Secara singkatnya, ada 3 unsur paling mendasar dalam GPS yaitu: GPS receiver (yg biasa kita bawa kemana – mana ukuran kecil), GPS satellite (yg berfungsi sebagai transmitter), dan atomic clock (ini adalah jam yg sangat accurate). Cara kerjanya adalah: sebelum semuanya berjalan GPS receiver dan satellites harus mempunyai waktu yg syncronized (walaupun ada cara correction error nantinya). Setelah satellite dan GPS receiver syncronised kemudian biasanya GPS receiver ini bakalan mencari signal dari Satellite Transmitter. Dalam hal ini posisi anda yg memegang GPS receiver sangat menentukan keakurasian dari pengukuran.

Tanya – Hefi Hendri

Bapak & Ibu yth,

Kalau boleh saya ingin mendapatkan informasi menyangkut Global Positioning System.

Yang ingin saya ketahui antara lain :

1. Bagaimana cara kerja GPS tersebut, dan bagaimana kaitannya dengan satelit.

2. Apa kelebihan dan kekurangan dari tekhnologi GPS tersebut.

3. Suppliernya

Tanggapan 1 – Ary Kusbiyantoro

Pak Hefi,

Anda bisa baca banyak artikel tentang How a Global Positioning System (GPS) work. Salah satu diantaranya adalah di situs http://electronics.howstuffworks.com/gps.htm/printable

Secara singkatnya, ada 3 unsur paling mendasar dalam GPS yaitu: GPS receiver (yg biasa kita bawa kemana – mana ukuran kecil), GPS satellite (yg berfungsi sebagai transmitter), dan atomic clock (ini adalah jam yg sangat accurate).

Cara kerjanya adalah: sebelum semuanya berjalan GPS receiver dan satellites harus mempunyai waktu yg syncronized (walaupun ada cara correction error nantinya). Setelah satellite dan GPS receiver syncronised kemudian biasanya GPS receiver ini bakalan mencari signal dari Satellite Transmitter. Dalam hal ini posisi anda yg memegang GPS receiver sangat menentukan keakurasian dari pengukuran.

Karena kondisi bumi ini yg 3 dimensi, dibutuhkan minimal 3 satellite untuk menentukan posisi anda, ini biasa di sebut teori Triangulation. Untuk lebih jelasnya tentang teori ini mohon anda baca di link yg diatas.

Semoga bermanfaat.

Tentang kelebihan dan kekurangan saya kurang mengerti apa yg anda maksud. Sebenernya ini akan tergantung dari applikasi apa yg anda akan gunakan.

Untuk supplier di Indonesia saya kurang begitu tau sebab saya ada di Singapore. Anda juga bisa beli dari internet seperti Amazon.com ato ke www.garmin.com. Kalo untuk applikasi yg simple dan tidak memerlukan accurasi yg tinggi saya sarankan anda memakai merek Garmin saja cukup terpercaya. Kalau mau yg lebih accurate bisa pake Trimble.

Kalau masih perlu bantuan jangan sungkan sungkan email saya di aryvin@singnet.com.sg (saya tinggal di Singapore)

Sekali lagi semoga bermanfaat,

Tanggapan 2 รขโ‚ฌโ€œ Suplintama

Sedikit tambahan informasi, dari pengalaman saya tempo dulu yang sudah tidak saya pernah sentuh lagi.Bahwa GPS tersebut memiliki accuracy yang sangat tinggi, dulu tahun 1990 waktu saya kerja survey laut sudah mendapatkan kesalahan dibawah 1 meter menggunakan merek trimble. Kekurangannya, bahwa satelit GPS dimiliki oleh negara USA,(mungkin juga Rusia, kalau tidak salah)yang avaibilitynya tergantung ke mereka, mau diberikan data positioning tersebut atau tidak, mengingat kebutuhan urgensi di mereka, misalnya bila terjadi perang yang tentara mereka memerlukan signal tersebut; maka kita tidak akan mendapatkannya.

Seperti pak Ary sebutkan, bahwa dibutuhkan minimal 3 satelit untuk mendapatkan akurasi yang baik, makin banyak makin akurat.

Saya pernah beli GPS merek Trimble untuk disupply ke oil company ke PT Hidronav, cuman saya lupa alamat dan telephonenya; saya akan emailkan via japri bila saya sudah dapatkan.

Tanggapan 3 – agung s

Sedikit tambahan. untuk aplikasi di laut memang cukup mudah mendapatkan sinyal dari satelit dan cukup baik ke akurasiannya. Namun jika GPS digunakan di hutan yang berkanopi karena lebat pepohonan, akan sulit mendapatkan sinyal dari satelit. Apalagi kalo sedang berada dilembah, akurasinya makin berkurang, karena ternyata sinyal satelit ‘kemungkinan’ tidak diterima langsung ke handheld GPS, melanikan sinyal tsb mantul dulu di lereng lembah, baru ke GPS. Kalau sudah begini katanya musti menggunakan GPS yang lebih baik lagi seperti diferensial GPS (CMIIW).

Tanggapan 4 – Teten Dian Hakim

Dear P’ Hefi,

Dari bbrp majalah yg saya tahu, di majalah DIGICOM selalu dimuat informasi mengenai GPS. Edisi ke berapanya utk info awal ttg GPS ini saya kurang hafal. Karena setiap edisinya dimuat secara bersambung. (CMIIW)

Namun utk mengetahui cara kerja/pengoperasiannya termsk supplier yg bias dipakai,(terutama pengoperasian/implementasi pada kendaraan pribadi), bisa membantu utk mengetahui system dan perangkat ini.
Smg membantu.

Tanggapan 5 – eko susilo

Bapak bisa mendapatkan teori dan dasar tentang GPS di : http://www.gmat.unsw.edu.au/snap/gps/gps_survey/principles_gps.htm

Kemudian jika ingin bergabung dengan rekan-rekan pemakai GPS dan komunitas pemetaan silahkan klik di http://www.id-gps.org/

Join dan gabung dalam Milisnya…..akan snagat banyak membantu dalam teknis pelaksanaannya.

demikian.
semoga membantu.

Tanggapan 6 – Ary Kusbiyantoro

Setuju dgn pendapat yg disampaikan pak Agung. Pada posisi dimana signal satellite tidak dapat diterima dgn baik oleh handheld device, maka station terminal relay diperlukan.

Hal ini juga sering terjadi di kawasan yg bergedung tinggi dan padat. Inilah kenapa saat ini applikasi GPS tracking device untuk mobil ato juga GPS navigation untuk mobil masih menghadapi kendala di daerah padat dan bergedung tinggi.

Saat ini saya sedang melakukan studi dgn partner saya dari UK, yg adalah salah satu perusahaan GPS supplier terbesar ke United Kingdom Army, untuk develop vehicle tracking utk tujuan defence terhadap terorist attact dimana kendaraan yg dicurigai dapat dibikin immobilised (tidak bisa bergerak) dari satellite.

Sebenernya topic tentang GPS dan Satellite ini sangat menarik untuk didiskusikan karena applikasinya yg sangat beraneka ragam sampai level dimana kita bisa control semua perlengkapan rumah kita dari jarak jauh.

Sorry kepanjangan, ngga bisa ngerem ๐Ÿ™‚

Apakah ada perusahaan Indonesia yg bergerak dalam bidang GPS navigation untuk mobil?

Tanggapan 7 – eko susilo

Perusahaan yang bergerak mengenai vehicle tracking di indonesia sudah mulai berkembang, salah satunya adalah PT. Garansindo Inter Global (http://www.garansindo.com), yang bekerja sama dengan PT. Indosat Multimedia Mobile (IM3) bekerja sama dengan PT. Garansindo Inter Global meluncurkan layanan GPS (Global Positioning System), yaitu layanan yang memungkinkan pengguna atau pemilik kendaraan untuk melakukan pemantauan terhadap posisi kendaraannya. Peluncuran layanan ini ditandai dengan diluncurkannya produk terbaru dari PT. Garansindo, yaitu Vi-Track (Vehicle Interactive Tracking System), alat yang memungkinkan pemantauan tersebut yang dikemas dalam bentuk pelayanan yang terpadu. Vi-Track adalah suatu alat teknologi navigasi yang menggunakan satelit GPS dan teknologi GSM (Global System for Mobile Communication) untuk melakukan pemantauan terhadap posisi kendaraan, baik secara real time (waktu kini) maupun history (waktu lampau). ‘Dalam layanan ini, IM3 yang menyediakan teknologi GSM Multimedianya dengan menyediakan sarana pengiriman data dari lokasi kendaraan ke bentuk SMS,’ ujar Fadian M. Paham, Manager Corporate Account IM3 belum lama ini..

Data pemantauan kendaraan itu sendiri dapat diperoleh pelanggan melalui tiga cara, yaitu melalui SMS (SMS base), Web dan telepon. ‘Teknologi Vi-Track ini memungkinkan tercapainya rasa nyaman dan aman dalam berkendara,’ demikian dikatakan oleh Turia Fitriano Helmy, Vi-Track General Manager. Fungsi yang dapat dilakukan oleh Vi-Track adalah:

memantau posisi dan kecepatan kendaraan secara real time maupun history (Vi-Track Vision), melacak dan mematikan kendaraan dari jarak jauh (Vi-Track Secure), pemandu arah jalan (Vi-Track Navigation), handphone dalam mobil (Vi-Track Phone) serta informasi fasilitas umum dan sosial (Vi-Track Directory). Dalam kondisi atas permintaan dan jenis kendaraan tertentu, Vi-Track pun dapat berfungsi sebagai pembuka kunci dan jarak jauh (Vi-Track Lock Control) dan pembatasan wilayah tertentu (Vi-Track Geo-Fencing). ‘Teknologi Vi-Track ini memiliki berbagai keunggulan dibanding teknologi sejenis, seperti LBS, antara lain karena GPS berdasarkan satelit, sehingga pemetaannya lebih akurat dan lebih luas,tidak mengira-ngira.’ Turia menjelaskan lebih lanjut.

beberapa perusahaan yang lainnya seperti PT. Tri Tunggal yang juga bergerak dalam Vi-Track, saya dengar apalikasinya sudah berjalan di beberapa perusahaan tambang di Indonesia.(kayak adaro kali ya…..).