Untuk menghubungkan genset merk A daya 1KVA dengan Merk B 500VA adalah dengan pararel, supaya voltage nya tetap 400v, tapi syarat syarat mempararel adalah: Voltage harus sama, sudut phasenya (R,S,T) harus sama dan frekuensinya harus sama. Untuk pararel genset tersebut bisa menggunakan remote control panel (RCP).

Tanya – budi kartika

Misal genset merk A daya 1KVA dg Merk B 500VA jika ingin di gabung jadi satu, baiknya seri atau paralel?

Apakah kelemahannya berhubung merk dan kapasitasnya berbeda? dan ternyata beban masih besar sehingga beli genset merk A 1KVA.
nah Ke3 Genset tersebut dipasang bagaimana?

sebaiknya…?

Tanggapan 1 – Muhammad Sutomo

Dear P’Budi kartika.

Genset di pasang paralel dgn menggunakan synschronize relay atau dipisahkan group beban listriknya.gampang itu. Cuma saya punya pertanyaan jika berkenan menjawab:

1. Mengapa pembelian genset tdk menghitung dahulu beban listrik total yg terpasang?

2. Bagaimana membeli genset berpatokan pada merk?

Hal ini saya tanyakan dengan pertimbangan cost pada peralatan schyncronizing yg lumayan mahal & space untuk penempatan genset yg lebih byk/lebih besar.bila sebelum membeli genset telah diketahui total beban maka ada baiknya membeli genset sesuai dengan byknya beban serta cukup tambahan 1 unit emegency generator.

Tanggapan 2 – Ahmad Imron

Dear pak budi,

Untuk menghubungkan genset tersebut jelas dengan pararel, supaya voltage nya tetap 400v, tapi syarat syarat mempararel adalah

1. Voltage harus sama

2.Sudut phasenya (R,S,T) harus sama

3. Frekuensinya harus sama.

Untuk pararel genset tersebut bisa menggunakan remote control panel (RCP).