Mohon pencerahan yield stess (psi) min dan max untuk AISI 4140 serta yield stess (psi) min dan max untuk AISI 4145.

Tanya – d basyahraheel

Bapak2 and Ibu2,

Mohon pencerahan yield stess (psi) min dan max untuk AISI 4140 serta yield stess (psi) min dan max untuk AISI 4145. kalau ada yang punya tabelya boleh di sharing..atas bantuan dan tanggapannya saya ucapkan terimakasih banyak.

Tanggapan 1 – rery dwi saputra

Pak Basyahraheel,

Untuk data sheet material bisa coba check di www.matweb.com , disitu cukup lengkap untuk data sheet material AISI beserta heat treatmentnya..

semoga membantu,,

Tanggapan 2 – Leryflounder

Untuk 4140 nilainya variatip mulai dari 65000 psi- sampai 148000 psi tergantung size dan proses condition. Untuk 4150 nilainya mulai dari 43000psi – 188000 psi tergatung size dan proses condition. Proses condition disini seperti anealing, quench temper atau normalizing. Sumber Asme Handbook -metal properties 1st edition.

Tanggapan 3 – honotjipto

Dear All,

Bapak2 sekalian ada hal yg selalu luput dari pengamatan kita selama ini, yaitu material yg beredar di Indonesia adalah material JIS atau DIN , yg kita tahu equivalen nya dari MATWEB dimana equivalen itu hanya mirip / mendekati dalam chemical composition nya saja tetapi mechanical properties nya bisa2 jauh berbeda. Apabila material itu di gunakan utk industri perminyakan yg mengacu ke API , misal kan API 7-1utk rotary shoulder connection, di API 7-1 ini semua persyaratan material nya adalah mechanical properties.

Jadi kalau mengacu MATWEB yg di perhatikan hanya chemical composition nya( mechanical strength nya bisa lain ) , padahal di API 7-1 yg di perhatikan adalah mechanical strength ( kekuatan nya ).
Tidak lah heran kalau banyak peralatan yg mengunakan material 4140 local ( padahal DIN / JIS ) yg tidak sesuai kekuatan mechanical nya dgn API 7-1 sehingga menimbulkan masalah.

Sebaik nya utk menghindari permasalahan pakailah AISI 4145 yg benar ( bukan equivalen/mirip ), yg mana pada mill certificate nya jelas2 di tulis AISI 4145 bukan DIN atau JIS.

Tanggapan 4 – Leryflounder

Pak hono, ikut menambahkan, untuk pengunaan seperti contoh spec-7 untuk rotary drill stem elements material req tidak disebutkan spesifik grade mana yg di wajibkan,tetapi spesifikaainya harus jelas -chemikal comp limit,heat treat cond,mech properties limit. jadi bila bila spesifikasinya masuk dalam persyaratan maka material tersebut bisa di gunakan.

Tanggapan 5 – honotjipto

Dear All,

Di situ lah kelemahan para purchaser / buyer, mereka tidak tahu spec yg di perlukan tetapi mereka cuma ikut2 senior nya biasa order pakai material 4140 , dan vendor nya ( dasar pedagang ) ya kasih aja yg ADA sambil kasih data MATWEB kalau ini equivalen. User / buyer biasa nya tidak menguasai API 7-1 dan selalu dengar kalau 4140 itu OK ( kalau 4140 yg benar , bukan equivalen ). Disini lah ke simpang siuran informasi masalah 4140 dan 4145.

Bagi buyer kalau mau aman sebaik nya selalu minta 4145 karena belum pernah saya melihat ada material equivalen nya yg beredar di jakarta. Dan tolong bagi pedagang / businessman yg tahu betul masalah ini jangan memanfaat kan ke tidak tahuan customer anda, karena kerugian yg bisa di timbulkan jauh lebih besar dari harga barang tersebut malah2 bisa menimbulkan korban.