Kita mengenal ada tipe sambungan dan mekanisme kerja sambungan, tipe sambungan baut kita kenal dengan sambungan tarik dan sambungan geser pada mekanisme kerja sambungan ada yang didesain dengan mekanisme slip kritis dan mekanisme tumpu. Untuk tipe sambungan tarik (end plate) mekanisme slip kritis tidak terjadi, sedangkan untuk tipe sambungan geser (tipe sambungan paling umum digunakan) bisa didesain dengan mekanisme slip kritis atau dengan mekanisme tumpu. Untuk mekanisme tumpu hal ini bergantung dari kekuatan material dari baut dan pelat itu sendiri, sedangkan unutk mekanisme slip kritis hal ini bergantung dari koefisien friksi antar pelat yang disambung….dimana bila kita coating pelat maka akan mempengaruhi koefisien friksi.

Tanya – dammen joe

Salam Milis Migas indonesia.

Saya mohon pencerahan teman-teman milis.
Apakah permukaan plat penyambung dengan baut pada struktur boleh di coathing?
Apakah ada pengaruh kekuatan pada saat pengencangan baut sambungan?
Mohon juga referensinya.
Terima kasih atas pencerahannya.

Tanggapan 1 – Sea6diveR

Pak Joe,

Urun rembug…

Sepengetahuan saya, ini tergantung dari base metalnya dan bautnya apa? type coating yang dipakai apa? apa sambungan tersebut akan menerima beban atau torque yang besar atau tidak?

Kalau steel construction biasa, beberapa spek lumrah menggunakan 1 layer coating zinc ethil silicate, dibawah permukaan bolting untuk menghindari crevices corrosion… (korosi celah sempit). Coating jenis ini cukup kuat dari friction (tidak licin) dan bersifat sacrificial (anodic to the base metal). Kalau pakai coating biasa epoxy or one pack air drying coating… not recommended.. karena bakal rusak kena gesekan/ licin.

Teori lain untuk meminimalkan crevice corrosion adalah dengan cara menggunakan material bolting yang slightly lebih katodik daripada base metalnya… misal base metal CS, boltingnya bronze… tapi ini sangat debatable, tergantung kebutuhan engineering dan desain umur peralatan tsb…

Just another 2 cents

Tanggapan 2 – Agus Hernandar

Pak Joe,

menurut pendapat saya, ini tergantung tipe sambungan baut yang dipakai.
Kalau sambungan pakai friction type, permukaan tidak boleh di-coating karena coating dapat menyebabkan permukaan menjadi lebih licin.

Kalau sambungan pakai bearing type, tidak masalah kalau di-coating karena kapasitas sambungan ditentukan oleh kekuatan plat sendiri.
Silahkan kalau ada yang mau menambahkan / mengoreksi.

Tanggapan 3 – Pandu Seta Aji

Coating dalam pengertian adalah surface painting.
Dalam salah satu proses fabrikasi, sebelum erection semua material plate.

Tanggapan 4 – yasin wijaya

sedikit menambahkan pak,

kita mengenal ada tipe sambungan dan mekanisme kerja sambungan, tipe sambungan baut kita kenal dengan sambungan tarik dan sambungan geser
pada mekanisme kerja sambungan ada yang didesain dengan mekanisme slip kritis dan mekanisme tumpu..mungkin mekanisme kerja sambungan ini yang dimaksud oleh pak joe….

untuk tipe sambungan tarik (end plate) …. mekanisme slip kritis tidak terjadi, sedangkan untuk tipe sambungan geser (tipe sambungan paling umum digunakan) bisa didesain dengan mekanisme slip kritis atau dengan mekanisme tumpu

untuk mekanisme tumpu hal ini bergantung dari kekuatan material dari baut dan pelat itu sendiri, sedangkan unutk mekanisme slip kritis hal ini bergantung dari koefisien friksi antar pelat yang disambung….dimana bila kita coating pelat maka akan mempengaruhi koefisien friksi

mekanisme slip kritis ini banyak dipake untuk desain fatigue dan beban vibrasi/dinamis. untuk mengetahui cara kerja masing – masing mekanisme sudah banyak di buku 2 baja yang ada

mungkin ada yang mau menambahkan

Tanggapan 5 – dammen joe

Terima kasih atas pencerahannya Pak Guz & Pak Yasin. W.

Karena ada pengaruh koefisien gesek apabila sambungan di coating untuk tipe slip kritis.
Permasalahannya, di sekitar sambungan akan mengalami korosi. sebelum di lakukan erection.
Bagaimana mengatasi hal tersebut?
Setelah baut di kencangkan, apakah di sekitar sambungan tersebut bisa di coating?
Terima kasih atas bantuannya.

Tanggapan 6 – Bagus Mulandono

Pak Joe,

Pengalaman saya untuk memproteksi area yang tidak tercoating pada sambungan baut dengan menggunakan lithium grease. Saya aplikasikan pada sambungan crane pedestal dengan kolomnya. Just my 2 cents. Mungkin ada yang mau menambahkan..?

Tanggapan 7 – Agus Hernandar

Pak Joe,

Prosedur fabrikasi yang biasa kami lakukan, setelah profile di-sandblast, bagian sekitar lubang ditutup dulu baru kemudian dilakukan painting supaya area lubang tidak terkena cat.
Tutup tersebut dibiarkan terpasang sampai profile hendak dipasang. Ketika profile hendak dipasang baru tutup lubang itu dibuka. Dengan demikian diharapkan dapat meminimalkan korosi yang dapat terjadi di sekitar lubang baut.
Setelah profile dipasang dan baut dikencangkan, baru dilakukan touch up painting di sekitar area baut tsb.

Demikian, semoga membantu.