Mengenai gland packing control valve yang sering bocor, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan : – Apakah kerusakan tsb sejak CV baru dipasang atau kapan mulai terjadi kebocoran? – Kalau dari baru, perlu dicek apakah material packing tsb cocok dg temperatur fluidanya? – Kalau terjadi setelah operasi/direpair/maintenance, perlu dicek lbh lanjut termasuk apakah digunakan spare parts gland packing asli sesuai rekomendasi manufacturer dan dipasang sesuai prosedurnya? – Apakah ada kerusakan pada stem (scratch atau bengkok)? Seharusnya masalah spt ini bisa diatasi dan tidak berulang terus, asal digunakan spare parts yg cocok dan dipasang sesuai prosedurnya.

Tanya – Novriandy Darmawan

Bapak-bapak sekalian,

Saya ingin sharing sedikit mengenai gland packing control valve yang sering bocor. Saya ingin tahu apa penyebabnya padahal kami baru saja menggantinya kurang lebih 1 bulan yang lalu. Apakah hal ini bisa berulang terus.

NB:

– Saya lampirkan foto lokasi kebocoran tsb.

Attachment : CV.pdf

Tanggapan 1 – R. E. Saputra

Fluidanya apa mas? trus sealnya sesuai spec gak?
jangan2 antara seal dan fluidanya gak cocok, jadi sealnya tergerus oleh fluida…..

Tanggapan 1 – Novriandy Darmawan

Pak Saputra,

Fluidanya gas C1 & C2, packingnya sesuai dengan spek CV yang existing..

Tanggapan 2 – And Riawan

Pak Nov:

mungkin ga ya? barang lama (existing) dengan barang baru kualitas nya berbeda?walaupun di spesifikasi nya tertulis sama persis . . .ini kehati2an saya saja pak, maklum di Lokal indonesia apa saja bisa di modifikasi . . .

Tanggapan 3 – Yose Ishak

Mungkin saja P’ Andriawan…

Tapi belum tentu yang lokal jelek loh.

Saya pernah ada kasus nih…seal diganti baru dengan yg dikirim oleh original manuf tapi malahan leleh waktu dipasang (padahal semua spec sudah benar).

Sewaktu dibuatkan lokal (machining) malah aman2 saja.

Tanggapan 4 – rio.hendiga@akersolutions

Pak Nov,

Coba check lagi certificate ( COC) pembelian packing tsb, mungkin specs sama tapi merk berbeda bisa aja terjadi perbedaan kualitas.
Mungkin anda perlu complain juga ke produsen packing tsb karena timbul masalah ini untuk mendapatkan solusinya.

Karena pernah vendor saya sekelas Mul******, pernah mengakui juga turunnya kualitas pruductnya saat kita komplain dan mereka juga bersedia recall barang-barang yang diperkirakan bermasalah tsb.

Tanggapan 5 – R. E. Saputra

Apakah packingnya baru beli atau sudah lama tersimpan? lalu bagaimana dengan penyimpanannya? Ada beberapa packing yang cukup sensitif terhadap kondisi penyimpanannya dan ada usia penyimpanannya (kadaluarsa).

Tanggapan 6 – Bahrin Saifudin

Pak Novri,

Ada beberapa hal lain yg perlu dipertimbangkan :

– Apakah kerusakan tsb sejak CV baru dipasang atau kapan mulai terjadi kebocoran?

– Kalau dari baru, perlu dicek apakah material packing tsb cocok dg temperatur fluidanya?

– Kalau terjadi setelah operasi/direpair/maintenance, perlu dicek lbh lanjut termasuk apakah digunakan spare parts gland packing asli sesuai rekomendasi manufacturer dan dipasang sesuai prosedurnya?

– Apakah ada kerusakan pada stem (scratch atau bengkok)?

Seharusnya masalah spt ini bisa diatasi dan tidak berulang terus, asal digunakan spare parts yg cocok dan dipasang sesuai prosedurnya.