Mohon pencerahannya pak tentang moda transport (solid & liquid coal) dg menggunakan pipeline, konsepnya seperti apa, referensi analisanya apa saja, ada code yg mengaturnya?

Tanya – karyo pelor

Dear All,

Mohon pencerahannya pak tentang moda transport (solid & liquid coal) dg menggunakan pipeline, konsepnya seperti apa, referensi analisanya apa saja, ada code yg mengaturnya? Mungkin sudah banyak yg mengerjakannya, mohon sharingannya pak, terimakasih.

Tanggapan 1 – gandi r setyadi

Sedikit ide saja, mungkin kalo u/ liquid coal via pipeline bisa mengacu ke ANSI B31.3.
Kalau u/ solid mungkin prefer code yang mengacu u/ Pipa Fibre Reinforce karena penggunaanya makai pneumatic conveyor system mungkin ya.

Tanggapan 2 – roeddy setiawan

Dear Pak Hariyo,

saya sih belum pernah mengerjakan untuk coal, tapi untuk parafin+asphalthene crude yang solidify di 100 F, saya pernah.

Untuk coal sebetulnya technology nya sama yang saya tahu ada dua model slury dan coal log.

yang model slury, coal nya di gerus dicampur air dg perbandingan 1/1 lalu dtinggal di pump lewat pipeline, husus untuk mode ini ada genius di Amrik, transporting 7 juta ton coal/year dari Rocky mountain ke power plant di nevada. coal nya di pisah di jual ke power company, air nya di olah jadi air minum. karena dr rocky, tinggal di glundungkan saja turun sendiri, hampir seperti kita nyedot bensin di tanki mobil, what a genius.

Jadi kalau pak Hariyo ketemu coal deposit, di bandung barangkali, tinggal di gerus campur air, kirim ke jakarta, coal nya di jual ke power plant, airnya ke pdam (kidding).

metoda ke dua model coal log, coal nya di bentuk log cilindrical, dengan diameter 10% kurang dari diameter pipanya, panjang nya 3 – 5 diameternya, tinggal di inject ke pipa, jadi seperti pipeline pig, coalnya suspended di selimut air. tinggal jalan saja ikut airnya.

katanya yang ini ongkos nya jauh lebih murah dari moda transport conventional. maupun slury. sebetulnya slury handling di indonesia juga ada, itu dari puncak jayawijaya yang bawa cooper & gold consentrate di glundungkan liwat pipa ke kapal.