Ada yang punya experience dalam meng-upgrade metalurgi material pompa sea water untuk lebih tahan terhadap korosi? Pls sharing.

Tanya – Yohanes Subono

Rekan – rekan Yth.,

Ada yang punya experience dalam meng-upgrade metalurgi material pompa sea water untuk lebih tahan terhadap korosi? Pls sharing.
Terima kasih & salam hangat,

Tanggapan 1 – farabirazy albiruni

Bisa lebih spesifik untuk material apa, casing, impeller? Sekarang gunain jenis apa?

Tanggapan 2 – Stephen Rahmat (FGM)

Mas Yo,

Pengalaman saya dulu sewaktu memakai SS 316 maupun SS 316L, ternyata keduanya mengalami erosi yang luar biasa baik sisi casing maupun impellernya (yang satu multi stage centrifugal, dan yang lain single stage centrifugal). Setelah itu, saya ganti casing maupun impellernya dengan brass (kuningan) dan ternyata daya tahannya 2 x yang stainless steel. Sebenarnya material yang paling sesuai ialah Copper Nickel, tetapi harganya minta ampun mas. Saran saya, coba cari perusahaan yang dapat melakukan electroplating denganCopper Nickel atau paling tidak dengan Nickel saja, saya yakin akan cukup murah dan tahan terhadap air laut yang bersifat abrasive karena adanya suspended solid yang terikut (walaupun lautnya dalam dana kelihatan bersih sekalipun).

Tanggapan 3 – Tommy

Pak Yohanes,

Pengalaman saya di control valve, material yang tahan terhadap sifat korosif sea water ini adalah duplex st. st. Namun karena harganya yang super mahal, biasanya menggunakan aluminium bronze. Cara lain adalah dengan material iron cast biasa (standar) dimana bagian yang contact dengan air laut dilapisi dengan material yang tahan terhadap air laut ini misalnya teflon.

Namun saya kurang tahu apakah material pompa bisa menggunakan material seperti pada control valve.