Untuk para pemula belajar Caesar II, sebaiknya belajar metek, stiffness & flexible matrix, vibration analysis, dipelajari tuturiol / user guide nya, belajar dari sample case didalam software tsb mulai dari open s/d result analysisnya, mencoba menginput dari hasil perhitungan caesar teman yg senior dan membandingkan hasilnya sehingga akan mengerti caesar ini secara keseluruhan. Semua butuh waktu cukup lama.

Tanya – Heaven

Saya belajar Caesar II secara otodidak. Sekarang saya ada masalah ketika sedang melakukan stress analysis terhadap design routing pipa saya. Kenapa ketika saya ingin tahu stress pipa, tidak muncul warna yang menunjukkan bahwa bahwa pipa tersebut overstress di beberapa node sedangkan pada report stress terlihat ada overstress di beberapa node.

Apakah ada yang salah dengan input yang saya lakukan? atau ada input yang belum saya lakukan? bagaimana caranya?

Mohon pencerahannya.

Tanggapan 1 – Ahmad Solikhin

Mencoba menjawab sebisa saya ya Pak,

‘….sedangkan pada report stress terlihat ada overstress di beberapa node…’

Coba pastikan, bahwa Bapak mengevaluasi stress sesuai dengan yg diminta oleh code yg dipakai. misal, untuk B31.3 stress dievaluasi pada load case :Sustain, sustain+occasional, dan EXP… masing2 mempunyai allowable yg berbeda as per B31.3…

Selamat belajar Pak….

Tanggapan 2 – saleh w siregar

pak khadapi..!

kalo sudah sampe pada report stress / output, berarti input-annya sudah benar,,kecuali ada yang kurang…

untuk melihat node2 yang overstress secara grafis / warna, silahkan di lihat di Display – Output -3D yang ada icon 3D-nya, kemudian pilih Overstress dengan memperbesar skala perbesarannya..

tidak muncul juga, boleh jadi karena overstressnya tidak terlalu significan, misalnya hanya 1% – 5 %..silahkan dicompare dengan hasil textnya stress pada node bersangkutan.

sebelumnya memulai membuat file baru caesar baru, pada Configure Set-Up nya, silahkan dicentang Report Stress – Display dengan mengatur background warnanya..

selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – yose ma’ruf

Di Configure/Setup nya di bagian mana, bang ? di CaesarII versi berapa?

Trimakasi info nya.

Tanggapan 4 – tengku dylan

‘sebelumnya memulai membuat file baru caesar baru, pada Configure Set-Up nya,
> silahkan dicentang Report Stress – Display dengan mengatur background warnanya..’

berdasarkan pernyataan pak Saleh diatas di configure/setupnya CAESAR baik itu CAESAR 5.10 atau 5.20 kok tdk ada ya Centangan buat Report Stress-Display?

Tanggapan 5 – Heaven

Pak Yose..

maksudnya di configure/setup gimana pak? saya pake Caesar II 5.10

Tanggapan 6 – yose ma’ruf

Maaf sebelumnya. Pertanyaan tersebut saya tujukan ke sdr. Saleh W Siregar. Jadi kita adalah yang sama-sama tidak tau dan belajar juga dalam hal ini.

Tanggapan 7 – Ahmad Solikhin

coba mbantu Pak Saleh, terlampir uraiannya Pak…

Attachment : WARNA OVERSTRESS.pdf

Tanggapan 8 – Ahmad Solikhin

Terlampir salah satu referensi dari basic theory pipe stress… Silakan dibaca, dan mari kita belajar bersama…

Sy coba sharing beberapa pertanyaan yg pernah sy dapat ketika interpiu sbg piping eng atau pipe stress eng. Mudah2an bisa dijadikan pembelajaran bersama:

1. What is the failure theory used by B31.3 ?

2. Suppose you have 8′ pipe sch STD with pipe span 12m, what shall you check if the line requirement is free draining?

3. What is the difference between variable spring support and constant spring suppor?

4. When you use Caesar, and use B31.3, what does factor ‘F’ mean?

5. If you have pipe from sleeper goes to pipe rack, and subject to lift up during operating, how do you evaluate the stress?

6. Define the load case and how do you evaluate the stress.

7. How do you evaluate the stress of the lines categorized as manual analysis?

8. Please explain how do you make critical line list?

9. How do you transfer your analysis result to Civil/structure group?

10. Where usually you put line stop?

11…. lupa

segini dulu Pak yang sy ingat, bagi yang sedang belajar stress silakan coba dijawab dgn mempelajari referensi yg ada atau tanya sama Prof. Google… Insya Allah pendekar2 stress di milis ini siap membantu kunci jawabannya…

Attachment : B_4_Stress_analysis_of_Piping_Systems.pdf

Tanggapan 9 – hadiwinoto soedar

Untuk para pemula belajar Caesar II, sebaiknya belajar metek, stiffness & flexible matrix, vibration analysis, ..dipelajari tuturiol / user guide nya, belajar dari sample case didalam software tsb mulai dari open s/d result analysisnya, mencoba menginput dari hasil perhitungan caesar teman yg senior dan membandingkan hasilnya………sehingga akan mengerti caesar ini secara keseluruhan….. semua butuh waktu cukup lama.

Tanggapan 10 – yose ma’ruf

Terimakasih attachment nya.

Pertanyaan saya muncul karena kalimat berikut :

‘…tidak muncul juga, boleh jadi karena overstressnya tidak terlalu significan, misalnya hanya 1% – 5 %..silahkan dicompare dengan hasil textnya stress pada node bersangkutan.’

Nah, dari sini saya kira karena ada nilai over nya hanya 1-5 persen (berarti rasio stress yang tercantum = 101 – 105 persen), kemudian bisa ‘diaktifkan’ mode tampilan stress output dengan warna default nya (merah).

Saya kira hal tersebut belum menjawab pertanyaan sdr. M. Kadafi.

Untuk pertanyaan sdr. Kadafi, ada tiga jenis stress yang dianalisa. Untuk temperatur, misalnya, paling dasar adalah dibandingkan dengan set temperatur (ambient) yang ditentukan di menu perintah sendiri. Artinya, sekali input, langsung dipakai untuk seluruh jalur pipa yang dimodelkan. Jika set temperatur nya misalnya, di 21 Celcius. Kemudian input temperatur nya di T1 = 200 celcius dan T2 = 150 celcius, jelas nanti akan terlihat beda nya kan ?

Tanggapan 11 – Heaven

Dear All,

Terima kasih atas penjelasannya.

Tapi masih ada pertanyaan dari saya :

untuk kondisi temperatur (T) dan pressure (P), berapa kondisi (min) yang harus saya ketahui agar terlihat perbedaan stressnya? 1T/1P or 2T/2P?

Tanggapan 12 – tengku dylan

Maaf ni Mas Akhmad, saya rasa di setup file yg anda lampirkan itu cuma settingan colournya saja. Saya dulu juga sdh pernah mengalami hal yg sama seperti pak Khadafi, dan jawaban yg saya temukan adalah kemungkinan sbg brkt :

1. Bila program CAESAR anda tidak license, maka hal2 seperti itu biasa muncul, yaitu ada settingan program yg tdk jalan, krn setelah dicoba di program yg license semuanya baik2 saja.

2. Ada betulnya kata Mas Saleh, mungkin Stress anda dibawah 5% dan settingan colournya sama dengan warna settingan colour si pipa shg stressnya tsb tdk keliatan.

Jadi solusinya:

1. Cek License program CAESAR anda.

2. Ubah settingan colour stress dibawah 5% untuk dibedakan dgn colour si pipa, usahakan warna settingan colour stressnya tdk sama dgn colour pipanya.

Selebihnya mengenai penggunaan settingan atau tombol2 pada CAESAR (seperti untuk menampilkan temperature profilenya, dll) bisa dibaca pada Guide yg ikut dlm Program CAESAR anda….(nah bila programnya tdk license biasanya manual guidenya juga missing.)