Semen pemboran diatur di API Specifications 10A (Spesifikasi semen & material utk penyemenan) & 10B (pengujian semen pemboran). Standard lainnya adalah ISO 10426-1:2000 & ASTM (lupa nomornya). Yang paling banyak diadop adalah API Specs 10.

Tanya – fauzan haq

Saya mahasiswa tingkat akhir Teknik Gas dan Petrokimia UI. Saat ini saya sedang mencari informasi tentang spesifikasi semen yang digunakan dalam industri oil and gas, terutama untuk pengeboran. Saya mohon pencerahan tentang bagaimana spesifikasi semen yang digunakan. Selain itu, dimana saya bisa mendapatkan referensi yang lebih detail?
Terima kasih atas bantuan yang diberikan.

Tanggapan 1 – Doddy Samperuru

Pak Fauzan,

Semen pemboran diatur di API Specifications 10A (Spesifikasi semen & material utk penyemenan) & 10B (pengujian semen pemboran). Standard lainnya adalah ISO 10426-1:2000 & ASTM (lupa nomornya). Yg paling banyak diadop adalah API Specs 10. Walaupun API Specs 10 ini tidak tersedia gratis (Anda harus beli lewat www.api.org & harganya mahal), saya yakin kopinya tersedia di perpustakaan jurusan Anda, atau Teknik Perminyakan kampus-kampus, Lemigas atau juga bagian Labnya paberik semen (walaupun sebenarnya itu melanggar hak cipta di Amrik).

Krn Anda mahasiswa yg sedang belajar, saya akan memforward satu pdf file (500kb) ttg chemistry of cement ini ke japri.

Tanggapan 2 – Habib Baehaki

Pak Doddy,

Mbok ya sekolah-sekolah itu dikasih buku cementer itu, yang sekarang putih kalau dulu warna orange, di situ kan ada spec atau ada reference tentang jenis cement.

Tanggapan 3 – aang

Pak Fauzan,

cement ada pembagiannya sebanyak 4 (kalo nggak salah ya) dimana untuk penggunaan di oil&gas yang kandungan sulfatenya besar menggunakan cement type 4. (portlan cement type 1 = yang standari; type 2 = low setting time, type 3 = fast setting time, type 4 = durable to sulfate… yaaa kira2 begini deh).
Buku mengenai cement bisa dicari dalam Teknologi Bahan (kalo civil engineer) atau buka google dan cari aja portland cement type.

Tanggapan 4 – priyo priyo

Salam sejahtera,

Mas Perpustakaan Pertamina Pusat di Jal.Merdeka Timur 1A, disana anda bisa mengkopi referensi cement untuk Pemboran lengkap dan buku API nya tersedia, anda bawa kartu mahasiswa dan mendaftar sebagai anggota kemudian bisa meminjam apa saja urusan minyak yang baru juga ada.
Selamat belajar.

Tanggapan 5 – Jamrewav, Frank

Fauzan,

Dalam Cementing Technology dikenal sampai saat ini ada dua jenis cement:

a. Construction cement

b. Oilwell cement

kemudian dapat dibagi untuk a. Ada sistem type (I, II dsb), sedangkan untuk b. Oiliwell cement pembagiannya pakai class: class A, D, G, J.

yang banyak dipasaran untuk penyemenan sumur minyak adalah cement class’G’ – indocement dan cibinong cement setahu saya sudah memprodusinya.
Kemudian class ‘G sendiri ada yang disebut MSR (medium sulphate resistance) atau HSR – high sulphate resistance. Untuk class ‘D’ dyckerhoff itu entah masih beredar atau tidak tapi biasanya untuk deepwell cementation……… mungkin teman-teman yg ex Dowell Schlumberger.

Tepat sekali kata Broer Samperuru bahwa coba cari schedule 10 API – oilwell cement.