Di tempat saya magang terdapat storage tank Propylene yang tiap pagi di spray (bertujuan untuk cleaning). spray juga diterapkan bila ada filling operation bahan baku tsb. (guna pendinginan tangki agar tidak Ovpres). namun di sisi lain, spray tsb malah menimbulkan masalah baru, yaitu menggenangnya air di sekitar/bawah tangki dan juga memunculkan lumut yang lumayan banyak. mohon sharing ilmunya dari para dermawan ilmu untuk berbagi.
note : spray pake air.

Tanya – Syahrul Mubarok

Rekan2 milis yang terhormat,

Di tempat sy magang terdapat storage tank Propylene yang tiap pagi di spray (bertujuan untuk cleaning). spray juga diterapkan bila ada filling operation bahan baku tsb. (guna pendinginan tangki agar tidak Ovpres). namun di sisi lain, spray tsb malah menimbulkan masalah baru, yaitu menggenangnya air di sekitar/bawah tangki dan juga memunculkan lumut yang lumayan banyak. mohon sharing ilmunya dari para dermawan ilmu untuk berbagi.

note : spray pake air.

Tanggapan 1 – mmunarist

Cak Syahrul,

Masalah utama sebenarnya adalah sistim drainage (saluran air buangan) di dekat tanki sudah ada/ memadai belum? Jika ada, apakah saluran tsb berfungsi secara baik atau tidak?

Masalah lain yang harus dikonsider:

1. Pondasi di bawah tangki tsb berupa beton atau struktur baja bertingkat?

2. Apakah level permukaan di bawah pondasi cenderung tidak rata?

3. PH dan jenis air yang digunakan untuk menyemprot. Menggunakan air sumur yang seperti apa? Karena pasti air sisa semprotan memiliki temperatur relatif hangat/panas. Hal inilah yg menjadi media tumbuhnya jenis lumut-lumutan.

Tanggapan 2 – haryo bhimo

Pak Syahrul, apakah yang dimaksud ini di-spray diluar tangki/didalam tangki?

kalau diluar tangki bukankah cukup diberi saluran untuk drain saja, selama tangki kering maka lumut jg pasti hilang.
mohon maaf kalau salah paham

Tanggapan 3 – rofi@sulfindo

Pak Syahrul,

Tuk mematikan lumut di beri cairan sodium hypochlorite 5% pak atau ‘b******e’ nama dagangnya (pemutih pakaian) tapi yg banyak karena konsentrasinya rendah. Terus untuk menguras air di dalam tanki dengan level yg rendah dibuatkan ejector dari udara tekan, efek vacuumnya untuk menyedot air dan dibuang keluar. Semoga membantu.