Saya mempunyai modul Analog Input PLC dengan output 10Vdc, tegangan terukur di Junction Box sekitar 9.8Vdc.
Nah, dalam waktu dekat ini, saya mau mengganti device di field (PCV). PCV yang baru ini mengharuskan tegangan minimal 12Vdc agar fitur analisanya dapat digunakan.
Pertanyaannya: adakah alat untuk menaikkan tegangan dari 9.8Vdc ke 15Vdc tanpa menggangu sinyal 4-20mA?

Tanya – Pandu Pradana

Dear semua Rekan dan Senior MIGAS,

Saya ada sedikit pertanyaan seputaran instrumentasi. Saya mempunyai modul Analog Input PLC dengan output 10Vdc, tegangan terukur di Junction Box sekitar 9.8Vdc.
Nah, dalam waktu dekat ini, saya mau mengganti device di field (PCV). PCV yang baru ini mengharuskan tegangan minimal 12Vdc agar fitur analisanya dapat digunakan.
Pertanyaannya: adakah alat untuk menaikkan tegangan dari 9.8Vdc ke 15Vdc tanpa menggangu sinyal 4-20mA?

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Victor Johnson

Dear pak Pandu,

Coba gunakan Distributor.

Memang bukan sebagai penaik tegangan, namun hanya sebagai unit penyesuai antara field transmitter two-wire type ke keluaran 4-20mA, karenanya butuh eksternal power.

Lebih lengkapnya berikut brosurnya terlampir… (Japri).

Tanggapan 2 – irsan

Dear Pak Pandu,

Untuk instrumen memang jarang sekali untuk step up seperti ini karena tidak standar instrument ( harus modifikasi non unit dan umumnya tidak presisi dan reliable ). Umumnya PCV tersebut harusnya mempunyai input control analog standard juga 0 – 10Vdc, apakah minimal 12 Vdc tersebut adalah input Power atau input control analog ?
Mudah2an membantu.

Tanggapan 3 – Pandu Pradana

Dear pak Irsan,

Minimal 12 Vdc digunakan untuk input Power pak, sedangkan jika menggunakan input control analog, sudah dapat dihandle oleh input control analog yakni 0-10 Vdc. Jika menggunakan input analog 0-10 Vdc, sinyal arus 4-20 mA sudah dapat terbaca, namun fungsi HART tidak dapat digunakan. Jika diberikan tegangan 12 Vdc, fungsi analisa (terdiri dari beberapa tag) dapat dibaca juga.

Tanggapan 4 – Sonny Dhamayana

Pak Pandu,

Anda memerlukan perangkat interfacing Signal Converter.
Coba anda browse ke websitenya MTL atau Moore Industries (just info, mungkin ada juga brand lainnya).
Anda bisa sesuaikan apakah perangkat ini sebagai pasif input atau sebagai active input.
Sementara output dari perangkat diconfigurasi sebagai active output 4-20mA 12 VDC.

Tanggapan 5 – irsan

Pak Pandu,

Jadi jelas yang diperlukan adalah input power min12vdc sehingga hanya dibelikan saja power supply 12vdc-15Vdc ( lokal on site power supply / didalam junction box ) untuk power PCV tersebut. Konfigurasi yang lain tidak perlu dirubah (sudah sesuai ).

Tanggapan 6 – Bahrin Saifudin

Pak Pandu,

Karena bapak baru berencana mengganti PCV, maka bapak bisa juga melihat sisi PCV nya dalam hal ini Smart Positioner yg digunakan dimana saat ini sdh ada yang bisa beroperasi dn menjalankan fungsi analisa diagnostic dg baik pada required voltage 9.0 vdc.

Dg solusi ini bpk tdk perlu repot menaikkan voltage output PLCnya.

Tanggapan 7 – Pandu Pradana

Pak Bahrin,

Benar juga pak, tapi kendalanya, PCV tersebut sudah terbeli, dan kondisinya saat ini mewajibkan voltage minimal 12 vdc, mau tidak mau harus kita sesuaikan. Terima kasih.

Tanggapan 8 – DIGITAL_JD

Coba pake Safety barier… diantaranya yang sering di pake itu merk MTL… di MTL tersebut punya banyak jenis nya.. mau sebagai splitter (lebih dari 2 output) atau cuma satu output…

karena ini untuk Analog input, pilih MTL yang jenisnya bukan untuk membaca pulse…

biasanya di MTL itu sendiri juga membutuhkan power… mudah mudahan dengan adanya tambahan power tersebut masih bisa mentolerir sinyal ke PCV.

Mudah mudahan bisa membantu…

Tanggapan 9 – Pandu Pradana

Dear mas Deba,

Terima kasih atas sarannya, saya juga berpendapat sama dengan anda, saat ini sudah mendapat barang yang tepat. :-).