Isi dari cartridge/canister adalah carbon active yang berfungsi sebagai saringan untuk bau, warna atau kotoran. Bila digunakan bekerja dalam kondisi uap B3 secara terus menerus akan mencapai titik jenuh, semakin banyak konsentrasi uap B3 semakin cepat mencapai titik jenuh. Jadi bila sudah tembus uap B3 atau susah saat menarik nafas, sebaiknya segera di ganti. Perlu Kita perhatikan, cartridge/canister hanya digunakan di open space dengan konsentrasi uap B3 tidak terlalu beracun/banyak. Bila konsentrasi uap B3 terlalu banyak/sangat beracun (sudah mencapai STEL atau Ceiling) atau bekerja di area confined space sebaiknya menggunakan SCBA.

Tanya – dessy gultom

Bapak, Ibu Yth…

Mohon penjelasannya ya…mengenai masa pakai canister filter/cartridge dari masker.
Memang telah tertera di labelnya masa kadaluarsanya, namun jika kondisi sudah dipakai dengan asumsi pemakaian 8 jam kerja per hari, kira-kira kapasitasnya tahan berapa hari pakai (tentu selain kita cek kondisi fisiknya dan sulit/tidak mengambil napas jika pakai).

Lalu, jika dengan asumsi kandungan oksigennya oke, pada penyimpangan berapa persen dari NAB gas beracun tertentu (sebelum STEL/Ceiling) masih bisa kita gunakan canister/cartridge (belum perlu menggunakan air supply respirator/scba) ?

Mohon pencerahannya ya Bapak, Ibu.

Terima kasih.

Tanggapan 1 – Ahmad Imron

Dear mbak Deasy

Gak usah repot-repot pake rumus atau alat tertentu dalam penentuan umur canister/filter.
Masing-masing canister tsb punya karateristik tersendiri. Kita juga tidak tahu seberapa pekat uap chemical yang kita hadapi.
Semakin pekat uap chemical tentunya semakin cepat mencapai titik jenih canister yang kita pakai.

Cara yang paling sederhana adalah sekiranya bau uap chemical sudah tembus sampai ke penciuman kita, tukar saja dengan yang baru. Atau kalau kita merasa memasuki area dengan kepekatan yang tinggi, juga langsung tukar dengan yang baru saja.
Air suplly respirator/SCBA/air line system dipakai untuk pekerjaan yang memakan waktu cukup lama dan tidak melulu harus ada uap chemical.
Contoh : aktivitas dalam Vesel yang mana kandungan oksigennya minim.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Imam Shoberi

Sekedar manambahkan saja.

Isi dari cartridge/canister adalah carbon active yang berfungsi sebagai saringan untuk bau, warna atau kotoran. Bila digunakan bekerja dalam kondisi uap B3 secara terus menerus akan mencapai titik jenuh, semakin banyak konsentrasi uap B3 semakin cepat mencapai titik jenuh. Jadi betul yang disampaikan Pak Imron yaitu bila sudah tembus uap B3 atau susah saat menarik nafas, sebaiknya segera di ganti.

Perlu Kita perhatikan, cartridge/canister hanya digunakan di open space dengan konsentrasi uap B3 tidak terlalu beracun/banyak. Bila konsentrasi uap B3 terlalu banyak/sangat beracun (sudah mencapai STEL atau Ceiling) atau bekerja di area confined space sebaiknya menggunakan SCBA.

Terimakasih dan salam,