Ecopetrol Colombia bekerjasama dengan enam perusahaan lainnya untuk membangun dan mengoperasikan 450,000 b/d oil pipeline system yang akan mengangkut minyak mentah dari Araguaney, di Casanare Department central Colombia, ke Covenas Export Terminal di Caribbean Sea.

Penulis : Eric Watkins

Ecopetrol Colombia bekerjasama dengan enam perusahaan lainnya untuk membangun dan mengoperasikan 450,000 b/d oil pipeline system yang akan mengangkut minyak mentah dari Araguaney, di Casanare Department central Colombia, ke Covenas Export Terminal di Caribbean Sea.

“Pipeline akan menjadi yang terbesar dari jenisnya di Colombia dan dikembangkan dalam empat tahap,” kata Ecopetrol yang menambahkan bahwa semua tahap dari project adalah hak untuk penyelesaian pada akhir tahun 2012 atau dimulai pada tahun 2013.

Tahap pertama meliputi fasilitas 40,000 b/d truck off-loading facility yang saat ini dibawah pembangunan di Banadia, hak untuk memulai pengerjaan pada bulan ini. Tahap sisanya meliputi pembangunan dari 120,000 b/d Araguaney ke Banadia line dan 330,000 b/d Banadia-ke-Coveñas line.

Ecopetrol akan memegang 55% saham di Oleoducto Bicentenario de Colombia (OBC), perusahaan yang akan membangun, memiliki dan mengoperasikan line baru. Partner lainnya adalah Pacific Rubiales 32.8%, Petrominerales 9.6%, Hocol 0.96%, Grupo C&C Energia Barbados 0.5%, Rancho Hermoso SA-Canacol Energy Ltd. 0.5%, dan Vetra Exploracion & Produccion Colombia 0.5%.

Enam partner Ecopetrol membayar total 139.5 juta dolar untuk kombinasi saham mereka. Mereka juga akan menyerahkan sampai 700 juta dolar untuk 1.03 milyar dolar untuk tahap pertama pipeline, dengan 70% datang dari pinjaman dan 30% dari direct capital contributions.

“Biaya ini akan distrukturkan untuk memaksimalkan penggunaan dari agen kredit ekspor dan multilateral financing, serta untuk akses pasar capital di Kolombia,” kata Pacific Rubiales, yang menjadi produsen minyak negara terbesar kedua.

Perusahaan Canada juga mengatakan OBC line akan menambah kapasitas dari pipeline yang ada di negara itu, yang menghubungkan Los Llanos basin ke pasar ekspor.

Pacific Rubiales mengatakan line yang ada “diprojectkan untuk mencapai kapasitas penuh sebagai peningkatan dalam produksi yang direncanakan dari produsen Colombia yang terwujud pada midterm.”

Agencia Nacional de Hidrocarburos (ANH) negara pada bulan lalu melaporkan bahwa hasil minyak Colombia meningkat dari 17.4% year-on-year sampai 798,000 b/d pada September—nilai tertinggi tiap-tiap bulan untuk lebih dari satu decade. Perusahaan merata-ratakan 775,000 b/d pada 9 bulan pertama tahun ini, dibandingkan dengan rata-rata 671,000 b/d pada tahun 2009.

Pejabat pemerintah Colombia mengharapkan hasil minyak negara mereka akan mencapai 900,000 b/d pada akhir tahun, meningkat sampai 1 juta b/d pada tahun 2011. Diharapkan gelombang dalam produksi dikarenakan keamanan yang mebaik diwilayah negara sejak dikontrol oleh anggota-anggota dari terrorist Fuerzas Armadas Revolucionarias de Colombia (FARC).

Dengan mempertimbangkan dorongan produksi, pemerintah Colombia awal tahun ini menyerahkan 78 blok eksplorasi dan produksi minyak ke 40 perusahaan internasional, yang membuka jalan untuk investasi yang diprojectkan lebih dari 1 milyar dolar lebih dari 3 tahun mendatang.

“Proses ini akan mengizinkan perusahaan untuk meningkatkan investasi di eksplorasi, yang diharapkan akan meningkat dengan lebih dari 1 milyar dolar selama 3 tahun mendatang, dengan melanjutkan untuk mengkontrubusikan untuk produksi hydrocarbon mendatang yang lebih tinggi,” kata Direktur ANH, Armando Zamora.

Sumber: www.ogj.com