Mengenai Asbes, di Indonesia sudah ada penanganan mengenai bahaya penggunaan material asbes. Memang dulu penggunaan genting asbes, dinding asbes dan pipa asbes banyak digunakan di Indonesia tapi sekarang nampaknya sudah tidak lagi seiring dengan sosialisasi mengenai bahaya asbes..Dan saya rasa 10 tahun terakhir ini , orang kita di Indonesia sudah tahu bahaya asbes.

Tanya – Purba Wendy

Rekan-rekan,

Kemarin saya iseng membaca majalah terbitan serikat pekerja sini (Jerman) yang khusus membahas keselamatan kerja. Topik utama majalah itu adalah: Bahaya Asbes.

Asbes saat ini dinyatakan sebagai bahan industri yang paling berbahaya karena sifat carsinogennya yang sangat kuat. Karena banyak rumah yang dibangun beberapa dekade lalu menggunakan asbes, saat asbes itu muncul ke permukaan harus segera disingkirkan. Protectional Equipment pekerja yang menyingkirkan asbes itu pun tidak main-main, selain masker, harus menggunakan baju pelindung yang sekali pakai.

Tanpa membahas lebih detil tentang aspek asbes ini saya ingin tahu apa yang rekan-rekan ketahui tentang penggunaan asbes in di Indonesia. Apakah bahaya asbes ini sering dibicarakan? Seingat saya, 5-10 tahun lalu asbes masih umum diperjual belikan di tanah air.

Apakah kita menyimpan pembunuh di rumah sendiri?

Tanggapan 1 – ma2ithink .

Pak Purba,

Tentang asbes di Indonesia sebagian sepertinya masih tetap memakai karena tentu saja pertimbangan murah, dan lagi pula pemerintah belum memberlakukan peraturan yang ketat terutama di sektor perumahan. rumah saya saja masih menggunakan atas asbes (dr thn 2006). Namun saat ini sdh mulai beralih ke zinc aluminium.

Saya jg pernah lihat vidio ttg penghancuran gedung yg menggunakan asbes, memang ketat sekali, pakai masker dan pakaian yang rapat sekali.

Kalau di industri sepertinya sudah dihindari dengan mengunakan Non Asbestos Material apalagi company yg sdh ISO.

Tanggapan 2 – Lily Satryadi

Pak Iwan,

Kalau anda berkeliling Jabodetabek, atap asbes masih banyak digunakan di rumah-rumah.
Tetangga saya saja masih memakai atap asbes.
Rumah-rumah di sekitar kantor saya juga menggunakan atap asbes.
Jadi kalau anda katakan orang Indonesia sudah tahu bahaya asbes, pertanyaannya :
berapa persen yang tahu ?

Menurut saya yang terpenting adalah : pelarangan penggunaan asbes harus berupa peraturan yang jelas dengan disertai sanksi pidana bila masih menggunakannya.

Tanggapan 3 – tirta yadi

Dear Lily Satriadi:

Kalau masalah peraturan mengenai asbes, Indonesia sudah punya Pak, tolong refer to Permenaker No 03 tahun 1985 dan sudah jelas tata cara penggunaan, larangan dan pidananya. Nah yang jadi masalah adalah pidananya mengacu pada UU No 1 Tahun 1970 yang dendanya masih minim, yaitu Rp. 100.000 dan pelarangannya hanya pada jenis cair atau semprotan dan jenis asbes biru (memang jenis asbes ini paling berbahaya daripada jenis asbes lainnya karena paling sulit untuk diuraikan tubuh dan berisiko menyebabkan asbestosis atau mesothelioma). Mungkin kita di forum ini berani bilang ‘larang penggunaan asbes’, tapi terkadang kita tidak sadar kita juga menggunakan asbes, contohnya untuk kanvas rem, isolasi panas pada pipa, insenerator, bahan bangunan, dll. Menurut pribadi, penggunaan asbes seberarnya tidak baik terutama untuk kesehatan, tapi dalam Permenaker tersebut masih memberikan kelonggaran bagi orang, perusahaan, atau kelompok untuk menggunakan asbes atau sudah terlanjur menggunakan asbes namun’*syarat dan ketentuan berlaku’. Kelonggaran tersebut mengingat sifat asbes yang pernah dipuja sebagai material paling baik (ringan, tahan api/panas, murah, dll), namun di Amerika sendiri sekarang sudah melarangnya. Maka dari itu, marilah kita berlaku bijak dalam penggunaan asbes dengan memperhatikan aspek K3L serta berlomba-lomba menciptakan/ mencari material pengganti asbes. Lebih baik lagi mulai dari kita sendiri kita berkomitmen tidak memakai produk apapun yang terbuat dari asbes. (Sekedar informasi sekarang sudah ada kanvas rem yang non-asbes).

Tanggapan 4 – iwan saputra

Pak Purba,

Mengenai Asbes, di Indonesia sudah ada penanganan mengenai bahaya penggunaan material asbes.
Memang dulu penggunaan genting asbes, dinding asbes dan pipa asbes banyak digunakan di Indonesia tapi sekarang nampaknya sudah tidak lagi seiring dengan sosialisasi mengenai bahaya asbes..Dan saya rasa 10 tahun terakhir ini , orang kita di Indonesia sudah tahu bahaya asbes..

Karena sewaktu saya di Banda Aceh Pasca Tsunami Juli 2005, ada pemborong yang membangun rumah di daerah Punge Jurong Banda Aceh menggunakan bahan asbes baik dinding rumah maupun atap rumahnya dari Asbes. Dan setelah selesai dibangun, tidak ada satupun penduduk di sekitar areal tersebut yang menempati rumah asbes tersebut, mereka lebih memilih tinggal d tenda-tenda.Karena mereka sudah tahu mengenai bahaya Asbes bagi kehidupan mereka apalagi mereka sudah tahu dampaknya apabila mereka hirup debu asbes atau mereka minum air hujan dari atap asbes. Tapi saya nggak tahu apakah sekarang bangunan tersebut sudah dibongkar atau belum.
Kebetulan waktu itu saya sedang mengawasi proyek bantuan pembangunan Masjid dari perusahaan saya sebelumnya yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pembangunan rumah asbes tersebut.

Jadi saya rasa semua orang Indonesia sudah tahu bahaya Asbes bagi kehidupan mereka.

Berikut saya lampirkan phampletnya mengenai bahaya penggunaan material asbes yang pernah saya download pada saat saya mau mendesign penggantian pipa air dari bahan asbes ke PVC.

Mohon maaf bila kurang berkenan.

Tanggapan 5 – Purba Wendy

Thx Pak Iwan dan Pak Ginting.
Yang saya heran, justru Kanada masih rajin ekspor asbes, a.l. ke Indonesia?

Tanggapan 6 – tirta yadi

Dear All,

Masalah asbes di Indonesia masih diizinkan untuk jenis asbes tertentu. Pada awalnya asbes adalah material yang menjadi primadona karena ringan, tahan panas/ api dan murah, mungkin itu yang masih menjadi alasan Indonesia masih menggunakan asbes. Penggunaan asbes di sektor migas biasanya kita jumpai untuk isolasi panas pada pipa-pipa. Yang jadi masalah adalah apakah kita bisa memastikan bahwa asbes yang kita gunakan adalah jenis asbes yang dilarang di Indonesia atau tidak (asbes biru). Kalau dibeberapa negara sebenarnya sudah benar-benar melarang peredaran dan penggunaan asbes untuk jenis apapun! Tapi Indonesia sebenarnya sudah punya aturan mengenai asbes ini. Coba cek Permen 03 tahun 1985. Mungkin teman-taman juga punya referensi yang lebih update bisa di share.

Tanggapan 7 – zfatoni

Bagaimana dengan produk dari eternit gresik yang katanya bebas dari asbes, apakah bisa dijadikan alternatif pengganti asbes ?

http://www.eternitgresik.com/images/MSDS-Eter-Atap%20Bebas%20Asbes.pdf