Ada software yang khusus untuk analisa tower. Meskipun demikian dapat dilakukan via software komersial seperti STAAD, TEXLA, SAP2000 dan juga kalau mempunyai ANSYS, PATRAN juga bisa. Everything is ok.

Tanya – Sabandi Ismadi

Rekan-rekan milis……

Saya membutuhkan jasa untuk menghitung kekuatan struktur seperti tower telkom lah bentuknya yang saya perlukan adalah

1. Software untuk menghitung Kekuatan konstruksi tower berdasarkan dengan kondisi (tebal, struktur dan inspeksi terakhir ) software apa yang bisa..?

2. SWL = Safety working Load dari struktur bagaimana ??? biasanya mereka membebani 18 ton apa masih kuat bila dihitung dgn software…?

3. Apa bisa dihitung seperti Finite element software daerah mana yg lemah sehingga bisa ditambahkan penguatan….

4. Gambar 4 Dimensinya…

Jika ada yang bisa lakukan silahkan kontak saya by Japri sekalian kita nego jasanya…..

Tanggapan 1 – hananto.adi

Pak, pakai software staadpro atau sap bisa.

Tanggapan 2 – Sayyid Hasan Al Hamid

benar pak menggunakan staad pro bisa menangani masalah bapak. klo boleh tau, apakah designnya sudah ada? atau design dari awal pak?

Tanggapan 3 – prio sriyono

Menambahkan saja. Ada software yg di khusus utk analisa tower. Meskipun demikian dapat dilakukan via software komersial seperti STAAD, TEXLA, SAP2000 sbgmana di informasikan mas hananto dan juga kalo punya ANSYS, PATRAN juga bisa. Everything is ok.

SWL umumnya identik dengan desain crane (bukan tower). Untuk beban tower umumnya yg diperhitungkan dead weight load (berat baja) meskipun banyak yg mengabaikan, wind load (beban angin) dan beban peralatan (service load). Kriteria bisa pakai LRFD atau WSD tergantung aturan main di Indonesia.

Kondisi yang dianalisa umumnya deflection, tilting dan twisting akibat bending moment, shear dan torque. Karena bentuknya identik dengan column deflectin, tilting dan twisting max terjadi di ujung atas. Yang juga harus diperhatikan adalah mengenai sambungan bautnya. Bisa dianalisa langsung dengan mekanika teknik.

Mungkin sedikit bisa membantu.

Tanggapan 4 – Teguh Santoso

Ikut menambahkan, jangan lupa dilakukan juga buckling analysis mengingat bebannya lumayan berat (18 ton). untuk detail penguatannya sebaiknya dimodelkan sebagai elemen plate, tetapi solid modeling akan lebih bagus..

Tanggapan 5 รขโ‚ฌโ€œ ridholloh

Mencoba menjawab pertanyaan bapak Sabandi,

1. Untuk program structural analysis, memang bisa dipakai SAP atau STAAD. Tapi untuk tower dengan member yang asumsinya adalah truss murni, ada software khusus yang dipakai di kalangan tower structure engineer. Namanya MS TOWER.

2. SWL?saya kurang paham dengan yang ini. Apabila bapak ingin merencanakan tower baru, bisa saja kita design sesuai dengan kebutuhan bapak. Bisa saja tower yang mampu beroperasi dengan beban 18 ton, bahkan lebih. Tapi kalo towernya sudah ada dan perlu strength re-analysis, bisa saja kita analisa ulang dan apabila fail, bisa diberi perkuatan.

3. Sangat bisa sekali. Namun biasanya untuk tower, jarang sekali sampai dilakukan local analysis, karena code yang ada sudah sangat cukup untuk memenuhi kriteria design.

4. Bisa pak.

Demikian, semoga membantu.

Tanggapan 6 – cak.topan

SWL yang dimaksud ini kayaknya kapasitas maksimum dari struktur tersebut.

biasanya tower2 ini di-rekalkulasi lagi karena ada penambahan antena. jadi misalnya dulu direncanakan cuma 2 antena di puncak, terus ditambah lagi dengan antena baru. kan ga perlu bikin tower lagi.

jangan lupa, pak sabandi.

saya punya pengalaman cek struktur kayak gini. di itungan masih OK semuanya.
begitu liat kenyataan…. OH MY GOD… ternyata ada member yang hilang. DICURI !
harus re-kalkulasi lagi dan untungnya masih baik2 saja. ๐Ÿ˜€
temen saya nyeletuk, ‘pencurinya hebat karena ngerti analisis, sampe tau yang dicuri adalah batang 0’.

jadi, jangan begitu percaya gambar, pak. harus liat kondisi sebenarnya…

untuk software, kayaknya software structure analysis yang disebutkan bapak2 sebelumnya, masih bisa.

Tanggapan 7 – Bagus Mulandono

Dear Pak Sabandi,

Saya punya kenalan yang cukup expert untuk perhitungan struktur tower, bisa dilihat di websitenya www.rekons.com

Tanggapan 8 – prio sriyono

Betul sekali mas Bagus. Memang mutlak wajib di check ke kenyataan lapangan. Bukan hanya frame nya yg kadang hilang, tetapi kondisi kelengkapan baut2 harus diperiksa berikut pengunciannya, khususnya kelengkapan baut di daerah momen & gaya yg dominan. Kadang banyak ‘jin-jin’ bergentanyangan yg mengincar baja dan baut2 tsb. Juga di check pada lokasi sambungan antar frame nya kondisi korosinya. Memang lebih baik selain jasa re-engineering juga sekalian dikerjakan jasa re-inspection.