Software FEM open source yang terintegrasi antara pre-processor,meshing, dan post processornya belum ada. Tapi ada beberapa source code yang sudah jadi yang spesifik baik dlm bahasa fortran, C, atopun C++ yang bertebaran di dunia maya. Kalau untuk keperluan perhitungan disarankan buat saja dalam bahasa program dalam bentuk console dengann bahasa program seperti di atas dan jangan dalam platform seperti matlab karena akan lama dalam waktu iterasinya. Kalau bicara keakuratan, bisa digunakan rumus perhitungan errorr dari governing equation ygyang digunakan dan tinggal memainkan jumlah node dalam modul programnya untuk mencapai % error yg reasonable. Ada banyak buku finite element yang menyertakan potongan program dalam bahasa fortran atau C/C++ sbg referensi.

Tanya – ‘Nur Kumeidi’

Dear All,

Adakah software finite element yang open source yang mudah di pahami? Sya berencana membuat analisa ttg pelat yang di berikan beban.

Tanggapan 1 – Andres Budiono

Untuk FEM software, sekarang-sekarang ini sudah banyak dipaketin sama CAD software seperti solid work, catia, on space designer, etc..tapi hasilnya memang kurang akurat. Kalo pingin lebih akurat, lebih baik pake software khusus FEM seperti Ansys, di kantor yg dulu saya pake ansys untuk stress analysis hasilnya lumayan akurat ketika diverifikasi dgn hasil testing dan mudah cara pakainya. dan saya sering lihat versi bajakannya di toko-toko cd.

Tanggapan 2 – sugeng

Kalau software FEM open source yang ‘mudah dipahami’ ya tidak ada. Di open source FEM, solver dan pre-/post-processornya terpisah. Ini yang bikin rumit.

beban dan kondisi batasnya bisa diperinci?

Kalau masih sederhana, saya ada kode solver FEM dalam Fortran untuk pelat MITC-4 buatan saya sendiri, tapi maaf belum ditest. Jika Anda tertarik akan saya kirimkan via e-mail.

Untuk pre-/post-processing bisa pakai Gmsh (www.geuz.org) dan tentu saja membutuhkan interface.

Tanggapan 3 – kahlil firdausi

Wakut saya kuliah… saya sempat pakai software comsol.

Itu ada CADnya juga.

Tanggapan 4 – sugeng

Pemahaman saya, open-source berarti kita bisa melihat dan memodifikasi ‘kode program’. Saya tidak tahu persis apakah Comsol juga merelease kode program mereka. Mohon informasi link-nya jika mereka betul2 merelease kode program.

Kalau yang dimaksud adalah ‘free-software’ untuk FEM, coba cari yang student atau trial-version saja.

Tanggapan 5 – kahlil firdausi

Kalo comsol sepertinya bukan open source (kalo gak salah, soalnya waktu itu cuma nyoba dan pelajarin sedikit), dulu hanya untuk belajar dan memahami penggunaan femnya saja, karna untuk yang free dan open source agak susah dipelajarin (saya gak ngerti code2nya).

Maaf kalau tdk membantu banyak…

Tanggapan 6 – Eka Retno Mustikarini

Dear All,

Kalau yang pernah saya pelajari di LUK_Serpong, katanya sech NASTRAN(Nasa Struktur Analysis Program) temennya PATRAN,DYTRAN di pakai buat check struktur pesawatnya NASA tapi sekarang umun di gunakan di Boeing and Airbus itu pun gandeng sama CATIA, tapi untuk kasus sederhana semuanya Ok aja bos, terutama untuk kasus part yang tidak safety.

Tanggapan 7 – farabirazy albiruni

Software FEM open source yg terintegrasi antara pre-processor,meshing, dan post processornya memang belum ada. Tapi ada beberapa source code yg sudah jadi yg spesifik baik dlm bahasa fortran, C, atopun C++ yg bertebaran di dunia maya. Kl untuk keperluan perhitungan sy sarankan sih buat saja dlm bahasa program dlm bentuk console dgn bahasa program seperti di atas dan jgn dlm platform seperti matlab karena akan lama dlm waktu iterasinya. Kalo bicara keakuratan, bisa digunain rumus perhitungan errorr dari governing equation yg digunain dan tinggal memainkan jumlah node dalam modul programnya untuk mencapai % error yg reasonable. Ada banyak buku finite element yg menyertakan potongan program dalam bahasa fortran ato C/C++ sbg referensi. Saya blm tau kasusnya apakah anda membutuhkan semua nilai dalam domain atau cukup beberapa nilai saja. Kalo hanya beberapa nilai saja sebaiknya gunakan boundary element karena pasti lebih cepat dalam perhitungannya dibandingkan finite element.

Tanggapan 8 – sugeng

Nastran —> ‘Kode program’ perhitungan FEM dalam Bahasa Fortran

Patran —-> ‘Perangkat lunak’ hanya untukn Pre-/Post-processing

Dytran —> ???

Kode sumber (source code) Nastran, versi awal (1970-an), diketahui masih ada dan beredar di internet secara gratis, tapi saya belum temukan. Mohon sharing info kalau ada yang tahu.

Menurut saya tidak ada kasus sederhana dalam pemodelan FEM. Meskipun hasil sudah diperoleh dan ‘make sense’, tetap harus ada pengetahuan dasar bagaimana teori dibelakangnya bekerja. FEM is not easy, but it is a powerful tool somehow.

Tanggapan 9 – Eka Retno Mustikarini

Dear All,

Untuk pembebanan statis dan dinamic, FEM yang saya gunakan PRO Mechanica(maaf bukannya Iklan) untuk solid model dibuat di Pro Eng(maaf lagi bukan iklan) hasil akhir yang di dapat yaitu Von Misses stress, Deflection , Strain dalam bentuk visual dan data analog, untuk datanya cukup akurat tetapi kalau mau yang lebih complex coba di NASTRAN(maaf sekali lagi bukan iklan).

Tanggapan 10 – BagoesS

Sekedar menambahkan dan ini bukan iklan perngalaman pribadi saya untuk software Autodesk inventor pun bisa diandalkan untuk menganalisa seperti yang dibawah. Masih di bawah bendera yang sama Autodes Algor Simulation boleh di bilang Jagonya (kata master saya)