Intinya semua antivirus commercial bagus namun yang terpenting adalah update databasenya. Memang beberapa antivirus memakan banyak resources memory, dan mempengaruhi kinerja prosessor, tapi ini bisa diakali dengan setting antivirus itu sendiri, jadi pada intinya tergantung dari usernya itu sendiri, karena secara prinsip setiap komputer berbeda hardware, berbeda OS, berbeda software, berbeda user, otomatis berbeda pula karakter dan penanganannya, hanya user yang bersangkutan yang memahami dan merasakan betul permasalahan dan berat tidaknya kinerja komputer, memang ini adalah perpaduan antara feeling, pengalaman dan analitikal user. Secara kasat mata sebenarnya kita akan tahu file ataupun website yang mengandung virus, baik dari informasi file, dll. ini kembali kepada pengetahuan, pengalaman, feeling dan analitikal dalam mengakses komputer, terkecuali diserang dari luar secara background. Kalau mau aman pakai MacOS saja, free 100% tahan virus dan anti crash, atau bisa juga OS lain seperti varian linux.

Tanya – hadi muttaqien

Dear rekan2 Milis,

Saya sebelumnya memakai / memasang AVG 9 pada Laptop saya, ternyata sofware ‘SmokeWhite’ (program koreksi grammar) tidak bisa bekerja. Kemudian program anti virus AVG 9 tadi saya ganti dengan AVG 8.5; ternyata ‘OK’ banget (SmokeWhite bisa bekerja).
Sekarang CPU Usage (Ram dan Core) bekerja ringan ,Ram 68% dan Core 1; 2 = 5 – 8 %.
Mungkin rekan2 punya pengalaman yang sama, atau mungkin ada yang bisa sharing, apakah AVG 9 itu ‘Berat’ programnya/atau sofwarenya atau ada program lainnya di Laptop saya yang mengganggu?

Tanggapan 1 – ahmadrs@technip

Just wondering pak Hadi

1. Kapasitas memori available berapa?

2. Harddrive dipartisi? Masing-masing size? Size yang masih empty?

Tanggapan 2 – Indra Prasetyo

Pak Hadi,

Saya boleh dibilang sering coba2 program antivirus. AVG 9, Avast 5.0 (free maupun internet security version), Avira 10 (free maupun premium version), Panda, Kapersky, Norton (AV/IS/360), dll. Biasanya kalau ada yg free version, saya akan coba yg free version dulu, kemudian baru saya coba yg versi lengkapnya misalnya versi internet security-nya (biasanya ada trial-nya min 30 hari).

Kalo program AV yg bagus, saat ini saya bilang produk Symantec Norton yg paling bagus. Proses installation (dan remove programnya) cepat, penggunaan resourcenya kecil, auto update virus definitionnya setiap hari, dan kemampuan deteksi dan removal virus/malware/spyware-nya bagus (malah kadang2 terlalu bagus, saya punya ‘crack’ untuk suatu program ke-detect semua meskipun sudah coba saya ‘sembunyikan’ dalam RAR atau ZIP file, dan di-remove semua hehe..). Yg paling basic Norton AV, diatasnya ada versi IS-nya, dan yg paling lengkap versi 360 (krn ada optimization program didalamnya). Kalau mau ‘gratisan’ hehe.. cari aja versi OEM-nya (di website Microsoft/windows 7 kalo nggak salah ada OEM Norton IS dan 360 masing2 valid untuk 90 hari atau 3 bulan). Jadi selama 3 bulan kita bisa pakai secara gratis, kalau sudah expired ya tinggal di-remove terus ganti program yg satunya lagi. Dengan cara tsb saya bisa pakai Norton AV, IS dan 360 total selama 9 bulan. Nah, setelah 9 bulan biasanya akan keluar produk baru lagi, mis. Kalo skr yg ada Norton AV/Is 2010, nanti mungkin akan keluar yg 2011-nya, nah tinggal cari versi OEM-nya lagi deh hehe…

Kapersky juga sebetulnya bagus, tp proses instalasinya cukup lama terutama untuk update virus definitionnya. Untuk versi AV dan IS-nya masing2 ada trial 30 hari (bisa buat 2 bulan).

AVG maupun Avira menurut saya kurang bagus. Kemampuan deteksi dan removal virusnya kurang, dan kadang2 ada program lain yg ‘terganggu’ seperti kasusnya Pak Hadi, saya juga pernah mengalaminya dengan program Avira dan Trend Micro.

Btw, kalau Pak Hadi mau tau berapa (memory) resource yg digunakan oleh program AV, bapak bisa klik kanan di taskbar, kemudian pilih ‘start task manager’, setelah terbuka task managernya, pilih tab ‘processes’, kemudian tinggal bapak cari nama program AV-nya dan bapak cek pemakaian resourcenya. Saat ini di kantor saya, kami menggunakan kapersky, penggunaan resource cukup kecil sekitar 600 K, bandingkan dengan firefox browser yg menyedot 20,000-an K.

Semoga membantu.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: