Perusahaan tempat saya bekerja, mendapat inquiry untuk Air Tank dengan U-Stamp memakai material SA 516 Gr. 70 Normalized. Mereka mereferensikan memakai SA 516 Gr 70 Normalized karena untuk mengejar supaya MDMT -40 derajat F tanpa dilakukan impact test (UCS 66). Yang saya mau tanyakan : 1. Apakah diperbolehkan oleh ASME code bila saya membeli Plate SA 516 Gr. 70 lalu saya nomalizing di tempat lain, kemudian di mill certificate saya lampirkan pula Heat Treatment Record untuk MDR? Sehingga saya bisa bilang itu adalah Plate SA 516 Gr. 70 Normalized; 2. Lebih murah yang mana, apakah impact test dilakukan dibandingkan dengan saya harus normalized Plate SA 516 Gr. 70 dalam bentuk komponen sebelum fit up?

Tanya – Errick

Dear Milister Migas,

Perusahaan tempat saya bekerja, mendapat inquiry untuk Air Tank dengan U-Stamp memakai material SA 516 Gr. 70 Normalized. Mereka mereferensikan memakai SA 516 Gr 70 Normalized karena untuk mengejar supaya MDMT -40 derajat F tanpa dilakukan impact test (UCS 66).

Yang saya mau tanyakan :

1. Apakah diperbolehkan oleh ASME code bila saya membeli Plate SA 516 Gr. 70 lalu saya nomalizing di tempat lain, kemudian di mill certificate saya lampirkan pula Heat Treatment Record untuk MDR? Sehingga saya bisa bilang itu adalah Plate SA 516 Gr. 70 Normalized.

2. Lebih murah yang mana, apakah impact test dilakukan dibandingkan dengan saya harus normalized Plate SA 516 Gr. 70 dalam bentuk komponen sebelum fit up?

Tanggapan 1 – qaqcptmeco

Dear Pa. Errick

Gimana khabarnya

Mengenai Heat Treatment oleh PIHAK FABRICATOR seperti di tempat Pa. Errick DIPERBOLEHKAN. Coba Pa. Errick Refer to ASME Sect. IIA SA-6 pada Klauasal ‘
6 ‘ HEAT TREATMENT disitu dijelaskan persyaratan bagaimana kalau PIHAK FABRICATOR melaksanakan HEAT TREATMENT SENDIRI.

Untuk biayanya kelihatannya lebih murah kalau kita melaksanakan IMPACT TEST selain itu mempunyai keuntungan lebih simple untuk prosedurnya.

Tanggapan 2 – Errick eng3dcad

Terima kasih Pak Farid atas reply dari anda. Saya baik-baik saja, hanya sedang sibuk membuat Coal Fired Thermal Oil Heater dengan Fluidized Bed Furnace.
Memang benar apa yang dikatakan Pak Farid bahwa fabricator boleh melakukan heat treatment, namun nantinya record heat treatment itu akan diperiksa oleh AI.Hal ini sudah saya confirm dengan AI.

Saya melontarkan ide ini karena ada kekuatiran akan availability dari material SA 516 Gr. 70 N. Rencananya, thickness yang dipakai adalah 0.375′ atau 9.5 mm. Mungkin dari rekan-rekan lain ada yang bisa bantu memberitahu kami no telp supplier dan contact person untuk material SA 516 Gr. 70 N.

Tanggapan 3 – qaqcptmeco

Coba hub. PT. BIMA BISALLOY nggak jauh kok dr Work Shop anda (Cikarang) Hub :

Bp. Julaga Sinaga (Sales Manager).

Hp. 0811949365.

Office : (021) 899 81540

Tanggapan 4 – edfarman@ikpt

Pak Errick,

Setahu saya, (Refer to ASME II-A : SA-516/SA516M) material ini akan dinormalized jika melebihi 1.5′ (40mm) thickness.

Apakah service yang digunakan pada equipment Pak Errick, sehingga harus menggunakan material yang dinormalized? Apakah ada requirement untuk comply
to NACE (seperti H2S service)? Kebetulan kami punya permasalahan material yang sama, Normalized SA-516-70 tidak ada di local market (Indonesia). Normalizing biasanya dilakukan di Mill (bukan di fabricator), dan akan direcord dalam Mill Certificate. Sedangkan jika ada NACE test, Mill biasanya akan bersedia lakukan untuk partai besar. Jika tidak, kita bisa beli normalized material dari Mill, lalu di test di lab khusus. Resikonya material tsb bisa jadi nggak comply ke Nace requirement dan nggak bisa dipakai.
Alternative yang ditawarkan Pak Farid barangkali bisa diapplikasikan jika disetujui end user (Normalized at fabricator Shop).

Kebetulan lagi kami juga belum ketemu sourcing material seperti yang diinginkan. Jadi mohon maaf.