Harga pekerjaan bore pile itu per M1 (Meter lari) tapi ada item cost mod/demob dan biasanya ada batas minimum order katakan sekian m1, jika ada case pada titik tertentu final set dicapai sebelum tercapai kedalaman rencana (sesuai data soil test) misalnya bor head sudah benar2 mentok maka harus dilihat kembali apakah kumulatif progess sudah melampaui minimum order atau belum? jika sudah terlampaui maka ini bisa dinyatakan sebagai reduction work, sebaliknya jika sampai kedalaman rencana, final set belum tercapai misalnya dielevasi rencana ketemu tanah lunak/muddy maka pengeboran harus dilanjutkan sampai benar2 mentok, untuk ini subkont borpile bisa mengajukan additional work untuk unit price reduction work & additional work seyogianya harus sama.

Tanya – Ijef effendy

Dear Rekans Migas,

Saya mau sounding dari rekans migas mengenai pekerjaan bore pile untuk penetapan estimasi harga, apakah sama satuan harganya jika kedalaman bore pile tsb tidak sama.tolong pencerahan.

Tanggapan 1 – donny rico m

Pak…

ini maksudnya di proporsionalkan gitu? contoh: kedalaman 15m harga x. kalau kedalaman 18 maka harganya 18/15 * x. maksudnya gitu? bisa aja sih….cuma sepertinya akan dipaksakan.

harga bore pile, akan tergantung dari beberapa hal: jenis pile (square or diameter), kekuatan pile (biasanya K500), kedalaman, ukuran dari pile dan juga metode pengujian load test (PDA, PIT) yang diambil dari persentase yang akan diuji seberapa yakin nya anda.

belum lagi asesories nya seperti pile handling dan equipment, pekerjaan cutting, levelling ground, no of riggers dan driver yang mau dipake, dll.

tapi kalau untuk estimasi, boleh2 aja Pak..

Tanggapan 2 – ferry silaban

Mau kasi tanggapan dikit

Sepengetahuan saya, harga pekerjaan borpile itu per M1 (Meter lari) tapi ada item cost mod/demob dan biasanya ada batas minimum order katakan sekian m1, jika ada case pada titik tertentu final set dicapai sebelum tercapai kedalaman rencana (sesuai data soil test) misalnya bor head sudah benar2 mentok maka harus dilihat kembali apakah kumulatif progess sudah melampaui minimum order atau belum? jika sudah terlampaui maka ini bisa dinyatakan sebagai reduction work, sebaliknya jika sampai kedalaman rencana, final set belum tercapai misalnya dielevasi rencana ketemu tanah lunak/muddy maka pengeboran harus dilanjutkan sampai benar2 mentok, untuk ini subkont borpile bisa mengajukan additional work untuk unit price reduction work & additional work seyogianya harus sama
silahkan ditambahi rekan lain.

Tanggapan 3 – Rheza Siregar

Dear Pak Martono,

Setau saya sama harga satuannya pak untuk kedalaman pengeboran yang berbeda-beda. Dulu di tempat saya bekerja, yang membedakan harga satuan itu adalah dari diameter bored pilenya, metode drillingnya, dan juga yang paling penting dari jenis tanahnya.
Harga untuk pengeboran di soft to stiff soil pasti lebih murah dibandingkan dengan harga untuk pengeboran di rock layer. Karena untuk pengeboran di batuan akan membutuhkan tools yg khusus dan mahal. Selain itu durasi pengeboran juga akan lebih lama, yang berarti bahan bakar yang digunakan heavy equipment kita juga akan lebih banyak.
CMIIW.