Banyak contractor yg bisa melakukan Touch up, tapi sebelum melakukan itu harus tahu dulu, generik cat yang di applikasikan ke valve itu, dan data pendukungnya. Jadi antara cat yang di aplikasikan sebelumnya dan yang mau di touch up ada kesamaan.

Tanya – Seijin baltan_seijin24

Dear Rekan Migas yang terhormat,

Saya mau bertanya apakah ada rekomendasi perusahaan yg menyediakan jasa untuk touch up painting valve, karena valve saya mengalami lecet2 ketika dikirimkan dari pabrik.

Terima kasih

Tanggapan 1 – mmunarist

Valve lecet saat transportasi dan handling dari pabrik ke site kan masih tanggungan pabriknya.

Bukankah selain ada FAT (field acceptance test) di pabriknya, kan bakal akan dilakukan lagi SAT (site acceptance test) nanti setelah material telah berada di site yg disepakati antara owner dan vendornya sebagaimana tertuang dalam klausul kontrak.

Nah saat SAT inilah si owner biasa melakukan pemeriksaan visual atas kelaikan material (valve) yang diterima, kalau ada cacat ya jangan diaccept dulu.. Disini kita bisa mengajukan klaim atas cacat barang / material yang ada. Dan itu pasti dan dijamin dalam suatu bentuk garansi. Kecuali klausul perjanjian kontraknya berbunyi lain.

Tanggapan 1 – ridwan.hamdani

Mungkin maksud bu Vivi supaya cepat terselesaikan atau mencari win-win solution jika harus balik lagi ke factory delivery time ke client (jika suplier company) bisa jadi terlambat ntar kena penalty dan reputasi perusahaan jadi tidak bagus, kalo dipakai sendiri kondisinya dah urgent.. Just my opinion..

Tanggapan 2 – amin widodo

Bu Vivi,

Saya kira banyak contractor yg bisa melakukan Touch up, tapi sebelum melakukan itu Ibu harus tahu dulu, generik cat yg di applikasikan ke valve itu, dan data pendukungnya. jadi antara cat yg di aplikasikan sebelumnya dan yang mau di touch up ada kesamaan.terimakasih. Lokasi ibu sekarang dimana?

Tanggapan 3 – ma2ithink

Tambahan juga, apakah catnya terkelupas mengenai body valve? Kalau ya, perlu diyakinkan lagi klausul prosedure painting. Karna biasanya klw utk transportasi tdk mgkn terkelupas kecuali packaging jelek.

Tanggapan 4 – Nugroho eno99chem

Dear all,

Koreksi sedikit.

Correct me if I’m wrong,

FAT (Factory Acceptance Test) adalah tahapan sebelum ExWork (barang di packing dan siap didistribusi, tetapi lokasinya masih di tempat vendor).

Tanggapan 5 – Sea6diveR

Dear Pak & Bu,

Kenyataannya ini tergantung dari kasus per kasus, tidak mudah melibatkan vendor untuk hal-hal kecil seperti ini, apabila valvesnya import. Contoh ketika kami pernah terima dari valves dari Perancis, rasanya tidak mungkin kami menuntut dikirimkan painter untuk touch up valves dari Perancis. Yang paling mungkin kita kerjakan sendiri trus di backcharge ke vendor.. Itu juga tergantung kontraknya.

Untuk Pak/ Ibu Vivi,

Saran ideal dari saya sebaiknya anda menghubungi vendor valves untuk meminta coating spec yang teraplikasi. Lalu hubungi coating manufacturer untuk mendapatkan kontraktor painting yang menjadi rekomendasi mereka. Umumnya coating manufacturer lebih aware dengan kualitas coating mereka daripada vendor valvesnya.

Tergantung line systemnya sih… kalau very high/ low temp with low/ zero maintenace… coating application should be critical.

Tanggapan 6 – M.Munari,ST Simon

Dear Pak & Ibu,

Saya pikir tidak bisa dipukul rata semuanya, ada koq vendor yang sangat care terhadap pelayanan seperti ini seperti (maaf bukan promosi) seperti Cameron valve (r) orang-orang mereka pasti akan mengawal kondisi barang hingga tahap instalasi. seperti juga Alva valve juga punya orang yang siap melakukan hal-hal touch up seperti ini, Asal mereka memiliki re-presentatifnya di Indonesia atau Asia tenggara (itulah gunannya pada saat tender kita menanyakan ‘apakah mereka memiliki kantor perwakilan / agen / cabang resmi di Indonesia kecuali yang dibeli jenis-jenis valve tidak jelas. pasti tidak jelas juga pelayanannya… hehehehe. Hal ini bertujuan memproteksi kualitas barang yang kita beli tentunya.

Malah bisa jadi sehari di-commissioning, besoknya gear-boxnya sudah rontok.. bagaimana tidak rontok.. laa begitu barang di’buka’ ternyata di dalamnya semuanya modifikasian semua.. hehehe atau begitu actuator diputar, sudah ‘sempal’..

Tanggapan 7 – jagoanneon11

Dear All,

Ikut nambahin sedikit ttg masalah valve. Seperti rekan2 sdh bahas ttg cat pada valve, mungkin akan tergantung dr kontrak, vendor, persyaratan proyek, dll…

Spt pengalaman dlm proyek, FAT (factory acceptance test) akan dilakukan di vendor’s shop (manufacture ato assembler), ato supplier sblm shipment tergantung ITP yg kita sepakati bersama. Termasuk pengujian lain yg disyaratkan spt uji material, dimensional, dll. SAT utk valve tdk lazim dilakukan. Kalaupun ada hydrotest utk piping, valve tdk akan dipasang, kecuali leak test. Jika cat rusak, bs dikembalikan ke shop vendor loka (jika ada) atau paling simple adalah dilakukan touch up atau dicat seluruh body valve dg spek cat sama dg sistem piping/pipeline dg persetujuan owner.

Silakan ditambahkan.