PLC Royal Dutch Shell berencana meneruskan Phase 2 dari Campos basin Parque das Conchas project, 62 mil offshore Brazil.

PLC Royal Dutch Shell berencana meneruskan Phase 2 dari Campos basin Parque das Conchas project, 62 mil offshore Brazil.

Phase 2 akan mengembangkan lahan keempat di Block BC-10, Argonauta O-North.

Shell mengatakan full project akan memperoleh kita-kira 300 juta boe pada rata-rata kira-kira 100,000 boe/d.

Produksi dari tahap pertama Parque das Conchas di mulai pada tahun 2009 dari enam sumur di tiga lahan—Abalone, Ostra, dan Argonauta B-West. Phase 2 meliputi tujuh sumur pengembangan tambahan, yang akan memiliki TDs kira-kira 3,600 ft dibawah dasar laut.

Parque das Conchas adalah full-field development pertama dengan separate dan pump oil and gas dari dasar laut. Project memiliki 1,500-hp electric pumps untuk mengangkat 16-42° gravity oil dari wellheads untuk Espirito Santo floating, production, storage, and offloading vessel, yang ditambatkan di 780-m dari perairan.

Fasilitas di FPSO dapat memproses kira-kira 100,000 bo/d dan 50 MMcfd gas.

Shell mencatat bahwa untuk memperoleh rate produksi yang lebih baik, lahan dikembangkan dengan memperluas jangkauan, horizontal wells.

Operator Shell memegang 50% saham dalam pengembangan. Partnernya dalah Petroleo Brasileiro SA (Petrobras) 35% dan ONGC Videsh Ltd. 15%.

Sumber: www.ogj.com