Unit yang biasa dipakai untuk level measurement adalah %. Measurement ini linear karena yang diukur adalah level dari tinggi tabung (untuk tabung vertikal) dan level dari inside diameter (untuk tabung harizontal). Kalau anda menggunakan differential pressure transmitter maka untuk menghitung range transmitter, pertama-tama lihat dulu berapa setting low-low level (LLL)-nya dan high-high level (HHL)-nya. Selanjutnya tentukan high dan low tapping point untuk transmitternya. Sebaiknya high tapping point diposisi lebih atas dari HHH dan low tapping point lebih rendah dari LLL. Jika jarak high dan low tapping point adalah A maka range transmitter anda adalah AxSG dimana SG adalah specific gravity dari liquid yang diukur. Ketinggian liquid di low tapping point diindikasikan di transmitter dengan 0% dan di high tapping point 100%.

Tanya – Sutrisno

Dear all,

Maaf jika pertanyaan saya ini terlalu basic, maklum saya masih kul…

Bagaimana cara menghitung range level transmitter pada suatu vessel yang pada umumnya berbentuk tabung, dengan kata lain penambahan levelnya tidak linear.

Apakah ada diantara rekan2 yang memiliki buku atau petunjuk untuk masalah ini???

Atas bantuannya saya ucapkan beribu terimakasih.

Tanya – Arief Rahman Thanura

Pada dasarnya pengukuran level dengan Differential Transmitter menggunakan prinsip bejana berhubungan. Dalam prinsip bejana berhubungan, bentuk kayak apapun, maka sepanjang connected maka level mereka akan selalu sama. Itu basic principalnya.

Detail menghitungnya, ya anda harus mengingat-ingat lagi prinsip-prinsip fisika mengenai besarnya tekanan di sebuah titik di kedalaman sebuah bejana.

Dicoba dulu Pak, kalau masih kuliah kan prinsip-prinsip dasarnya masih ingat. Saya yakin mas bisa, karena mas kan PRIA MASA DEPAN YANG CERAH.

Selamat membuka-buka lagi buku kuliahnya.

Tanggapan 1 – Kundono, Warih

Mas Sutrisno,

Unit yang biasa dipakai untuk level measurement adalah %. Measurement ini linear karena yang diukur adalah level dari tinggi tabung (untuk tabung vertikal) dan level dari inside diameter (untuk tabung harizontal).

Kalau anda menggunakan differential pressure transmitter maka untuk menghitung range transmitter, pertama-tama lihat dulu berapa setting low-low level (LLL)-nya dan high-high level (HHL)-nya. Selanjutnya tentukan high dan low tapping point untuk transmitternya. Sebaiknya high tapping point diposisi lebih atas dari HHH dan low tapping point lebih rendah dari LLL. Jika jarak high dan low tapping point adalah A maka range transmitter anda adalah AxSG dimana SG adalah specific gravity dari liquid yang diukur. Ketinggian liquid di low tapping point diindikasikan di transmitter dengan 0% dan di high tapping point 100%.

Perhitungan diatas dengan asumsi atm tank diukur dengan low pressure side dari DP transmitter di vent ke atm. Untuk tank yang pressurize atau transmitter yang punya wet leg, perhitungannya sedikit berbeda tapi prinsipnya perhitungannya sama, bejana berhubungan.

Saya sarankan anda untuk download (free) installation manual DP transmitter dari beberapa vendor seperti ABB, Rosemount, Yokogawa, dsb.

Tanggapan 2 – Agus Setijawan

Dear Pak Sutrisno,

Sebelumnya salam kenal dulu, pak. Berapa besar (%) penentuan low tapping point dan high tapping point terhadap LLL dan HHL settingnya? apakah ada standardnya, pak?

Apakah yang bapak maksud dengan LLL adalah Low Level Limit dan HHL adalah HLL (High Level Limit)?

Mohon pencerahannya pak

Tanggapan 3 – Sutrisno

Terimakasih banyak pak atas pencerahannya, saya mau baca dulu email bapak. Klo masih ada yg kurang jelas boleh saya tanya lagi pak?