Sebelum melakukan de-rating lakukan simulasi terlebih dahulu untuk mencari performance envelope dari compressor package yang anda punya. Sehingga kita bisa mengetahui pada ratio berapa dan thru put berapa compressor akan mengalami surge ataupun choking. Sehingga kita nantinya bisa menentukan apakah compressor kita mumpuni untuk beroperasi dengan parameter baru tanpa harus melakukan hardware modification, atau pun kita harus melakukan re-staging compressor.

Tanya – efran trg

Yth Rekan2 milis migas,

Mohon bantuannya, perusahaan kami punya Gas compressor Centrifugal Solar C160. Dimana saat ini dioperasikan untuk mengkompresi gas sebesar 35 MMSCFD dari 520 psig menjadi 700 psig. Tapi untuk kebutuhan operasi, kami ingin mengubah kompressor tersebut untuk mengkompresi hanya 15 MMSCFD saja dari tekanan 300 menjadi 400 psig. Apakah ada rekan-rekan milis ini ada yang punya pengalaman apa yang harus dilakukan. Terimakasih sebelumnya atas sharingnya.

Tanggapan 1 – roeddy setiawan

Dear Efran,

paling gampang and membuat flow control di compressor tersebut dengan mengembalikan output dr compressor back to the suction site.

selanjutnya untuk fine tune anda tinggal memanipulasikan speed dari turbin anda….

jadi yang anda perlukan andalah control valve dan flow meter saja (orifice) barangkali ini opruion yang paling murah untuk bapak kerjakan….

option yang lain undang PT indoturbine untukn restaging compressor anda … option ini tidak murah hamp[ir seharga beli kompressor baru.

Tanggapan 2 – Sketska Naratama

Dear pak Efran

Coba tanya kesini sebagai alternatif:

http://www.score-group.com/gas-turbine-consultancy.php

Sekadar bertanya dan diskusi, saya yakin mereka open. Lagipula sepengetahuan saya mereka baru buka workshop disini, jika memang nanti keputusan nya di modif. IMHO

Tanggapan 3 – Lucky Hadari

Pak Efran,

Sedikit sharing pengalaman saya dulu ketika masih ngurusin compressor.

Sebelum kita melakukan de-rating biasanya kami melakukan simulasi terlebih dahulu untuk mencari performance envelope dari compressor package yang bapak punya. Sehingga kita bisa mengetahui pada ratio berapa dan thru put berapa compressor akan mengalami surge ataupun choking.

Sehinnga kita nantinya bisa menentukan apakah compressor kita mumpuni untuk beroperasi dengan parameter baru tanpa harus melakukan hardware modification, atau pun kita harus melakukan re-staging compressor.

Tanggapan 4 – efran_trg

Terimakasih Pak Lucky atas informasinya, Satu lagi pak, kalau misalnya setelah dihitung ternyata gak bisa, kalau di restaging kemungkinan besar bisa ya pak?restaging itu artinya impelernya dikurangi atau gimana ya pak?

Tanggapan 5 – Aditytianto

wahh….. bingo pak efran!

saya juga sedang mengerjakan hal yang sama.

saya mau de-rating kapasitas 1025 Nm3/h G menjadi 800 Nm3/h G. kompresi dari tekanan 1,5 bar menjadi 5-6 bar. (bedanya kalau pada kasus saya, saya tidak ingin menurunkan kompresi, ini hanya booster kompressor yang discharge-nya akan masuk ke main-kompressor)

1. Dari masukan Pak Rudi memang itu cara yang paling mudah (dan murah). hanya pada kasus saya tolerable untuk Temperature discharge (40 C), terlalu mepet dengan T suction Main kompressor saya yang 45 C.
Jadi riskan pada kasus saya kalau sistem by-pass seperti ini dilakukan, karena saya yakin lama kelamaan pasti T dischargenya menjadi semakin tinggi.

(kalau pada kasus pak efran parameter ini tidak masalah, maka go ahead pak, saya masih harus berkutat mikir pasang extra cooler).

2. Ide lain adalah dengan menurunkan RPM operasi. (mohon masukannya). jadi karena kompresor saya masih pakai pulley antara motor dan kompresor, saya tinggal ganti perbandingan puley rasio lebih besar. (atau bisa juga pakai inverter – tapi cara ini mahal).

3. untuk pak luki hadari, bisa saya mohon dijelaskan yang dimaksud dengan simulasi-nya pak?? biar saya kebayang gimana melakukannya? Saya sih gampangnya niatnya mau kontak vendornya untuk yang ngasih rekomendasi bagaimana jika saya punya ide tersebut di atas. (?)

Tanggapan 6 – anandahadari

Pak Efran,

Memang tujuan dari re-staging compressor itu adalah melakuka re-konfigurasi dari impeller compressor sehingga comp package yg bapak miliki bisa mengakomodir perubahan parameter dr operasi Bapak, misalnya, pada komp C16 yg bapak punya konfigurasi awalnya adalah C1604 (mis, A-B-B-E) dirubah menjadi sama2 4-stage tp dgn konfigurasi yang berbeda (mis, A-B-E-E) atau mgkn d rubah sama skali compressor nya menjadi C1603 (3 staging), namun, seperti pd email yang Pak Rudy kirim sebelumnya, biaya nya akan cukup mahal.

Pak Adit,

Sedikit background mengenai simulasi nya, simulasi yang saya lakukan adalah dgn menggunakan Solar Turbine Comp Software (bisasanya setiap customer PT. Indoturbine diberikan copy software dr masing tipe turbine comp yg dimiliki), saya melakukan simulasi pada beberapa parameter operasi (P1, P2, SG, HP, etc) dari yang paling ringan sampai kondisi operasi yang paling berat setelah itu data2 simulasi tsb saya tabulasikan, sehingga Bapak bisa mengetahui pada kondisi ops seperti apa yg paling ideal bagi comp Bapak.