Tidak ada aturan yang melarang bila terlambat memasukkan bid untuk memasukkan bid lagi kalau retender atau otomatis dianggap diskualifikasi. Kalau anda mencari aturan PTK007-Rev.1, tentu saja tidak akan ditemukan klausul yang memberikan penjelasan detail soal itu karena dianggap sebagai common practice yang sudah dipahami umum. Kalau anda bingung soal ini tanyalah langsung ke panitia tender untuk implementasi.

Tanya – Johnson Suripatty

Dengan Hormat,

Mohon pencerahan dari rekan milis yang mungkin bisa berbagi ilmu-nya.

Jika peserta lelang terlambat memasukkan dokumen tender proposal pada hari dan jam yang telah ditentukan dan menyebabkan pengulangan tender (re-tender) oleh karena tidak memenuhi minimum tiga peserta, apakah peserta yang terlambat tersebut masih memiliki kesempatan untuk mengikuti proses berikutnya (re-tender)? Bukankah secara logika, keterlambatan tersebut bisa dimasukkan ke dalam posisi diskualifikasi? Apakah ada pasal yang membahas khusus hal ini di PTK-007 Rev.1?

Atas perhatian dan bantuan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – Iwan Husdiantama

Kejadian ini pernah kami alami ketika memasukkan proposal tender di Pertamina EP Hulu. Kami sudah menang harga penawaran (penawaran sudah dibuka) tetapi kemudian dibatalkan.

Tanggapan 2 – eko prasatiyo

Sepertinya sederhana pak.

Keterlambatan sama saja dgn g ikut tender, jadi bukan diskualifikasi.
Kalau diskualifikasi lebih mengacu kepada kelengkapan dokumen dan kesesuaian dokumennya.
Mungkin ada tambahan dari rekan2 yg lain?

Tanggapan 3 – A.Budiono ‘AB.Ym

Bisa, Pak. Jangan kan itu, peserta suatu tender tidak lulus teknikal, lalu kemudian ada re-tender, peserta itu bisa ikut lagi proses tender ulang tersebut. Bahkan peserta yang sebelumnya tidak ikut mendaftar tender, bisa juga ikut. Tentunya kalau tender ulang tersebut bersifat terbuka atau kalau tendernya bersifat direct selection, peserta tersebut diundang.

Begitu pengertian saya selama ini atas PTK-007 untuk hal ini.

Tanggapan 4 – Muhammad Ruslailang

Ya, apa yang dikatakan teman2 soal keterlambatan itu benar adanya. Tidak ada aturan yg melarang yg terlambat memasukkan bid utk memasukkan bid lagi kalau retender atau otomatis dianggap diskualifikasi.

Kalau anda mencari aturan PTK007-Rev.1, tentu saja tidak akan ditemukan klausul yg memberikan penjelasan detail soal itu krn dianggap sbg common practice yg sdh dipahami umum. Kalau anda bingung soal ini tanyalah langsung ke panitia tender utk implementasi.

Alaa kulli hal, yang paling penting anda cam-kan adalah: MASUKKAN BID SEBELUM CLOSING TIME! ๐Ÿ™‚

Jangan memasukkan bid di injury time, luangkan waktu barang 2 jam sebelum submission.

Masa’ hanya soal memasukkan bid aja anda bisa telat, gmana kalau melaksanakan pekerjaan nantinya yg resikonya jauh lebih besar..keteledoran remeh semacam itu sesungguhnya amat mengerikan buat kami – operator KKKS yang setiap saat berurusan dengan resiko tinggi.

Tanggapan 5 รขโ‚ฌโ€œ Agussihotang

Diskualifikasi yg dimaksud mungkin adalah pada pengadaan yg gagal tersebut pak.

Kalau misalnya di re-tender lagi bapak masih bisa ikut, kan kalau tender ulang mulainya dari 0 lagi..

CMIIW,

Lain halnya, kalau user melakukan pengadaan yg sama dgn metode baru Direct Selection dengan justifikasi urgent ataupun pemain yg ada dianggap sedikit (pd waktu opening < 3).. Bapak mungkin tidak diundang..

Sekali lagi CMIIW