan product nya. Begitu juga Engineer mengisi data sheet biasanya refer ke product tertentu misalnya Kabel Metal, Sumi, Supreme dll.

Tanya – Anton Ramli

Dear Milister,

Mohon informasi supplier cable power dan instrument cable untuk pompa.
Kalau ada yang tahu silahkan japri.

Tanggapan 1 – Dony Wibowo

Kebetulan topiknya mirip mau nanya nih ke milis,

Adakah kabel HMWPE yang menggunakan armoured, kalau ada apa nomenclature kabelnya dan brandnya?

Tanggapan 2 – Kunarta Djayaputra

Teman2,

Untuk mencari supplier Cable saya kira engga susah dan buanyak. Tapi sebelum itu ada beberapa langkah yang harus dilakukan,

1. Voltage :

LV, MV ? V

2. Refer ke standard apa? IEC, NEC, JIS etc

3. Lokasi pemasangan,

Under ground/above ground/Cable tray/ladder

4. Dll

Semua itu biasanya dirangkum dalam form data sheet cable.

Nah supplier/manufacturer akan refer data sheet ini dengan product nya. Begitu juga Engineer mengisi data sheet biasanya refer ke product tertentu misalnya Kabel Metal, Sumi, Supreme dll.

Karena percuma juga kalo bikin data sheet tapi engga ada yang jual.

Tanggapan 3 – berlian syako

Pak Dony,

Kabel HMWPE (High Molecular Weight Polyethilene) selalu dipakai untuk Cathodic Protection karena sifat bahan isolasinya yg lebih tahan bersentuhan langsung dengan lingkungan yg asin (sea water atau daerah pantai). Misalnya penggunaan kabel HMWPE untuk aluminum anode bracelet untuk subsea pipeline. Saya belum pernah tahu apakah ada kabel HMWPE yg pakai armore karena kabel tsb tidak pernah dipakai untuk power cable.

Tanggapan 4 – Dony Wibowo

Baik Pak, terima kasih atas infonya.